ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Penjualan Paling Efektif untuk Usaha Rintisan atau UMKM

2 min read

teknik penjualan umkm

teknik penjualan umkmPertama anda harus percaya pada apa yang Anda jual. Jika anda bersemangat dan sangat bergairah memasarkan produk anda, pelanggan Anda secara tidak langsung akan senang karena energi positif yang menular. Saat Anda membangun tim penjualan atau pemasaran, ingatlah bahwa setiap orang memiliki metode penjualan mereka masing-masing. Bahkan tidak ada yang sama, unik sesuai dengan kepribadian setiap orang. Latihlah staf Anda tentang cara menangani pelanggan khusus yang mungkin memerlukan kebutuhan spesial.

Jangan Terlalu Menekan Konsumen

Terlalu menekan konsumen anda tentang berbagai hal kelebihan produk anda, dibenci oleh sebagian besar pembeli. Edukasi pelanggan Anda tentang fitur dan nilai produk Anda. Jika memungkinan, bawalah satu contoh atau sampel produk anda dihadapan para calon konsumen. Mendemonstrasikan produk Anda secara langsung memungkinkan pembeli untuk menguji produk dan akan membuat penjelasan dan pemasaran Anda berkesan dipikiran para konsumen.

Jelaskan mengapa mereka harus membeli produk Anda. Jangan pernah berbicara buruk tentang -poruk saingan anda. Tetaplah menjaga fokus pada perusahaan Anda dan apa yang anda tawarkan.

Dengarkan Pelanggan Anda

Ajukan pertanyaan dan biarkan klien yang berbicara. Beri mereka perhatian spesial dan cari tahu apa yang paling penting tentang kebutuhan mereka. Setelah Anda mendapatkan gagasan tentang apa yang mereka cari dalam suatu produk atau layanan, Anda dapat membuat teknik penjualan sesuai dengan itu.

Membuat konsumen lebih hemat finansial adalah sebagian besar yang konsumen anda cari. Menyediakan customer servive (layanan pelanggan) yang sangat aktif dan mungkin pengiriman yang cepat menjadi pertimbangan penting mereka. Mendengarkan keluhan pelanggan Anda dapat membuka kesempatan anda memunculkan produk dan layanan tambahan baru untuk meningkatkan bisnis Anda.

Ketahuilah Detail Bisnis Anda

Bukan hanya tentang produk perusahaan Anda, tetapi meliputi satu wilayah industri. Terus ikuti perkembangan teknologi dan produk baru yang terkait dengan produk yang Anda jual. Biarkan pelanggan Anda menilai anda adalah ahli dalam semua bidang produk industri perusahaan anda dan mereka akan mencari Anda jika mereka memiliki pertanyaan.

Bangun Hubungan Penjualan

Kenali pelanggan Anda. Di dunia nyata depan toko anda maupun di persaingan online, Anda dapat mengingatkan pelanggan bahwa mereka bukan angak penjualan, namun mereka khusus. Perhatikan minat dan hobi mereka. Simpan file ciri khas mereka untuk mengingatkan Anda tentang hal-hal kecil sebelum melakukan peamsaran lagi kepada mereka suatu saat . Ini adalah cara yang ramah untuk menunjukkan bahwa Anda peduli, dan dapat menghasilkan beberapa pembelian tambahan.

baca juga Strategi Pemasaran dengan Teknik SWOT Analysis

Tetap Berkomunikasi

Seberapa sering Anda menhubungi atau mengunjungi pelanggan Anda mungkin bergantung pada jenis bisnis apa yang Anda miliki. Perhatikan kebiasaan belanja dan kunjungi mereka tepat sebelum pesanan berikutnya akan dipasarkan. Simpan dan catatlah setiap masukan dan keinginan akan suatu produk dan sediakanlah secepat anda memungkinkan produk tersebut muncul. Pastikan Anda memberi tahu mereka bahwa mereka dapat menghubungi Anda jika ada pertanyaan. Berikan klien nomor ponsel dan alamat email Anda. Selau up to date dengan produk atau layanan yang dibutuhkan para pelanggan anda, bisa memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan untuk mengalahkan pesaing anda.

Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan

Mencatat riwayat pelanggan penting bagi semua aspek bisnis Anda. Berkas dapat disimpan secara konvensional di kantor, tetapi agar lebih produktif, pertimbangkan sistem manajemen yang dapat diakses oleh karyawan Anda serta klien. Buatlah beberapa tipe pelanggan anda bagaimana mereka menemukan produk anda untuk pertama kalinya. Tren pembelian dapat dipantau dengan memperhatikan tanggal dan jumlah setiap pesanan. Pujian, keluhan, dan masalah layanan pelanggan juga dapat dimasukkan dan diselesaikan oleh anda.

Transaksi Akhir

Ketika Anda sedang menelepon atau membuat hubungan komunikasi, berilah pelanggan anda suatu tawaran yang menarik dan hanya berlaku saat itu juga. Misalkan, “Jika anda transfer hari ini, pengiriman paket gratis untuk anda” atau mungkin “Jika anda checkout sekarang, anda bisa memilih beberapa bonus pin kita. Maksimal transfer jam 9 aja ;)” . Jangan pernah sekalipun melewatkan kesempatan yang datang. Manfaatkan segala kemungkinan walaupun itu sangatlah kecil.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *