ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Syarat Uang

2 min read

syarat uang

Syarat uang agar diterima oleh masyarakat secara umum harus memenuhi beberapa aspek. Uang adalah alat pembayaran yang sah yang telah diakuai dan ditetapkan oleh suatu negara dan diakui oleh negara lain.

Pengertian uang adalah alat tukar yang dapat diterima secara umum dalam lingkungan masyarakat dan memenuhi syarat dan jenis uang yang telah ditetapkan. Bentuk uang bisa berupa benda apapun yang disepakati dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Syarat uang yang harus dipenuhi diantaranya :

1. Diterima Secara Umum (Acceptability)

syarat uang

Syarat uang yang pertama adalah harus diterima secara umum oleh masyarakat luas. Sehingga semua orang telah mengakui dan mengukuhkan bahwa uang dalam bentuknya telah diterima sebagai alat pembayaran yang sah.

Dalam sebuah komunitas biasanya akan menetapkan suatu alat pembayaran yang telah disepakati dan diberi jaminan dalam pengguannya. Dalam hal ini mata uang yang berlaku ditetapkan oleh negara dan dijamin pula oleh pemerintah suatu negara.

2. Syarat Uang Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak (Durability)

syarat uang

Pada awalnya mata uang berbentuk logam, tidak dipungkiri logam mempunyai kekuatan tahan lama yang cukup untuk memenuhi persyaratan sebagai mata uang. Uang koin emas pada awalnya menjadi piihan sosial manusia melakukan transaksi jual beli mereka.

Seiring berkembangya zaman, koin emas dinilai tidak dapat memenuhi kebutuhan akan produksi uang karena keterbatasaan ketersesiaan emas itu sendiri. Sekarang bahan uang banyak menggunakan uang kertas daripada logam itu sendiri.

Mata uang kertas dinilai sangat baik untuk dijadikan alat transaksi ekonomi. Kertas yan digunakan adalah kualitas kertas dengan serat yang sangat bagus sehingga tidak mudah sobek dan tahan lama.

3. Syarat Uang Mempunyai Nilai yang Tetap Dalam Jangka Waktu Yang Lama (Stability of Value)

syarat uang

Uang diharapkan bisa menjaga nilai tukarnya sehingga tidak terjadi kesenjangan nilai tukar dalam penggunanya sebagai alat transaksi. Syarat uang harus mempunyai nilai yang tetap (konstan) dalam jangka waktu yang lama diharapka agar nilai uang tersebut mendapatkan kepercayaan sebagai alat tukar.

Uang sebagai alat tukar yang telah ditetapkan dan telah dijamin pemerintah akan mempunyai nilai yang relatif konstan dan stabil. Walaupun dalam suatu masa ada beberapa permasalahan yang mengakibatkan nilai tukar mata uang akan turun drastis, seperti inflasi, ekonomi negara, perdagangan internasional dan peperangan.

4. Syarat Uang Mudah Dibawa dan Disimpan (Portability)

syarat uang

Bayangkan jika uang tidak memiliki bentuk yang ringkas dan ringan sehingga akan sangat sulit bahkan hanya sebatas untuk emmbawanya saja. Belum jika kita akan menggunakanya sebagai alat tukar, tentu akan membutuhkan usaha yang lebih keras hanya untuk mendapatkan barang yang kita iginkan dengan transaksi kita.

Syarat uang biantaranya adalah mudah dibawa dan disimpan. Uang kertas sangat memenuhi kualifikasi ini sehingga cukup untuk menutupinya. Uang kertas akan sangat mudah untuk dibawa dan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Tidak memakan tempat yang luas dan ringan bahkan jika itu hanya ingin kita simpan dalam dompet atau saku celana.

5. Mudah Dibagi Tanpa Mengurangi Nilai (divisibility)

syarat uang

Salah satu kelemahan mata uang koin loga adalah permasalahan pembagian ke dalam bentuh pecahan mata uang yang lebih kecil. Uang logam akan sulit unutk dipecah menjadi bagian yang lebih kecil dan diharuskan untuk memiliki nilai yang sama seperti sebelumnya.

Untuk itu mata uang kertas biasanya akan dibagi menjadi pecahan uang dengan berbagai nilai tukar yang telah ditetapkan. Walaupun bahan dan kualitasnya sama namun uang kertas pecahan kecil akan mudah untuk diterima masyrakat daripada potongan mata uang logam yang dibagi-bagi.

6. Memiliki Satu Kualitas Saja (Uniformity)

syarat uang

Meskipun itu adalah uang pecahan terkecil dalam serinya, namun kualitas mata uang adalah sama yaitu kualitas terbaik. Penyamaan kualitas juga akan emnambah kepercayaan masyarakat bahwa mata uang yang mereka gunakan memiliki kualitas terbaik dan layak untuk mereka gunakan.

7. Jumlahnya Relatif Terbatas dan Tidak Mudah Dipalsukan (Scarcity)

syarat uang

Untuk menjaga agar nilai tukar mata uang tersebut tetap stabil adalah dengan mejaga kuantitas atau jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. Namun bukan berarti dibatasi jumlah peredarannya namun lebih kedalam penyesuaian kebutuhan dan kemudahan transaksi jual beli masyarakat.

Syarat uang selanjutnya adalah tidak mudah dipalsukan dan memiliki ciri khusus yang hanya bisa dibuat oleh pemerintah. Sehingga masyarakat tidak dapat dengan mudah memproduksi mata uang palsu untuk kecurangan dan keuntungan diri mereka sendiri.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!