ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Contoh Usaha Yang Menjanjikan

3 min read

Contoh Usaha Yang Menjanjikan

Usaha yang menjanjikan adalah usaha yang benar-benar terbukti menghasilkan laba atau keuntungan untuk Anda. Walaupun pada dasarnya semua usaha dibangun memiliki tujuan yang sama yaitu menguntungkan. Namun beberapa usaha bisa menambah nilai mereka selain menguntungkan juga menjanjikan.

Usaha yang menjanjikan memiliki banyak keuntungan untuk kalian yang baru memulai usaha. Karena usaha atau pekerjaan ini dapat bertahan lebih lama dan lebih mendatangkan profit yang lebih banyak daripada usaha yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui, membuka usaha baru bukanlah hal yang mudah unutk dilakukan. Apalagi jika kalian belum pernah membuka usaha sendiri, atau belum pernah terjun keranah entreprenuer secara pribadi.

Untuk itu kita akan membagikan pembahasan mengenai usaha yang menjanjikan, untuk membantu kalian lebih memahami konsep membuka usaha mandiri dan memberikan kalian informasi mengenai jenis usaha dan contoh usaha yang menjanjikan.

Contoh Usaha Yang Menjanjikan

Berikut contoh usaha yang menjanjikan yang bisa kalian coba :

1. Bisnis Toko Online

Di era industri 4.0 semua bidang sebisa mungkin diautomatisasi oleh mesin dan teknologi. Dengan penyebaran dan jangkaua internet yang sangat luas, meninggalka jauh dari model konvensional membuat bisnis dan usaha online menjadi sangat menjanjikan.

Toko online adalah model usaha yang baru berkembang beberapa tahun terakhir. Usaha toko online bisa menjadi sangat menjanjikan karena pangsa pasar yang luar dan jenis produk yang beragam.

Produk yang bisa kalian tawarkan dalam toko online bisa berupa barang maupun jasa. Atau mungkin saja jika kalian telah mempunyai usaha dan mempunyai produk atau jasa yang belum ditawarkan secara online, kalian bisa mencobanya unutk menjual secara online.

Meneruskan usaha konvensional kalian menjadi online akan sedikit lebih emnjanjikan dan mudah unutk dilakukan. Karena secara tidak langsung kalian telah memahami produk yang kalian tawarkan untuk selanjutnya mencari konsep penawaran yang paling tepat untuk kalian terapkan dalam toko online.

2. Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Kebutuhan akan makanan adalah kebutuhan pokok setiap manusia yang ada dibumi ini. Untuk itu usaha uliner merupakan usaha yang sangat menjanjikan untuk kalian bangun mulai saat ini.

Usaha kuliner bahkan terbukti telah banyak pendirinya yang sukses bahkan telah diwariskan dalam beberapa generasi keluarga mereka. Selain karena makanan adalah kebutuhan utama, kuliner juga merupakan trend setter yang cukup unik untuk kalian pelajari mengenai makanan. Usaha kuliner yang menjamur adalah restoran cepat saji, warung kopi, cafe, dan usaha kuliner yang lain.

Setelah kalian meriset menu dan variasi produk kuliner yang akan kalian jual, ada baiknya kalian untuk mempelajari konsumen kalian. Tentu ini mengarah kembali pada sistem online yang sedang berkembang pesat ini.

Kalian bisa menggunakan moda online untuk menambah nilai dalam produk kuliner kalian sehingga konsumen lebih mendapatkan informasi dan nilai manfaat yang lebih jika mereka membeli produk kuliner kalian.

3. Membuat Merek Pakaian

Usaha pakaian belakangan menjadi produk yang memiliki minat tertinggi di Indonesia. Selain karena sandang adalah kebutuhan pokok, pakian juga mencerminkan identitas kepribadian bagi konsumen.

Membuat merek pakaian sendiri bisa menjadi usaha yang menjanjikan jika kalian bisa membuat identitas dan ikon yang menarik untuk merek pakaian kalian. Selain tujuan besar yang bisa kalian raih jika kalian hanya bisa menciptakan merek dagang pakian kalian sendiri, berbeda jika kalian hanya menjualkan produk orang lain dalam toko kalian. meskipun hal tersebut juga sangat menguntungkan.

Kalian bisa mengambil beberapa segmen yang ada dalam dunia pakian. Sepertei pakian hype, pakaian formal, kemeja, jas, celana, sepatu atau asesoris. Kalian bisa mengambil segmen anak muda milenial , pekerja kantor, wanita, atau segmen yang lainnya.

Teruslah melakukan inovasi jika kalian berniat untuk embuat merek pakian kalian sendiri. Karena inovasi seperti desain baru, koleksi warna baru, atau pola baru akan sangat menentukan minat konsumen terhadap produk merek pakaian kalian. Oh iyaa, jangan lupa internet, karena internet adalah sumber ide, sumber konsumen, dan bisa saja sumber penghasilan kalian.

4. Usaha yang Menjanjikan dengan Menyediakan Jasa Berulang

Bidang jasa menjadi sangat menjanjikan jika kalian memiliki kompetensi dan standar produk yang bagus dibidang jasa tersebut. Pekerjaan bidang jasa juga berkembang pesat belakangan menjadi solusi atas beberapa masalah sosisal kehidupan masyarakat Indonesia.

Apa itu menyediakan jasa berulang? Jasa berulang adalah sebuah layanan jasa yang kita sediakan untuk konsumen yang memiliki kebutuhan akan jasa tersebut secara berualng atau kontinuitas. Misalnya jasa loundry, jasa mencukur, jasa konsultasi, jasa pengajaran dan jasa-jasa yang lainnya.

Bagaimana bidang jasa bisa menjadi usaha yang menjanjikan? Bisa kita logika dengan mudah, jika mereka membutuhkan jasa kita hari ini maka beberapa waktu kemudian mereka akan kembali lagi kesini. Bukan berarti kita tidak perlu mencari konsumen baru ya, namun jika kalian telah memilki konsumen yang berulang kali akan datang dan tetu saja menggunakan jasa kalian.

Pokok dari penyediaan jasa berulang adalah dnegan menjaga kepercayaan konsumen. Pada pertama kali konsumen datang, tugas kita adalah memberikan pekerjaan yang maksimal dan penuh standar yang bagus. Jika konsumen yang baru pertama kali tersebut puas dnegan layanan kita maka mereka akan kembali lagi besok. Jika besok data maka tetap berikan layanan yang terbaik tanpa mengurangi satupun.

5. Usaha Bidang Kreatif

Usaha bidang kreatif memang bukan pasar yang sangat luas untuk digarap. Namun dalam bidang kreatif dan seni ini telah mempunyai pangsa pasar sendiri yang cukup menarik unutk kalian dapatkan.

Mereka berani membayar mahal hasil seni kalian jika mereka telah mempercayai dan puas terhadap produk atau pelayanan yang kalian berikan.

Usaha bidang kreatif bisa berupa penyedia jasa wedding organixer, photographer, pelaku musik, pelukis, penulis dan banyak usaha kreatif yang lainnya.

6. Usaha yang Menjanjikan Dalam Bidang Teknologi

NoContoh Startup Bidang Teknologi di Indonesia
1Gojek
2Tokopedia
3Bukalapak
4Traveloka

Teknologi saat ini telah menjadi pioner utaa dalam mengendalika kegiatan masyarakat di Indonesia maupun secara global. Beberapa usaha yang menjanjikan dalam bidang teknologi memang mengharuskan kalian emmpunyai kapasitas dalam bidang ini.

Namun jika kalian belumbisa bikin teknologi sendiri, seperti yang dilakukan Nadim Makarin dengan Gojeknya atau Ahmad Zaky dengan Bukalapak kalian tetap bisa menggunakan teknologi untuk menunjang kemajuan dan keberhasilan usaha kalian diberbagai bidang diatas.

Jadi jangan takut unutk mengguakan teknologi ya kawan. Karena teknologi akan sangat memudahkan kalian dalam berkegiatan sehari-hari. Namun tetap harus bisa mengerti mana teknologi yang baik untuk perkembangan usaha kalian. Bedakan hoaks dengan informasi yang benar dan faktual ya gengs.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *