ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Tips Memahami Kebutuhan Pasar Generasi Millenial

2 min read

Apa itu Generasi millenial ? Generasi ini adalah pada umumnya sering disebut dengan “Baby Boomers” mengingat tingkat kelahiran yang tinggi pada generai yang disebut generasi Y ini. Mereka lahir diantara  pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran mereka.Karakteristik Milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi. Namun, generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital.

Beberapa komunikator bisnis mengaku kesulitan untuk melakuan audiens atau pembentukan pasar terhadap generasi millenial ini. Ada banyak informasi yang telah terkumpulkan mengenai perilaku generasi ini, namun seberapa akurat informasi ini? Apakah itu nyata dan apa itu mitos? Apa langkah-langkah yang harus diambil untuk menjangkau dan mengaktifkan demografi penguasa ini?

Perkumpulan Generasi Millenial

Ketika kita mendefinisikan tentang media yang sering mereka gunakan untuk bersosial atau berkumpul. Maka jawaban yang tepat mengarah kepada Media sosial internet, video broadcast, situs web dan elektronik seluler. Media milenium saat ini jauh lebih tersegmentasi (menjadi bagian keil) dan mencakup fokus yang lebih kuat pada perbedaan budaya daripada publikasi lain.

Pelaku usaha harus menyesuaikan fungsi konten berdasarkan usia untuk media milenial. Media yang sukses menjadi lebih spesifik dengan demografi yang memungkinkan mereka untuk membuat konten yang lebih selaras dengan pembaca mereka. Kosep orang-orang adalah suka mengkonsumsi cerita berkualitas seperti yang selalu mereka ingin miliki. Outlet media milenium menciptakan konten yang lebih baik berdasarkan minat dan segmen, mereka tidak hanya mencoba untuk terlibat dengan generasi millennial. Mereka benar-benar mengerti akan kebutuhan informasi dan data lalu menghasilkan lebih banyak konten yang sangat spesifik dan memecahkan masalah generasi millenial ini.

Mengikuti Trends

Tak dapat dipungkiri bahwa generasi ini adalah pengikut dan pembuat tren-tren baru yang mendapat perhatian sangat besar oleh masyarakat pada umumnya. Mereka melakukan kegiatan sosial, bermasyarakat, berkomunikasi dan bahkan bekerja dengan gaya dan ciri khas mereka. Tidak sedikit pelaku usaha baru yang datang dari generasi ini berhasil sukses karena ketelitian mereka mehami dan melihat peluang oleh generasi ini.

Tren  mengarah pada kondisi diluar pemahaman (out off the box), menyimpang jauh dari kebiasaan masyarakat sebelumnya. Tren yang berhasil booming atau meledak dengan cepat juga dipengaruhi oleh internet. Bagaimana internet dengan sangat cepat menyebarkan informasi dengan cepat dan tidak terbatas oleh kondisi demografi dan waktu sekalipun.

baca juga Apa Itu E-Commerce ?

Segmen Sosial

Di kehidupan para generasi millenial, mereka telah membagi segmen-segmen sendiri tentang kehidupan dan bidang kesukaan mereka. Berkelompok dengan orang yang mempunyai minat dan tujuan yang sama adalah hal umum yang dapat di kehidupan sosial para generai millenial ini. Mereka tidak harus berhubungan dengan semua orang disekitar mereka. Cukup dengan hanya beberapa orang dengan minat dan kedekatan yang sangat spesifik mereka sudah merasa nyaman disini. Hal ini memudahkan untu para pelaku usaha menyerang konten mereka dengan memasukkan ke segmen-segmen kecil yang telah terbentuk. Kemungkinan segmen tersebut hanya di tinggali oleh beberapa orang saja. Akan tetapi segemen tersebut sudah pasti menjadi pangsa pasar yang sangat potensial. Ini juga akan memangkas ongkos pengeluaran iklan dan hal-hal yang tidak perlu untuk mereka keluarkan.

Jam Kerja dan Minat Generasi Millenial

Dalam mengeluarkan konten para pelaku usaha semestinya memeperhatikan kondisi dan waktu yang tepat untuk mengeluarkan konten iklan mereka. Ini menjadi penting ketika waktu adalah kunci ketika para generasi millenial membuka media sosial mereka secara bersamaan, menjadikan konten iklan anda efektif dan tepat sasaran. Untuk membuat konten sebaiknya anda membuat konten A dan B. Membandingkan mereka akan data yan mereka hasilkan. Setelah itu pelaku usaha hanya akan menggunakan konten yang paling efektif utuk selanjutnya. Namun perubahan dan pengembangan konten tetap harus selalu diperbarui untuk menghilangkan kesan bosan. Hal yang selalu dihindari oleh setiap orang di dunia ini.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *