ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Wawancara Tujuan Karir ? Jawab dengan Profesional

3 min read

Wawancara Tujuan Karir ? Jawab dengan Profesional

Pertanyaan tujuan karir adalah salah satu hal yang menentukan pekerjaan anda. ” Saya adalah seorang karyawan yang bekerja dengan tujuan karir yang jelas dan akan menawarkan berbagai konsep menarik untuk perusahaan ini”. Jawaban pertama saya dulu kurang lebih seperti itu.

Jawaban diatas bisa diterapkan, karena anda benar-benar mengetahui atau mencari tahu bidang pekerjaan yang akan anda lamar. Jika anda telah menguasai seluk beluk perusahaan, bahkan sebelum anda diterima sebagai karyawan. Anda telah mempunyai ide dan konsep yang bisa anda terapkan dalam perusahaan jika anda diterima anntinya.

Hal tersebut akan memberi anda nilai tambah, jika dibandingkan dengan pencari kerja yang lain. Dengan begitu anda telah dikenal karena pengetahuan dan keahlian anda sesuai dengan apa yang perusahaan cari dalam lowongan pekerjaan mereka.

Dari beberapa jawaban tujuan karir yang diberikan oleh para pencari kerja biasanya akan membicarakan tentang dirinya sendiri tanpa mengindahkan posisi perusahaan akan menerima dan menempatkan anda sebagai seorang karyawan.

Disini kepentingan dan kebutuhan anda tidaklah penting. Yang terpernting adalah apa yang bisa anda kerjakan dan berika untuk perusahaan. Terdengar sedikit menyakitkan, namun memang begitu kenyataanya.

Untuk memberikan jawaban yang profesional tentang pertanyaan tujuan karir, simak beberapa tips berikut ini :

1. Target Pencapaian Karir yang Jelas

Mengetahui betul apa yang akan anda peroleh jika anda mempunyai kesempatan untuk bekerja didalam perusahaan tersebut.

” Saya akan bisa mencapai level senior manajer, dalam proses bekerja saya selama 5 tahun kedepan”

Walaupun tidak semuanya akan berjalan dengan mudah begitu saja, namun setidaknya anda harus mempunyai tujuan pencapaian karir yang jelas. Beberapa pelamar kerja tidak begitu yakin untuk membentuk target pencapaian karir mereka dengan jelas dan terdengar realistis.

Penting juga untuk mecari tahu informasi sebanyak mungkin profil perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut. Semakin anda mengenal seluk beluk perusahaan, semakin lancara anda akan membuat dan merangkai jawaban, terlebih lagi sesuai dengan apa yang mereka cari dan mereka harapkan pada pekerja mereka.

2. Membuat dan Menawarkan Konsep yang Sesuai dengan Perusahaan

Setalah anda benar-benar mengetahui seluk beluk perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Buatlah beberapa konsep yang menarik, yang bisa anda terapkan dalam proses pekerjaan mereka. Memang akan terdengar sangat rumit untuk mencari suatu ide konsep, yang bisa anda tawarkan pada perusahaan.

Jika anda tidak bisa atau belum bisa menawarkan konsep yang benar-benar revolusioner, hanya saja mencoba untuk membuat sebuah konsep yang simpel dan mudah saja. Bagaimana anda akan bekerja setiap hari untuk bisa juga diterapkan pada karyawan yang lain.

” Saya bisa bekerja dengan tim yang baik, memberi contoh dan mengambil contoh dari mereka. Menghormati pendapat satu sama lain dan membentuk lingkungan pekerjaan yang dinamis dan produktif dalam pelayanannya”

Membuat semua hal tak selamanya harus benar-benar fantastis dan hebat. Pelajari apa yang mereka butuhkan dan cobalah memberi solusi untuk bisa menjadi opsi dalam penyelesaiannya.

3. Proses untuk Mencapai Titik Tujuan Karir

Bagaimana cara yang telah anda tetapkan dan siapkan untuk mencapai titik tujuan karir anda berada? Terpenting dalam hal ini adalah menyiapkan proses dengan tekad dan semangat yang kuat. Tidak mudah digoyahkan dengan tujuan dan godaan yang lain.

Dapat menikmati proses yang berjalan. Menyiapkan rencana cadangan dan secepatnya menemukan solusi yang bisa anda terapkan untuk menyelesaikan suatau masalah yang suau saat bisa saja menghampiri anda.

Kesiapan anda untuk tetap teguh pada jalan anda memenruhi apakah anda bisa mencapai tujuan karir anda. Jadi pada intinya adalah tidak selalu membahas tentang strategi yang ampuh dan fantastis, Namun itu terkadang mebicarakan tentang kekuatan tekad dan semangat yang membara dalam setiap proses perjalanannya.

4. Tantangan dan Rintangan Pekerjaan

Berani untuk menerima tantangan dan siap untuk menghadapi rintanga yang suatu saat menghajar perusahaan dan pekerjaan anda. Menilai suatu permasalahan muncul dengan pandangan yang objektif. Apakah di hasilkan dari output atau bahkan dari input dalam pekerjaan itu sendiri.

Bertanggung jawab atas apa yang anda kerjakan, baik itu baik maupun buruk sekalipun. Berani bertanggung jawab pada setiap apa yang anda perbuat adalah suau tindakan yang bijaksana.

Itu bekerja pada diri anda sendiri dan bekerja pada simpati setiap orang yang berada disekitar anda. Menerima kenyataan dan memperbaiki keadaan dengan pekerjaan yang positif.

5. Kepribadian yang baik

Ini seharusnya tidak boleh terlalu anda ekspos dengan anda ceritakan dan tulis dimanapun dan apapun media yang akan anda temui. Cukup dengan melihatkan kepribadian anda seperlunya.

Setiap orang berhak menilai diri anda, namun tak akan pernah berhak untuk merubah kepribadian anda. anda bertanggung jawab penuh atas apa yang anda kerjakan dan apa yang anda pikirkan.

Berikan semangat anda pada pekerjaan dalam perusahaan, percayalah itu akan sampai disana dengan energi yang psoitif pula.

6. Komitmen Pekerjaan

Buatlah komitmen pekerjaan anda. Selain membuat anda terlihat lebih profesional, itu juga akan membuat anda lebih mudah membawakan diri anda pada tempat dan suasan yang baru.

Tujuan karir adalah suau proses yang menerapkan banyak proses didalamnya. Salah satu hal yang paling penting untuk anda terapkan anda komitmen dalam bekerja. Komitmen akan membentuk anda pada seorang yang profesional dan tahan pada setiap cobaan yang datang mendera.

Kepercayaan diri anda untuk tetap dipertahankan, dan mampu mengalahkan segala rintangan untuk emnjadikannya sebuah pelajan baru. Memberi anda pengetahuan baru dan bersiap jika suatu saat rintangan sejenisnya datang menghampiri anda.

  1. Artikel terkait : Apa Motivasi Kerja Kamu di Senin Pagi ?

7. Terbuka dengan Wawasan Baru dan Menerima Saran atau Kritik

Bersedia untuk selalu belajar dari setiap apapun kondisi yang sedang dijalani. Terbuka pada sutau hal yang baru, memberi anda pelajaran lebih banyak. Tidak bisa dipungkiri hal-hal baru muncul begitu saja dan secepantya harus anda pelajari demi menunjang pekerjaan anda.

Belajar hal baru memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakuka. erlebih lagi jika itu adalah suatu hal yang berbeda dengan kebiasaan anda sebelumnya. Mebutuhkan waktu yang tidak sedikit kadang, namun tetap harus anda pelajari apakah hal tersebut berguna untuk menunjang pekerjaan anda atau justru menghambat pekerjaan anda itu sendiri.

Menerima saran atau kritik yang terkadang sedikit membuat sakit hati. namun percayalah anda akan tumbuh pesat dengan setiap apa saran dan kritik yang anda terima sebelumnya. Kritik terkadang memang akan begitu pedas dan membuat tidur anda tidak tenang.

Namun jika itu dapat anda manfaatkan untuk memperbaiki keadaan dan keahlian anda, itu akan sangat poditif untuk anda terapkan. Belajar dari kesalahan dan belajar untuk memaafkan diri anda sendiri.

Mengakui setiap kelemahan dan merubah kelemahan anda untuk menjadi sebuah senjata. Melemahkan setiap kelemahan, menjadikan anda berkembang dan percaya pada diri anda sendiri.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Gaya Kepemimpinan

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *