ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Strategi Pemasaran dengan Teknik SWOT Analysis

2 min read

strategi pemasaran swot

strategi pemasaran swot

Melakukan strategi pemasaran dengan tekni SWOT adalah dengan model analisa langsung terhadap strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman) untuk menciptakan pondasi dan landasan yang kuat untuk strategi pemasaran. Dengan analisa ini, anda mendapatkan pertimbangan yang lebih akurat tentang apa saja yang perlu dilakukan atau tidak perlu dilakukan serta kondisi yang menguntungkan atau justru merugikan produk atau layanan perusahaan.

Pentingnya Analisis SWOT dalam Mengembangkan Strategi Pemasaran

Tingkat analisis ini memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk menentukan apakah ada faktor-faktor yang ada yang akan membantu merekan dalam mencapai tujuan tertentu (karena kekuatan atau peluang yang ada). Atau jika ada hambatan yang harus dihadapi sebelum mendapatkan hasil yang diinginkan dapat tercapai (berhubungan dengan kelemahan atau ancaman).

Apa itu analisis SWOT?

Seperti dijelaskan di atas, proses analisis SWOT mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang pasar, dan potensi ancaman perusahaan Anda. Memberikan data dan informasi yang kompetitif tentang potensi dan masalah kritis yang berdampak pada keberhasilan bisnis secara keseluruhan. Tujuan utama dari analisis SWOT adalah untuk mengidentifikasi dan menetapkan semua faktor signifikan yang dapat berdampak positif atau negatif terhadap keberhasilan salah satu dari empat kategori tersebut. Memberikan pandangan objektif tentang keberhasilan atau kegagalan perusahaan anda.

Ini akan sangat berguna untuk mengembangkan dan menetapkan tujuan organisasi Anda, masing-masing dari keempat kategori memberikan wawasan spesifik yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang sukses, diantaranya:

1. Strengths : Kekuatan

Hal positif di sistem internal organisasi Anda dan  berada dalam kendali Anda. Kekuatan meliputi sumber daya, keunggulan kompetisi, aspek positif para tenaga kerja Anda dan aspek yang terkait dengan perusahaan yang Anda lakukan dengan sangat baik. Berfokus pada semua komponen internal yang menambah nilai atau memberikan sejumljah keunggulan dibanding perusahaan lain.

2. Weaknesses : Kelemahan

Faktor-faktor yang ada di dalam kendali Anda yang akan mengurangi kemampuan Anda untuk mendapatkan atau mempertahankan keunggulan kompetisi. Seperti keahlian terbatas, kurangnya sumber daya, keterampilan atau teknologi terbatas. Pelayanan di bawah standar atau lokasi yang tidak ideal. Kelemahan merangkum aspek-aspek internal negatif ke bisnis Anda. Mengurangi nilai keseluruhan produk atau layana yang disediakan oleh perusahaan Anda. Kategori ini akan sangat membantu dalam memberikan penilaian organisasi. Dengan catatan Anda harus fokus pada identifikasi yang akurat dari kelemahan perusahaan Anda.

3. Opportunities : Peluang

Ringkasan faktor-faktor eksternal yang menjadi motivasi untuk bisnis Anda akan berhasil di pangsa pasar yang telah terbentuk. Faktor-faktor ini termasuk peluang spesifik yang terbentuk di dalam pangsa pasar Anda. Apakah perusahaan anda memberikan manfaat, menumbuhkan pasar, perubahan gaya hidup, menawarkan solusi masalah saat ini atau kemampuan dasar untuk menawarkan nilai yang lebih tinggi dibanding dengan pesaing Anda. Untuk mempromosikan produk atau layanan anda adalah yang terbaik saat ini. Salah satu elemen yang harus diperhatikan adalah pengaturan waktu. Misalnya, apakah peluang yang tercipta dan berkembang secara luas atau hanya dalam ruang lingkup satu jendela yang terbatas. Anda harus bisa menaruh perusahaan dalam posisi yang pas dengan waktu yang tepat.

4. Threats : Ancaman

Faktor eksternal di luar kendali organisasi Anda yang memiliki potensi untuk menempatkan strategi pemasaran atau bahkan perusahaan anda pada risiko. Ancaman utama dan selalu hadir adalah persaingan. Namun, ancaman lain yang mengancam dapat mencakup kenaikan harga yang tidak stabil, perubahan peraturan pemerintah, penurunan ekonomi, liputan pers negatif, pergeseran perilaku konsumen atau pengenalan teknologi “kodok lompatan” yang membuat produk atau layanan Anda usang dan konservatif . Meskipun kekuatan-kekuatan ini bersifat eksternal dan di luar kendali Anda, analisis SWOT dapat membantu dalam pembuatan rencana penanggulangan yang akan memungkinkan Anda dengan cepat dan efektif mengatasi masalah-masalah ini jika muncul.

Mengubah Analisis SWOT menjadi Stategi Pemasaran yang Efektif

Setelah Anda menetapkan nilai spesifik yang terkait dengan penawaran bisnis Anda dalam empat kuadran analisis SWOT. Anda dapat mengembangkan rencana strategis berdasarkan informasi yang telah Anda pelajari. Misalnya, setelah Anda mengidentifikasi kekuatan yang paling menonjol dalam perusahaan. Anda dapat memanfaatkannya untuk mengejar peluang yang paling cocok untuk organisasi Anda. Secara efektif mengurangi potensi kerentanan diserang ancaman. Dengan cara yang sama, dengan mengidentifikasi kelemahan organisasi Anda yang berkaitan dengan ancaman eksternal. Anda dapat menyusun rencana yang akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan atau meminimalkan mereka sambil meningkatkan strategi bartahan atau defensif dengan menawarkan solusi yang baru dan menarik konsumen.

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *