ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Usaha Kecil Menengah

2 min read

Usaha Kecil Menengah

Usaha Kecil Menengah adalah julukan yang diberikan untuk jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan dibawah Rp. 200.000.000. Kekayaan tersebut dihitung hanya berdasarkan nilai usahanya saja, bukan termasuk tempat usaha, tanah, dan bangunan yang digunakan.

Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu tulang punggung kegiatan perekonomian di Indonesia. UKM menjadi penyumbang PDB sebanyak 60% dari semua kegiatan ekonomi di Indonesia. Usaha kecil menengah juga memberikan banyak lowongan pekerjaan dengan menyerap 97% persen tenaga kerja.

UKM belakangan juga mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari pemerintah Indonesia. Pembinaan bisnis usaha kecil juga semakin gencar dilaksanakan pemerintah, baik ditingkat desa maupun tingkat wilayah yang lebih luas.

Peluang Bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Banyak orang tertarik untuk membuka usaha sendiri dnegan mengawali langkah mereka dengan membuka UKM. Lalu usaha bidang apa saja yang bisa kita lakukan? Berikut contoh-contoh Usaha Kecil Menengah:

1. Usaha Kuliner

Usaha Kecil Menengah

Mendirikan usaha bidang kuliner memang sangat menarik untuk dilakukan. Terutama bagi mereka yang senang dengan bidang masak memasak dan kulineran.

Untuk dapat mendirikan usana kecil menengah di dunia kuliner, kita harus mempunyai beberapa persyaratan dan unsur utama dalam bidang ini, seperti:

  • Keahlian memasak (atau bisa saja menyewa koki, namun sepertinya tidak mungkin dengan kondisi saat ini)
  • Pengetahuan kuliner
  • Alat dapur lengkap (sesuai bidang masakan)
  • Pemasaran
  • Manajemen

Sebenarnya persyaratan diatas tidak terlalu mengikat dan harus kita benar kuasai dan pahami. Kita juga bisa belajar sambil berjalan dan menerapkannya sesuai dengan kebutuhan usaha menengah kita.

2. Bidang Kreatif

Usaha Kecil Menengah

Usaha kecil menengah bidang kreatif di prediksikan mengalami peningkatan yang pesat beberapa tahun kedepan. Kita bisa mencari celah dan memberikan layanan atau produk usaha kita untuk memberikan solusi kepada mereka.

Pemerintah melalui Bekraf juga memberi naungan dan pengajaran kepada para UKM bidang kreatif untuk mendapatkan bimbingan dan pengajaran yang dapat kita manfaatkan untuk wadah usaha menengah yang kita bangun.

Beberapa contoh UKM bidang kreatif:

  • Kerajinan (Souvenir, Pemanfaatan limbah, Daur ulang dll)
  • Pelayanan Umum / Jasa (Bank sampah, jasa fotografi, layanan antar jemput)
  • Teknologi Aplikasi
  • Pemberdayaan Masyarakat (Pendidikan dan pengetahuan)
  • Dll.

3. Produksi Barang

Usaha Kecil Menengah

Mendirikan Usaha Kecil dan Menengah bidang produksi memang lebih banyak dilakukan oleh masyarakat. Namun memang UKM bidang produksi memang lebih menjanjikan dan lebih terlihat prospek dan keberlanjutan dari usaha yang kita bangun tersebut.

UKM yang memproduksi barang sebagai produk mereka biasanya telah memiliki riset dan pangsa pasar yang telah dipelajari. Merek mengeluarkan produk untuk dapat menjawab dan memecahkan masalah yang ada pada masyarakat.

Untuk itu, Usaha menengah bidang ini harus mempunyai dasar dan pondasi yang kuat sebelum mengeluarkan produk mereka. Berikut hal-hal yang perlu dilakuakan sebelum membuka Usaha Kecil dan Menengah:

Kriteria Usaha Kecil Menengah (UKM)

Berikut kriteria dan ciri-ciri usaha kecil dan menengah:

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  2. Memiliki hasil penjualan (omset) tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah)
  3. Milik Warga Negara Indonesia (WNI)
  4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang telah besar. UKM haruslah tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar
  5. Berbentuk usaha orang perorangan, badan usaha tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.

Mendapatkan Pendanaan Usaha

Jika kalian merasa telah menemukan produk atau layanan yang telas sesuai untuk kita kerjakan namun masih bingung masalah modal, kita bisa menggunakan crowdfunding untuk emndapatkan modal usaha kita.

Crowdfunding adalah suatu pengumpulan atau penggalangan dana yang ditujukan untuk mencapai nilai tertentu atau tujuan tertentu. Sumber dana yang masuk dari proses crowdfunding bisa digunakan sesuai tujuan yang telah disepakati dalam proses penggalangan dana.

Untuk mempelajari lebih banyak tentang crowdfunding kalian bisa mempelajari materinya berikut, Situs Crowdfunding Indonesia Untuk Pendanaan Usaha

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *