ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Biografi Rusdi Kirana

3 min read

√ Biografi Rusdi Kirana : Jadi Calo Tiket sampai Bikin Maskpai Sendiri

Siapa sih yang gak kenal dengan bapak Rusdi Kirana? Kalo denger nama beliau kita pasti memikirkan salah satu maskapai penerbangan yaitu Lion Air. Nah, buat kali ini kita akan mengutip sekilas tantang beliau dan kehidupannya .

Rusdi Kirana, pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 17 Agustus 1963 ini dibesarkan dari keluarga pedagang. Beliau memiliki seorang istri yang bernama Lesien.

Rusdi Kirana dan dikaruniai tiga orang anak yaitu, Davin  Kirana, Denis Febrian Kirana, dan Dea Faleria.

Sejak kecil beliau dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan mudah bergaul. Namun, beliau juga dibimbing untuk hidup hemat dan kerja keras. Saat menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila.

√ Biografi Rusdi Kirana : Jadi Calo Tiket sampai Bikin Maskpai Sendiri

Memulai Karir sebagai Seorang Penjual atau Calo Tiket

Beliau menjadi calo tiket pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Rusdi Kirana memulai karir sebagai penjual menis ketik Amerika “Brother”,bersama saudara laki-lakinya Kusnan Kirana.

Pada awalnya mereka membangun sebuah perusahaan biro erjalan bersama. Pria berkumis tebal ini diketahui mengenal bisnis penerbangan ketika ia sedang kuliah di fakultas Ekonomi Universitas Pancasila.

Setelah menyelesaikan kuliahnya, Rusdi Kirana mempersiapkan bisnis Travel Agent bersama Lion Tour.

Selama 10 tahun, Rusdi Kirana dikenal oleh orang-orang sebagai penjual tiket pesawat penerbangan atau menjadi calo tiket.

Memulai Membangun Perusahaan Lion Air

Ketika Departemen Perhubungan melakukan deregulasi Industri maskapai penerbangan pada tahun 1999, kemudian Rusdi Kirana melihat peluang besar dalam bisnis penerbangan Indonesia.

Mempunyai modal yang terkumpul sekitar 80 miliar rupiah, Rusdi Kirana Bersama dengan saudara laki-lakinya Kusnan Kiraana mendirikan Mentari Lion airlines pada tanggal 2 september 1999.

Sebagian saham dikuasai Rusdi Kirana dan saudaranya. Pertama kali berdirinya Mentari Airlines , Rusdi Kirana menjabat sebagai direktur sedangkan saudaranya lebih banyak dibelakang layar, Rusdi Kirana memilih nama Lion Air dengan logo kepala singa.

Ada pula kantor pertama Lion Air berada d sebuah rumah toko (Ruko) sewaan di kawasann Harmoni, jakarta pusat. Pada bulan Juli tahun 2000 merupakan hari bersejarah bagi Rusdi Kirana .

Dengan berbekal pesawat Boeing 737-200 sewaan, lion air milik Rusdi Kirang bisa terbang perdana dari Jakara ke Ponianak.

PT. Lion Mentari Airlines beroperasi sebagai Lion Air adalah sebuah maskapai penerbangan berbiaya tiket yang murah yang berpangkalan pusat di Jakarta , Indonesia.

Lion Air sekarang adalah salah satu maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia. Dengan jaringan rute  di Indonesia, Filipina,Malaysia, Thailand, Australia,India , dan  Arab Saudi, Jepang  serta rute charter menuju Cina Hong Kong, Korea Selatan,dan Makau.

Sehingga menjadikan perusahaan maskapai ini sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan Air Asia dari Malaysia.

Seiring waktu berjalan opersionalnya, Lion Air mengalami penambahan armada secara signifikan sejak tahun operasionalnya pada tahun 2000 dengan pemegang kontrak besar.

Salah satunya yaitu kontrak pengadaan pesawat dengan Airbus dan Boeing dengan total keseluruhan sebesar US$ 46,4 Miliar untuk aemada 234 unit Airbus A320 dan 203 pesawat boeing 737 MAX.

Perusahaan ini sendiri telah memiliki perencanaan jangka panjang pada maskapai untuk pemberdayaan armadanya dalam mempercepat ekspansinya di kancah regional Asia Tenggara dengan membuat anak perusahaan sendiri.

Diantaranya yaitu Wings Air dan Batik Air untuk pemerkuatan operasional maskapai di Indonesia dan untuk di luar negeri, Lion Air memperkuat kehadirannya dengan mendirikan ,Malindo Air dan Thai Lion Air

Hal ini juga di dukung oleh kualitas para pegawai yang ikut mendukung Lion Air. Dengan performa meraka yang sangat trampil dan juga ramah .

Rusdi Kirana masih terus berusaha dan berinovasi untuk menjadikan Lion Air menjadi perusahaan penerbangan paling sukses di indonesia, perusahaan penerbangan dengan segala kenyamanan yang ditawarkan untuk para penumpangnya.

Tercatat hanya dalam enam tahun, Lion Air menjelma sebagai salah satu maskapai besar tanah air .

Per desember 2012 saja, Lion Air sudah melayani 60 tujuan baik domestik maupun internasional. Bahkan ,saat ini jumlah pesawat Lion Air sekitar 100 unit.

Pada tahun 2004 atau sekitar enam tahun setelah didirikan, Lion Air menguasai sekitar 40 persen segmen pasr maskapai tanah air dengan total penumpang hingga 600.000 orang lebih per bulan terbesar ke dua setelah Garuda Indanosia.

Menjadi Seorang Dubes dan Dewan Pertimbangan Presiden

Pada pilpres 2014, capres  yang didukung PKB (Partai Kebangkitan Bangsa : Partai Agama Islam Nadhatul Ulama) memperoleh kemenangan. Seiring dengan itu , presiden terpilih Joko Widodo akhirnya meminta Rusdi Kirana menjadi salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden 2014-2019. (FK/DN). Pada 18 Mei 2017.

Rusdi Kirana diangkat dan dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Duta Besar RI untuk Malaysia. Jabatan di Wantimpres hingga di perusahaan dilepasnya.

Pengaruh dan Kesuksesan Lion Air

Semua ini karena usahanya yang sangat sukses  dengan tingginya jumlah konsumen yang sangat percaya pada Lion Air .

Kekayaan yang di miliki Kusnan dan Rusdi Kirana yang berkisar antara 900 juta per-2012, dan tentu saja semua ini tidak didapatkan dengan mudah.

Semua kerja keras yang beliau dan sang kakak lakukan sangat membuahkan hasil yang memuaskan sehingga Lion Air mampu menjadi salah satu maskapai yang diminati oleh orang banyak untuk melakukan perjalanan: baik ke dalam maupun luar negeri saat ini.

Dengan berbagai keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan Kirana bersaudara dan perusahaannya ,tak pelak berhasil membuat mereka da perusahaanyya semakun sukses sampai sekarang.

Tabel Perjalanan Karir Rusdi Kirana

Perjalan karier yang di tempuh Rusdi Kirana ,mulai dari penjual mesin tik; penjual tiket; pendiri Biro Tiket Lion Tour, 1990; sampai menjadi Pemilik Lion Air 2000-sekarang; kemudian menjadi Wakil Ketua PKB, 2014-2019; dan pada akhirnya diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden, 2014-2019.

Karir Keterangan
penjual mesen tik Menjual mesin ketik buatan Amerika bermerek Bother dengan gaji Rp 95 ribu per bulan kemudian Rusdi bersama kakaknya beralih profesi membuka perusahaan sendiri.
Penjual tiket Saat menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila Jakarta. Rusdi sudah memulai kaier bisnisnya. Beliau menjadi calo tiket pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Selama 10 tahun. Dari sini perlahan karirnya mulai menaik
Pendiri Biro Tiket Lion Tour Pada tahun 1990, beliau bersama kakaknya, kusnan Kirana , memulai bisnis biro penjualan tiket dengan nama biro Lion Tour.
Pemilik Lion Air 2000-sekarang Mempunyai modal sekitar 80 miliar rupiah, Rusdi Kirana Bersama dengan saudara laki-lakinya Kusnan Kirana mendirikan Mentari Lion Airlines pada tanggal 2 september 1999. Sebagian saham dikuasai Rusdi Kirana dan saudaranya. Pertama kali berdirinya Mentari Airlines ,Rusdi Kirana menjabat sebagai direktur sedangkan saudaranya lebih banyak dibelakang layar. Rusdi Kirana memilih nama Lion Air dengan logo kepala singa. Ada pula kantor pertama Lion Air berada di sebuah rumah toko (Ruko) sewaan di kawasan Harmoni, jakarta pusat.  
Wakil Ketua PKB, 2014-2019 Rusdi Kirana bergabung ke PKB karena hutang budi. Hutang budi tersebut adalah adanya kecelakaan Lion Air di  Solo tahun 2004  yang menyebabkan meninggalnya sesepuh PKB dari Jawa timur. Setelah digelarnya rapat pleno Rusdi Kirana resmi diangkat sebagai Wakil Ketua PKB.
Menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden, 2014-2019.   Di tengah-tengah kesibukkannya sebagai pemilik Lion Air , Rusdi Kirana jaga saat ini menjabat sebagai duta besar Indonesia untuk Malaysia. Sebelumnya Beliau menjabat sebagai salah satu Anggota Dewan pertimbangan Presiden di era Presiden Joko Widodo
ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Cara Daftar KlikBCA

ronisafaat
3 min read

Teknik Pengumpulan Data

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *