ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Personal Branding

3 min read

Personal Branding

Personal branding adalah suatu cara yang dilakukan dengan sedemikian rupa untuk menambah nilai dan kualitas yang ada pada diri kita sendiri. Personal branding atau citra diri sangat diperlukan setiap orang untuk memudahkan aktivitas mereka sehari-hari.

Personal branding adalah nilai tambah yang bisa kita sediakan atau kita akomodasi untuk ada pada dalam tubuh dan menyajikannya pada orang lain. Biasanya citra yang baik sangat dibutuhkan pada kegiatan yang membutuhkan nilai kepercayaan atau trust pada kegiatan tersebut.

Dengan memilki personal brand atau citra diri yang kuat, maka otomatis kolega dan orang disekitar kita akan menaruh kepercayaan dan tidak ragu dengan kualitas yang anda miliki.

Biasanya personal brand akan sangat berpengaruh pada orang yang bekerja apda kegiatan sosial, seperti : jual-beli, pelayanan, penyedia jasa, dan kegiatan lain yang membutuhkan nilai dan kualitas objektif didalamnya.

Berikut 6+ Cara Membangun dan Menambah Nilai Personal Branding Agar Sempurna :

1. Memperbaiki Kepribadian dan Tingkah Laku

Personal Branding

Cara pertama dan yang paling banyak berpengaruh untuk menambah nilai dan meningkatkan kualitas hidup anda adalah memperbaiki kepribadian dan tingkah laku Anda sendiri. Tentu menjadi pribadi yang baik untuk setiap orang memiliki tingkat yang berbeda-beda penilaiannya.

Orang yang baik tidak memiliki standar khusus agar bisa dikatakan menjadi orang dengan pribadi yang baik. Jika dirasa kita sendiri telah merasa menjadi manusia yang baik, maka kita rasa cukup untuk hari ini dan tingkatkan lagi esok hari.

Kita menjadi manusia berarti menjadi makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan manusia yang lainnya. Maka menjadi pribadi yang baik, dengan tingkah laku yang baik maka akan menjadi cukup untuk kita terjun dalam masyarakat.

Tingkah laku yang baik, biasanya dapat diukur dengan mudah dengan norma dan peraturan sosial yan berlaku ditempat wilayah kita hidup. Selama kita tidak melanggar norma yang berlaku, maka kita juga telah menjadi cukup untuk laak hidup di lingkungan sosial tersebut.

2. Personal Branding Bukan Selalu Tentang Jualan

Personal Branding

Jika kalian selalu berpikir personal branding adalah jualan dan profit, maka Anda harus sedikit meluruskan tujuan dan arah sosial Anda. Dengan menjadikan orientasi branding yang Anda lakukan pada penjualan, maka kalian akan lupa interaksi yang seharusnya terkandung dalam proses membangun personal brand kalian.

Memang pada akhirnya tujuan dari membangun personal branding adalah untuk meningkatkan profit atau pendapatan atau timbal balik, namun kalian juga perlu untuk memperhatikan kenyamanan interaksi sosial yang terjadi dengan audience kalian.

Tentu audience atau kolega kalian akan sangat muak dan bosan ketika ingin berinteraksi dengan Anda , yang mereka dapatkan hanyalah setumpuk promosi dan segumpal bualan manis yang Anda utarakan.

Bahkan mereka akan tersinggung, jika kalian secara terang-terangan memposisikan mereka sebagai target penjualan dan pangsa pasar. Pada intinya adalah untuk dapat membangun personal brand kalian perlu untuk menambah kualitas dan konten yang akan Anda berikan kepada audience kalian. Buatlah itu sebaik mungkin dan setidak kelihatan mungkin bahwa itu adalah transaksi, buatlah itu menjadi kerjasama yang saling menguntungkan untuk semua pihak yang mengambil tanggung jawab didalamnya.

3. Personal Branding adalah Perbaiki Komunikasi Bukan Tinggalkan Komunikasi

Personal Branding

Jika terjadi ketimpangan data atau nilai komunikasi yang salah, maka kita harus berusaha memperbaikinya. Menjelaskan dari awal dengan detail dan jelas sehingga kesalahpahaman atau perbedaan pendapat bisa diakomodasi oleh kedua belah pihak.

Meninggalkan komunikasi jika ada masalah maka itu adalah tindakan buruk yang bisa kapan saja menumbangkan Anda. Komunikasi adalah jalan terbaik untuk mencapai kesepakatan. Bahkan jika itu adalah kesepakatan tentang kontrak yang memilki nilai dan harga tinggi, atau hanya kesepakatan pendapat yang dapat memuaskan pemikiran satu sama lain.

4. Menjadi yang Dicari dan Dibutuhkan

Personal Branding

Untuk menjadi orang yang dicari dan dibutuhkan, maka Anda harus mampu menyediakan dan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh para audience Anda.

Anda tidak perlu bisa menjawab semua pertanyaan atau memberikan semua hal yang mereka minta, namun cukup kalian memberikan apa yang seharusnya kalian keluarkan. Misalnya, jika personal branding Anda berorientasi pada produk, maka kebutuhan audiens Anda pada jasa tidak wajib utnuk kalian sediakan.

Mungkin akan cukup bijaksana jika kalian mampu menyediakan dengan cara yang mungkin saja tidak membebani diri kalian sendiri. Misalnya dengan menjembatani orang lain yang bekerja dalam bidang tersebut dan mempertemukan mereka kepada auidens Anda.

5. Cukup Penting untuk Memperhatikan Penampilan Anda

Jika kalian menjadi sangat idealis bahwa penampilan itu nggak penting, yang penting adalah hasilnya. Mungkin itu untuk sekelas warrent buffet, mark zuckerberg, bob sadino, jika kalian ya harus berpenampilan baik, setidaknya cukup dan good looking.

Personal Branding

Penampilan memang bukanlah hal yang paling penting dan paling utama untuk kalian akomodasi. Namun dengan berpenampilan yang baik, dan sesuai dengan kebutuhan maka hal tersebut akan menambah kepercayaan audiens pada kapasitas Anda. Tidak perlu unutk menjadi perfeksiones, namun hanya perlu untuk menjadi cukup dan pantas.

6. Perbaiki dan Kembangkan Apa yang Telah Ada Dalam Diri Anda

Personal Branding

Tidak perlu untuk menjadi manusia yang serba bisa dan serba menyediakan. Ingat kalian bukanlah toko kelontong. Maka lakukan apa yang bisa kalian lakukan dan evaluasi selanjutnya.

Jika cara Anda terlalu kuno dan konservatif, berarti kalian harus menemukan cara baru yang lebih modern dan lebih mudah diterima oleh masyarakat pada umumnya.

Jangan menjadi kaku untuk tidak mau menjadi fleksibel menghadapi perkembangan zaman. Jadilah penemu dan pembuat inovasi baru yang akan mengangkat dan mendekatkan kalian pada kesuksesan.

7. Maksimalkan Semua Media untuk Personal Branding

Personal Branding

Kemarin zamannya media cetak yang kita ikut bikin brosur, sekarang lagi tren media online yang kita ikut bikin akun instagram dan channel youtube. Memang tidak semudah apa yang kita bicarakan saat ini, namun itu juga tidak semudah Anda unutk mengumpulakan segala opini yang menolak inovasi dan perkembangan zaman.

Beberapa kali pengusaha sukses mengatakan, bisnis yang sukses bukanlah bisnis yang mempunyai kualitas paling baik atau memiliki pangsa pasar yang paling luas. Namun bisnis yang akan sukses adalah bisnis yang mau dan bersedia untuk beradaptasi.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Gaya Kepemimpinan

ronisafaat
3 min read

Perusahaan Manufaktur

ronisafaat
3 min read

Ciri Pemimpin Yang Baik

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *