ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Proses apa yang harus saya lakukan selagi muda?

2 min read

Pertanyaan umum Remaja kepada Orang yang lebih tua,Apa yang Anda sesalkan saya tidak melakukan proses “ini” pada saat muda. Tanyakan kepada orang tua kita atau setidaknya lebih tua dari kita entah siapapun itu, “Om apa yang membuat Anda menyesal dan berpikir kenapa pada saat muda dulu saya nggak melakukan “ini” sih?”. Pertanyaan itu sering terlintas di benak pada remaja, dan ketika saya menanyakan tersebut kepada para orang dewasa saya sering mendapatkan jawaban “Belajarlah”.

sumber pixabay.com

Dalam beberapa jawaban saya seringkali mendapat jawaban yang berbeda menurut pandangan hidup dan gaya mereka sendiri-sendiri. Tapi poin yang saya dapatkan dari jawaban mereka adalah kia harus menjalani hidup dengan penuh kepercayaan dan perasaan bahagia/ nyaman oleh keadaan apapun. Dalam beberapa sub-poin maka saya akan menuliskan beberapa jawaban mereka sebagai berikut :

1. Belajarlah dari pengalamanmu sendiri maupun orang lain

Pengalaman adalah segalanya untuk mengetahui dan bahkan menguasai segala hal. Tanpa pengalaman maka kita tidak akan mengetahui cara terbaik melakukan sesuatu. Namun karena kita tidak akan melulu menemui suatu masalah lalu memecahkannya sendiri unuk mendapatkan pengalaman, maka kitaharus terbuka dan mau belajar dari pengalaman orang lain. Pengalaman orang lain juga tak kalah penting dan berguna untuk kehidupan kita. Bahkan dengan pengalaman orang lain kita tak perlu repot-repot untuk mengalami sesuatu (masalah/cobaan) untuk mendapat pengalaman. Namun kita juga perlu cermat untuk menilai bahwa pengalaman tersebut adalah satu pengalaman yang arif atau justru menyesatkan pemikiran kita. Kuncinya adalah agar kita selalu memiliki pemikiran yang terbuka dan mau menerima masukan dari orang lain. Ingat menerima bukan berarti menggunakan.

2. Menghargai proses

Orang sukses tidak hanya dengan semalam. Hargailah setiap proses yang kamu jalani. Pernah saya tidak yakin dengan proses saya, sebenarnya saya sekarang jadi seperti ini pengaruh dari proses yang selama ini saya jalani nggak sih? Karena memang saati ini bisa dibilang berada pada posisi 180 derajat berbeda dengan bayangan saya yang dulu. Namun setelah dipikir-pikir proses tersebutlah yang mengirmkan ke posisi yang saat ini. Juga selalu ingatlah bahwa proses bukan selalu berada diatas saja, namun proses adalah bagaimana kita akan meliha perputaran waktu dan tempat.

baca juga Cara melatih pemikiran untuk pengembangan diri

3. Kejarlah tujuan hidupmu

Sebenarnya orang t idak bisa menggapai cita-cita atau tujuan hidup mereka adalah karena kita memang tidak benar-benar ingin mengejarnya. Namun apabila kita mau benar-benar berusaha untuk menggapainya maka akan ada saja jalan untuk mencapainya, entah jalan itu buruk dan terjal maupun lurus dan mulus bak jalan tol antar provinsi. Karena kalau kita sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan atau cita-cita kita, maka saat kita dalam titik jenuh sekalipun kita akan segera bangkit dan membentuk tujuan dan cita-cita yang baru dan realistis. Cita-cita bukanlah tunggal tetapi kolektif dan bisa dikumpulkan.

4. Ingat Orang-orang yang berjasa dalam hidupmu

Kita bukanlah siapa-siapa tanpa jasa dan rasa oleh orang-orang disekitar kita. Kedua orang tua, Kakak,Adik, Guru, Teman atau siapapun yang kalian rasa mereka adalah orang-orang yang berjasa dalam hidup kita, maka jagalah hubungan baik tersebut. Banyak jasa mereka tidak diminta dengan nominal materi tapi dengan hubungan dan perasaan yang terhubung oleh mereka.

5. Jangan terjebak oleh masa lalu

Masa lalu adalah bagian proses dalam hidup kita. Namun beberapa orang akan terjebak oleh masa lalu mereka. Baik masa lalu yang indah maupun yang sangat buruk sekalipun. Kita hidup dimasa sekarang dan itu tergantung oleh pemikiran kita tentang penyelesaian oleh masalah dalam masa lalu kita.Jika kita terus terjebak dalam masa lalu kita maka kita hanya akan mengikuti alur yang mengalir saja tanpa ada perlawanan dan pemikiran oleh sudut pandang yang baru. Proses adalah tentang bangun dan tidur bukan melayang mengikuti angin. Proses adalak memetik buah pelajaran bukan mengambil buah busuk berjatuhan.
Kita simpulkan bahwa selagi masih muda maka berusahalah sekuat dan sebaik-baiknya yang bisa kita lakukan. Batasan adalah hasil dari pemikiran kita, jika kita ,membuat batasan yang lebih jauh dan tinggi maka air yang kita tampung akan lebih banyak. Kita sendiri yang mendesain pola hisup kita, selama kita berada dalam pemikiran yang psositif maka segala masalah dan rintangan akan semakin seru untuk ditaklukan.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!