ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Penuhi Kebutuhan Sayuran Anda Sendiri !!! Menanam Tanaman Organik

1 min read

menanam tanaman sayuran organik

menanam tanaman sayuran organikApakah anda adalah seorang yang suka dengan sayuran? Tahukah anda tanaman sauyran organik? Tidak dipungkiri setiap orang atau keluarga memiliki kebutuhan akan tanaman sayuran dalam keberlangsungan hidupnya. Sayuran organik adalah sayuran yang di tanam tanpa menggunakan pestisida atau obat kimia lainnya. Menanam tanaman sayuran sendiri dapat menjadi solusi untuk hidup yang lebih sehat dan hemat. Setidaknya anda telah memenuhi walau hanya untuk skala kecil keluarga anda sendiri.

Tanaman sayuran organik adalah asupan yang bagus untuk tubuh anda. Sayuran organik juga mempunyai nilai jual yang tinggi dan banyak juga peminatnya. Tapi anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli sayuran organik untuk keluarga anda. Anda bisa menanam di kebun atau pekarangan rumah anda sendiri dengan cara berikut :

1. Siapkan Media Tanam

Media tanam merupakan salah satu faktor penting yang sangat menentukan dalam kegiatan bercocok tanam. Media tanam akan menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman yang pada akhirnya mempengaruhi hasil produksi. Jenis-jenis media tanam sangat banyak dan beragam. Apalagi dengan berkembangnya berbagai metode bercocok tanam, seperti hidroponik dan aeroponik.

Siapkan juga kompos dan pupuk organik untuk merawat media tanam anda dalam keadaan subur. Sehingga akan menghasilkan tanaman sayuran yang berkualitas tinggi dan sehat.

2. Memilih Bibit Unggul

Dapatkan bibit sayuran anda di toko pertanian yang bagus reputasinya. Tanyakan pada mereka tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing varietas. Tanyakan juga siklus panen dan cara perawatan tanaman sayuran yang anda pilih. Biasanya mereka dengan senang hati akan menjelaskan dan memberi anda tips-tips perwatan tanaman anda.

Pilihla jenis tanaman sayuran yang cocok dengan luas lahan anda. Jika lahan anda mungkin terlalu sempit anda bisa menanam tanaman sayuran yang berukuran lebih kecil. Seperti tanaman sawi, wortel, bawang, atau yang lain yang sejenis. Namun jika anda memliki lahan yang lebih luas anda bisa memilih menanam tanaman sayuran tomat, cabai atau terong. Sesuaikan juga dengan kebutuhan anda, akan percuma ketika anda menanam terongtetapi anda sekeluarga tidak menyukai sayuran terong.

3. Menanam tanaman pendamping di kebun Anda

Dialam bebas, tanaman berdampingan dengan begitu baik dan subur. Tentu anda dapat memilih tanaman pendamping yang mungkin bisa mengoptimalkan lahan anda. Misalnya jika anda menanam sayuran cabe anda bisa menyisipkan tanaman sawi di antara mereka untuk mengisi jarak yang optimal.

Perhitungkan juga jangka panen dari masing-msing dalam menanam tanaman sayuran anda. Sawi akan panen ketika pohon cabe belum terlalu tinggi, sehingga tingkat cahay yang dibutuhkan tanaman sawi tercukupi dengan baik. Namun ketika jangka panen sawi terlalu lama dan tanaman cabe sudah tinggi, maka bisa disimpulkan anda mebuang-buang waktu dengan anaman sawi anda.

Baca juga : Tips dan Trik Membuka Warung Kopi (Coffee Shop)

4. Ketahui Faktor Angin dan Air

Apakah daerah anda adalah tempat yang memiliki angin kencang? Jika Anda tinggal di daerah berangin, pertimbangkan untuk mencoba memposisikan kebun Anda di tempat yang memiliki pagar tanaman, dinding, atau struktur lain di dekatnya untuk mengurangi efek angin kencang.

Anda tentu tidak ingin kesulitan menyirami tanaman sayuran Anda. Maka pikirkanlah untuk mendapatkan suplai air semudah mungkin. Anda bisa menggunakan limbah air rumah tangga anda, dengan mengalirkan ke kebuna anda misalnya.

5. Rotasi Menanam Tanaman Sayuran yang Bervariasi

Anda akan bosan jika hanya menanam satu jenis sayuran dikebun anda. Buatlah variasi tanaman setalh proses panen berlangsung. Mungkin setelah anda menanan cabe anda bisa menanan  tomat, sehingga sampah dari phon cabe bisa anda olah menjadi pupuk organik. Anda juga mencoba varietas-varietas baru misalkan buah merambat seperti semangkan atau tanaman buah mentimun bahkan melon.

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *