ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

√ 10 Prospek Kerja Teknik Sipil, Peluang Generasi Milenial

3 min read

10 Prospek Kerja Teknik Sipil, Peluang Generasi Milenial

Insinyur teknik sipil adalah salah satu pekerjaan yang cukup menarik bagi orang-orang kreatif dan berjiwa sosial tinggi. Teknik sipil adalah salah satu jurusan kuliah yang bisa menjadi opsi pilihan anda atau keluarga anda untuk mempelajarinya.

Teknik sipil dalam perkembanganya terutama dalam pergantian generasi z menjadi generasi milenial sangat dibutuhkan peranannya untuk menunjang perkembangan masyarakat sekarang. Para insinyur teknik sipil dituntut untuk memberi solusi dan kebutuhan masyarakat akan hal baru, produk dan pelayanan yang baru pula.

10 Prospek Kerja Teknik Sipil, Peluang Generasi Milenial

Berikut adalah 10 Prospek Kerja Teknik Sipil yang potensial untuk Anda:

  1. Konsultan Pembangunan Konstruksi
  2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  4. Insinyur Pemeliharaan Bangunan
  5. Menjual Jasa Online
  6. Quality Controll
  7. Surveyor Pembangunan
  8. Kontaktor Pembangunan
  9. Insinyur Struktur Pembangunan
  10. Tenaga Pengajar / Dosen

Pambahasan fungsi dan tugas dari beberapa pekerjaan yang menjadi peluan anda sebagai seorang lulusan pendidikan teknik sipil.

1. Konsultan Pembangunan Konstruksi

Menjadi konsultan adalah salah satu pekerjaan yangsedang naik daun akhir-akhir ini. Konsultan memiliki peran yang sangat penting dalam penentuan dan pertimbangan sebelum mencapai kesepakatan final.

Menyediakan jasa konsultasi pembangunan konstruksi adalah peluang yang bisa anda ambil untuk pekerjaan teknik sipil. Mengingat keadaan pasar yang berubah, jasa konsultasi menjadi pekerjaan yang menarik sekaligus menyenangkan. Anda bisa memulai pekerjaan anda dari konsultasi perizinan pembangunan, rancangan desain, efektivitas bangunan dan fungsi bangunan itu sendiri.

Jasa konsultan ini bisa mngakomodir segala pembangunan. Mulai dari perumahan, layanan masyarakat, ruang publik, dan pembangunan yang lainnya.

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Siapa yang tidak tertarik menjadi seorang pegawai negeri sipil atau pekerja PNS? Hampir semua orang memeperebutkan jabatan PNS tersebut. Bahkan dalam seleksi calon PNS kemarin pun masih banyak yang mendaftar dan mencalonkan diri mereka.

Kabar baiknya, Insinyur teknik sipil belum mempunyai pekerja yang optimal, dan membuka lebar pintu pekerja PNS untuk dimasuki oleh para insinyur teknik sipil ini. Para insinyur teknik sipil ini dibutuhkan pemerintah untuk menjalankan pembangunan yang sedang gencar-gencarnya dilakukan pemerintah.

Insinyur teknik sipil dibutuhkan untuk menyimpulkan rancangan yang sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat. Menentukan rancangan dan model yang pas untuk diterapkan dalam pembangunannya oleh pemerinah untuk masyarakat luas.

3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Posisi ini kurang lebih sama dengan posisi adna ketika menjadi seorang insinyur teknik sipilyang bekerja sebgai pegawai negeri sipil. Perbedaannya jika anda bekerja dalam BUMN maka biasanya anda akan bekerja dengan tim dan komposisi jabatan yang lebih lengkap. Lebih terstrukur dari bagian anggota dan pembagian porsi kerja oleh para karyawan.

BUMN juga menjadi salah satu tonggak utama untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam kiprah mereka melakukan pembangunan. Jadi tidak ada salahnya ketika anda ingin bekerja di BUMN dan menjadi seorang insinyur teknik sipil yang sukses dan berdedikasi tinggi.

4. Insinyur Pemeliharaan Bangunan

Pembangunan yang sedang menjamur di banyak kota-kota besar, membuka lebar para lulusan teknik sipil untuk menjadi seorang insinyur pemeliharaan bangunan. Peluang ini sangat terbuka lebar dan memiliki tugas yang sangat penting dalam operasioan bangunan atau gedung itu sendiri.

Insinyur pemeliharaan bangunan dapat menangani permasalahan dan perawatan setiap gedung yang telah terbangun. Biasanya bangunan yang membutuhkan seorang insinyur pemelihara bangunan adalah bangunan atau gedung yang memiliki fungsi strategis. Seperti gedung perkantoran, fasilitas publik, tempat perbelanjaan, pabrik produksi, museum, dan gedung lainya yang biasanya memiliki banyak fasilitas dan memiliki volume yang besar.

5. Menjual Jasa Online

Online adalah suatu kata-kata yang menarik bagi para generasi milenial. Bahkan hampir semua pekerjaan tersedia versi online-nya sekarang. Salah satunya adalah pekerjaan bidang teknik sipil itu sendiri.

Mulai dari jasa konsultasi online, produk buku online, ebook online, perancangan gambar online, perencanaan fungsi dan tujuan semua dapat anda online-kan. Anda tinggal membangun sebuah website layanan anda dan mempromosikan layanan online tersebut.

6. Quality Controll

Meloloskan sebuah rancangan pelayanan dan produk atau bahkan menolah rancangantersebuta dalah tugas seorang quality controll. Apakah produk yang akan diluncurkan sesuai dengan standar kelayakan dan sesaui dengan permintaan pasar menjadi pekerjaan yang sangat penting untuk keberlangsungan proyek yang akan dijalankan oleh suatu perusahaan.

Quality controll atau checker biasanya suada memeiliki pengalaman dan ilu yang sangat mumpuni untuk mendapatkan jabatan ini. Namun jika anda mempunyai kompetensi yang baik, tidak ada slahnya jika anda melamar pekerjaan sebagi seorang quality controll insinyur teknik sipil.

7. Surveyor Pembangunan

Tugas seorang surveyor dalam proses pekerjaan pembangunan adalah memastikan bangunan yang akam merka bangun telah menaati peraturan undang-undang yang berlaku dan memenuhi standar yang telah ditetapkan. Surveyor juga memastikan kondisi lingkungan sekitar dan dampak yang tercipta dari proses pembangunan tersebut.

8. Kontaktor Pembangunan

KOntraktor adalah sebuah pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk anda pelajari. Kontraktor memliki kekuasaan untuk menjalankan sebuah pembangunan proyek yang tengah berjalan dan memastikan selesai sebelum tenggat waktu yang telah ditetapkan.

Sebagai seorang kontraktor, anda harus mempunyai relasai yang cukup luas untuk menunjang kebutuhan anda akan tenaga dan bahan yang dibutuhkan dalam pembangunan proyek.

9. Insinyur Struktur Pembangunan

Insinyur struktural mempunyai pekerjaan dan fungsi sebagi seorang yang memebuat rancangan dan desain awal sebuah proyek pembangunan. Ini sangat penting dilakukan sebelum sebuah bangunan didirikan. Insinyur struktural memastikan bangunan mempunyai komposisi yang tepat dan desain yang fungsional dalam efektivitasnya sebagai sebuah bangunan.

Menggabungkan matematika dan sains untuk menciptakan sebuah rancangan bangunan yang ideal. Mempunyai pondasi yang kokoh, tahan gempa, fungsional dan beberapa aspek yang lain yang menunjang kegiatan dalam bangunan tersebut.

10. Tenaga Pengajar / Dosen

Jika anda menyuaki kegiatan mengajar, menjadi dosen teknik sipil bisa menjadi pilihan terbaik anda. Menjadi seorang pengajar selain membagikan ilmu, bagi beberapa ornag mengajar adalah sebuah kebutuhan. Maka tak jarang orang yang ingin berbagi dan merasa bahagia atas apa yang mereka bagikan dan berguna bagi mereka.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *