ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Biografi Wishnutama Kusubandio

3 min read

Biografi Wishnutama Kusubandiono

Kalian kenal gak sih dengan Wishnutama Kusubandio ? cari tau tentang dia lebih dalam yuk, Dia memang tidak begitu dikenal oleh masyarakat awam karena ia bukan seorang artis.

Namun ia seseorang yang sangat banyak dikenal dikalangan industri pertelevisi-an, maka dari itu simak artikel ini ya agar kalian tau siapa itu Pak Wishnutama.

Wishnutama Kusubandio lahir Jayapura, Papua pada tanngal 4 Mei 1976. Ia saat ini menjabat sebagai CEO dan Pendiri perusahaan NET Mediatama.

Wishnutama merupakan lulusan Ilmu komunikasi dan pertelevisian di Emerson College, Boston. Ia pun sudah menikah dengan seorang artis cantik yang menjadi presenter dan pemain stikon di perusahaan yang wishnutama pimpin, istri nya bernama Gista Putri.

Pernikahaan nya dengan Gista berlangsung pada hari minggu, 20 september 2015 di sebuah hotel di Jakarta. Namun sebelum ia menikah dengan Gista ia sudah menikah dua kali, istri pertamanya bernama Wina Widodo dan dikaruniai 2 orang anak yang bernama Sabian Dan Sakina.

Sedangkan Istri kedua bernama Wina Natalia yang sekarang menjadi istri seorang penyanyi bernama Manji (Anji Drive) dan dikaruniai 2 orang anak yaitu Salva dan Sultan yang keduanya ikut dengan Wina Natalia.

Biografi Wishnutama Kusubandiono

Pendidikan Sekolah Wishnutama Kusubandio

Tidak banyak yang mengetahui mengenai pendidikan dasar yang diperoleh dari Wishnutama. Diketahui ia pernah mengenyam pendidikan di SMP Tarakanita 5 Jakarja.

Kemudian, ia pindah ke luar negeri dan melanjutkan SMA nya diluar negeri tepatnya di Kooralbyn International School, Queensland Australia dan kemudian pindah di International School of Singapore.

Tamat dari sana Wishnutama melanjutkan pendidikkan tingginya di Amerika Serikat. Ia pu juga sempat kuliah di The Military College of Vermont, Norwich University, AS.

Ia juga mengenyam pendidikan di Mount Ida College  kota Boston, AS. Setelah itu di Emerson College di jurusan ilmu Komunikasi dan pertelevisian.

Wishnutama menyelesaikasn kuliah Liberal Arts di Mount Ida Collage Boston, Amerika Serikat, dan lebih banyak mendapat ilmu tentang pertelevisian pada saat ia kuliah di Emerson College, Boston.

Wisnhutama memulai karirnya menjadi Production Assistant di New England Cable News Amerika Serikat, dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Dan Ia juga pernah menganyam pendidikan di The Military College of  Vermont, Norwich University.

Sejarah dan Karir Wishnutama dalam Industri Pertelevisian Indonesia

Pada tahun 1994, Wishnutama kembali ke Indonesia, dan memulai karir di Indosiar dengan menjabat sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun kemudian, Ia pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant.

Program-program yang diluncurkan oleh Wishnutama selama ia bekerja di Indosiar antara lain Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam bersama, dan Saksi.

Wishnutama berkarir selama 7 tahun bersama Indosiar, sebelum kemudian memutuskan pindah ke Trans Corp pada tahun 2001.

Posisi yang dijabat untuk pertama  kali di  Trans Corp adalah kepala Divisi Produksi. Dua tahun bersama Trans Corp, karirnya semakin berkembang, jabatannya naik menjadi Direktur Operasional dan setahun kemudian ia menjadi Wakil Direktur Utama.

Dan tepatnya pada tahun 2006, Ia resmi menjadi Direktur Utama TV7 (sekarang Trans 7). Berselang dua tahun kemudian, ia dipilih menjadi Direktur Utama TransTV.

Beberapa program yang telah berhasil dibawah kepemimpinannya diantaranya Extravaganza, OVJ, Temehek-mehek, Dunia Lain, Empat Mata, Indonesia Mencari bakat.

Memulai Membangun NET.tv

Dan selama 11 tahun berkarir dan mengabdikan diri di Trans corp, akhirnya Wishnutama memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan yang telah dibangunnya.

Setelah resmi mengundurkan diri, ia bersama patnernya yang brnama Agus Lesmono membangun sebuah stasiun televisi yang bernama NET (News and Entertainment Television).

Hingga pada akhirnya didirikan NET TV pada tanggal 18 Mei 2013 dan resmi diluncurkannya pada tanggal 23 Mei 2013. NET menggantikan siaran terestrial Spacetoon yang sebagian sahamnya telah diambil alih oleh Indika Group. Net.tv menjadi siaran televisi yang sukses meskipun siaranya masih terbilang baru, kisah yang sama seperti perusahaan Lion Air sebagai epndatang baru.

Menjadi Koreogapher Asian Games 2018

Bukan hanya sampai situ saja, ia juga mampu menyukseskan pembukaan Asian Games 2018 yang tidak lepas dari ide-ide  kreatif, dan tangan dingin Wishnutama Kusubandio.

Upacara pembukaan yang menampilkan ribuan penari hingga atraksi unik Presiden RI Joko Widodi (Jokowi) menuai decak kagum dari berbagai kalangan.

Banjir pujian tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga di berbagai negara lain. Untuk menciptakan pembukaan ASIAN GAMES 2018  tersebut, Bos NET TV itu mengaku melakukan persiapan hingga 1,5 tahun.

Setelah pembukaan Asian Games, ia beserta tim nya juga bekerja keras untuk membongkar kembali panggung selama 60 menit untuk dijadikan atletik. Dan kesuksesannya bukan baru-baru ini terjadi.

Penghargaan yang diperoleh Wishnutama selama berkarir

Sederet penghargaan sudah berhasil ia dapat sepanjang karirnya.

Tahun Penghargaan yang dicapai
2010 The Best CEO Indonesia pilihan majalah SWA
2015 Indoesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay & Media sector pilihan MarkPlus
  Indonesia Youngster Inc. Versi Majalah SWA
  Marketeer of the Year 2015 Indonesia Marketing Champion category: Broadcast, TV, and Media
  The 500 Most Influential CEOs in The World berdasar laporan Richtopia.com
2016 The Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries oleh Tempo Media Group. The Winner of 2016
  Strategy-Into-Performance Execution Excellence (SPEX2) Awards
2017 Best Digital Talent – Digital Business Leader Bubu Awards 2017 Indosat Ooredoo IDByte
  Indonesia’s Influential Person in Creative Industry Awards (Television and Radio) oleh IdeaFest 2017
  The Most Admired CEO in Television Sector versi laporan Warta Ekonomi

Kehadiran CEO sekaligus menjadi pendiri NET.TV, Wishnutama Kusubandio beberapa kali telah berhasil mencuri perhatian publik.

Pasalnya, sejak mengundurkan diri dari Trans TV dan mendirikan NET, nama Wishnutama semakin dikenal di dunia hiburan. Berbagai acara mendidik dan bergengsi ia kemas sedemikian menarik sehingga membuat masyarakat susah berpaling dari stasiun NET.

Terlebih saat stasiun televisi tersebut merayakan ulang tahunnya. Terlepas dari itu, Wishnutama sendiri telah berkeluarga dan memiliki empat buah hati yang tampan dan cantik.

Muhammad Sabian Wishnutama

Meski sukses dalam pekerjaannya, Wishnutama tetap tidak melupakan kewajibannya sebagai seorang suami dan ayah. Sebagai ayah yang emngingikan pendidikan yang layak bagi anaknya, Wishnutama pun menyekolahkan anak sulungnya hingga ke Jepang.

Demi menuntut ilmu, ia pun merelakan jauh dari orang tuanya. Ia berharap nantinya Sabian bisa menjadi sosok yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Meski memiliki kekayaan yang berlimpah, namun rupanya Wishnutama tidak membiarkan anak-anaknya hudup dalam kesenangan semata.

Ia tidak ingin, kelak anak-anaknya hanya mengandalkan status orang tuanya. Wishnutama pun memberikan kebebasan kepada Sabian dan menentukan hidunya.

Hal itu dimanfaatkan baik oleh Sabian. Seperti yang diharapkan oleh Wisnutama, Sabian pun menjadi sosok yang mandiri dan tidak manja. Sebagai seorang anak dari CEO, tentu saja sabian bisa dengan mudah meminta uang kepada orang tuanya.

Namun, hal itu tidak dilakukanya. Diketahui melalui unggahan video pada akun instagram pribadi Wishnutama sabian justru bekerja menjadi koki di sebuah restoran Jepang, demi mencari tambahan uang saku.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Cara Daftar KlikBCA

ronisafaat
3 min read

Teknik Pengumpulan Data

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *