ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Tips Meminjam Modal Uang kepada Teman atau Keluarga

1 min read

modal usaha teman keluarga

modal usaha teman keluargaSalah satu kesulitan terbesar yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha kecil adalah tentang keterbatasan akses modal. Pada suatu kesempatan anda tidak dapat meminjam modal kepada kreditur atau bank bahkan rentenir karena berbagai alasan. Alasan tentang cicilan, bunga dan jaminan menjadi ketakutan yang menghantui usaha kecil. Sehingga pada saat yang sama anda beralih ke satu-satunya sumber uang lain yang tersedia bagi anda, teman-teman dan keluarga anda. Meminjam uang tunai dari kerabat atau orang lain yang dekat dengan Anda, mungkin bukan ide yang baik. Hubungan Anda mungkin akan berubah menjadi buruk, dan jika Anda gagal mengembalikan uang.

Tetapi jika Anda tidak memiliki cara lain untuk mendapatkan modal dan Anda memutuskan untuk mengambil uang dari keluarga dan teman, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Berkomunikasi dengan Jelas

Perlu diingat bahwa transaksi keuangan sangat berbeda dari hubungan sosial. Ketika Anda meminjam uang, penting untuk benar-benar membuat ketentuan dan kesepakatan yang sangat jelas. Diskusikan jumlah yang Anda butuhkan dan cara Anda membayarnya kembali. Meskipun Anda tidak perlu membuat sebuah dokumen setebal buku formal, ada baiknya untuk menuliskan apa yang telah Anda setujui secara tertulis. Mencakup rincian jumlah pinjaman dan tanggal pembayaran yang disepakati.

Setelah Anda mengambil uang, berilah setiap informasi usaha anda kepada pemilik modal. Ini akan meyakinkan mereka bahwa Anda menggunakan pinjaman dengan sungguh-sungguh untuk usaha dan secara tidak langsung mereka menilai Anda berniat untuk membayar kembali pinjaman modalnya.

Untuk apa Anda membutuhkan uang itu?

Apakah Anda memerlukan dana untuk membeli persediaan bahan pokok, mempekerjakan seorang karyawan atau membeli peralatan baru? Sangat disarankan untuk memberi tahu pemberi pinjaman tentang penggunaan akhir dari uang modal yang Anda pinjam. Selain membagikan informasi ini, bersikaplah jujur ​​tentang keadaan bisnis Anda dan risiko yang dihadapinya. Hal terburuk Anda lakukan adalah berbohong tentang bisnis Anda hanya untuk mendapatkan pinjaman.

Wajib diingat!!, jangan meminta lebih banyak uang daripada yang bisa diberikan oleh pemberi pinjaman kepada Anda. Ini sering terjadi ketika Anda meminjam dari orang tua Anda yang mungkin merasa berkewajiban membantu, bahkan mereka tidak mampu menyanggupinya.

baca juga 11 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis

Membayar kembali pinjaman tepat waktu

Jika Anda tidak membayar pada tanggal yang disepakati, dapat dipastikan itu akan berpengaruh negatif tehadap hubungan sosial anda. Perlakukan transaksi secara profesional dan pastikan bahwa Anda tidak perlu diingatkan untuk memenuhi kewajiban Anda. Lebih baik lagi, bayar lebih awal jika situasi keuangan Anda memungkinkan. Jika Anda belum siap dengan dana pada tanggal yang telah disepakati, Anda harus menghubungi atau menemui orang yang telah meminjamkan uang kepada Anda dan menjelaskan mengapa Anda tidak dapat membayar saat itu.

Meskipun jika Anda tidak dapat membayar tepat waktu, kesalahan terbesar yang mungkin Anda lakukan adalah menghindari panggilan telepon pemberi pinjaman modal Anda. Ini akan menghancurkan kepercayaan yang telah Anda bangun dengan orang tersebut dan akan sulit untuk mendapatkan kembali kepercayaan ini, bahkan jika pada akhirnya Anda dapat mengembalikan pinjaman modal tersebut.

Meminjam dari teman atau keluarga merupakan salah satu hal yang penuh dengan risiko. Tetapi sejumlah besar pengusaha menggunakan sumber pembiayaan ini. Menurut Hartford Small Business Success Study, 36% pengusaha telah menggunakan sumber pribadi seperti tabungan pensiun, atau modal dari keluarga dan teman untuk pendanaan awal usaha rintisan mereka.

Jika Anda tidak dapat menghindari meminjaman modal dari kerabat dan teman, ingatlah untuk menjaga hubungan sosial Anda. Mesiahkan antara urusan bisnis Anda dan hubungan sosial anda. Dan yang terpenting, pastikan Anda membayar pinjaman tepat waktu.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *