ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia, Bikin Gojek – Jualan Ikan

5 min read

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia,

Beberapa pengusaha sukses terkenal di dunia beberapa mereka sukses di usia muda, memulai dari nol perusahaan yang mereka bangun sendiri. Mulai menjadi seorang pengusaha sukses dari bisnis properti, ritel, jasa, keuangan, internet, media, teknologi dan banyak bidang lagi yang bahkan tidak umum untuk dilakukan, seperti yang di lakukan seorang pengusaha sukses dan masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia yaitu steve job’s yang mendirikan Space-X untuk membuat pesawat luar angkasa.

Sipapun pasti menginginkan kesuksesan dalam setiap karir dan pekerjaan yang anda lakukan tentunya. Menjadi pengusaha sukses bisa anda dapatkan bahkan di usia muda, tentunya dengan kerja keras dan semangat juang anda yang tinggi. Menjadi seorang pengusaha sukses dari skala nasional di Indonesia dan menjadi orang terkaya bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Begitu panjang proses yang harus dilewati sebelum kesuksesan datang menghampiri anda.

Di Indonesia terdapat banyak sekali contoh kesuksesan beberapa toko yang bisa menjadi inspirasi utnuk anda. Pengusaha sukses di indonesia dalam biografi di bawah ini bahkan ada yang hanya menempuh pendidikan setingkat SMA. Jadi kesuksesan bukanlah datang pada orang yang memiliki gelar ( walaupun dalam beberapa kesempatan itu akan berguna dan sangat membantu keadaan anda), namun kesuksesan datang pada orang yang mau bekerja lebih keras, berpikir lebih keras, mencoba lagi lebih keras, dan tidak membuang kesempatan.

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia,

Berikut 10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia :

1. Susi Pujiastuti : Seorang pengusaha sukses dan Menteri pahlawan kelautan di Indonesi

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Susi lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965. Pendiri PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan maskapai penerbangan perintis Susi Air. Seorang Menteri Kelautan dan Perikanan masa jabatan 2015-2019.

Susi pudjiastuti adalah seorang pengusaha sukses di bidang perikanan dan maskapai penerbangan . Namanya semakin mencuat setelah ia di angkat menjadi seorang menteri perikanan dan kelautan oleh kabinet menteri presiden Joko Wiodo.

Susi memulai bisnis perikanan dari menjadi seorang penebas ikan di pasar pelelangan dan menjualnya lagi ke restoran-restoran disekitarnya. Hingga pada akhirnya susi mampu menguasai bursa pasar pelelangan ikan di tempatnya pangandaran, dan mulai melebarkan sayap bisnisnya.

Ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang menghasilkan produk lobster dengan merk Susi brand dan memulai usaha pengangkutan barang pada saat ia merasa kesusahan untuk mengangkut produk yang mereka hasilkan. Susi memulai usah penerbangan perintis dengan angkutan barang dan mulai memasarkan jasa yang ia tawarkan karena cukup banya peminat pengangkutan barang dari maskapai yang kemudian ia beri nama Susi Air.

2. Bob Sadino : Sang perintis usaha agribisnis di Indonesia

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Bambang Mustari Sadino atau yang akrab kita panggil Bob sadino lahir di Lampung, 9 Maret 1939. Mengalami jatuh bangun pada proses usaha yang ia jalani sebelum menjadi pengusaha sukses dibidang agribisnis yang telah berdiri saat ini.

Bob Sadino mengawali karirnya menjadi seorang pengusaha setelah memutuskan untuk berhenti bekerja menjadi seorang pegawai menjadi seorang pengusaha penyewaan mobil, sekaligus sang sopir dari satu-satunya mobil yang ia sewakan tersebut. Naasnya ia mengalami musibah kecelakaan dari mobil penyewaan yang dimilikinya ini sehingga usahanya tutup. Tak patah semangat ia beralih profesi menjadi seorang pekerja bangunan untuk menyambung hidupnya.

Saat menjadi seorang pekerja bangunan inilah ia mendapatkan ide untuk menjadi pengusaha di bidang peternakan ayam dan telur ayam negeri. Bermodalkan dari uang pinjaman tetangga , Bob sadino menjalankan usaha ternak ayam dan produk telurnya untuk di jajakan kepada warga sekitar yang tinggal di daerahnya.

Hingga pada akhirnya ia mendirikan toko supermarket Kem-Chicks, yang menjual segala jenis produk peternakan dan pertanian terlengkap di Indonesia.

3. Nadiem Makarim : Pengusaha sukses generasi muda di Indonesia

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Siapa yang tak tahu Gojek sekarang ini. Dibalik tumbuh dan suksesnya Gojek dalah seorang founder yaitu Nadiem Makarim. Ia lahir di Singapura,4 Juli 1984. Namun ia adalh seorang yang berkebangsaan Indonesia yang ia peroleh dari status warga kenegaraan Indoneisa ayahnya Nono Anwar Makarim.

Nadiem mulai merintis Gojek pada tahun 2011 yang menawarkan jasa transportasi dengan teknologi daring atau layanan inernet. Boleh dikatakan nadiem adalah salah satu orang paling berpengaruh dibidang pengetahuan teknologi msayrakat di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan Gojek, bapak-bapak (belakangan ada yang ibu-ibu pula ) tukang ojek yang dahulu tidak mengerti apapun tentang internet sekarang telah dapat menggunakan smartphone dengan lancar.

Gojek sekarang sudah menjadi suatu kebutuhan, tertama di kota-kota besar dengan tingkat pekerjaan dan kebutuhan bisnis yang tinggi dan gojek menawarkan segala solusi yang di tawarkan. Lebih sukses lagi, gojek melebarkan sayapnya yang pada mulanya hanya pada jasa transportasi orang, sekarang menjadi jasa pengiriman barang, makanan, kebersihan dan bahkan sampai ke jasa salon dan kecantikan. Tak kalah membanggakan gojek juga mulai eksapansi ke negara tetangga yaitu Vietnam dan Singapura yang ia luncurkan beberpa waktu yang lalu.

4. Ferry Unardi Traveloka

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Ferry Unardi lahir di Padang pada 16 JAnuari 1988. Ferry sudah menyukai dunia teknik informatika sejak ia remaja, dan pernah bekerja di Microsoft selama beberapa tahun.

Segalanya berawal kerumitan yang dirasakannya ketika memesan tiket pesawat dari Boston ke Ke Seattle dan ke Padang. Ferry mengalami kesulitan memesan tiket pesawat yang akan ia tempuh rutenya.

Di saat itulah,mendapatkan ide untuk mendirikan Traveloka . Untuk menjawab permasalahan yang ia alami dan banyak orang alami sehingga mengganggu perencanaan perjalanan liburan dan bisnis mereka.

Dari tim kecil, Traveloka menjelma menjadi perusahaan yang berhasil mendapat investor dana dari East Ventures dan menjadi salah satu e-commerce travel yang terkemuka di Indonesia dan bahkan Asia.

5. Achmad Zaky CEO Bukalapak

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Ahmad zaky lahir di Sragen pada 24 Agustus 1986. Seorang pengusaha smuda yang sukse asal Indonesia yang bergerak dibidang internet. Zaky merupakan pendiri sekaligus CEO dari situs e-commerce Bukalapak.com, sebuah perusahaan E-Commerce Indonesia berbasis marketplace C2C yang berfokus pada pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Proses pendirian Bukalapak juga tidak seindah tanpa tantangan yang berat. Tantangan terberat menruut Zaky adalah mengajak pedagang untuk bergabung pada situs bukapalak nya. Karena pada saat itu, kepercayaan masyarakat atas jual beli online masih sangat kecil.

Berawal dari tim kecil yang terdiri dari 3 orang (1 orang staf, 1 orang untuk bantu-bantu, dan Zaky sendiri), kini Bukalapak menjadi salah satu e-commerce paling sukses di Indonesia yang transaksi perharinya bisa mencapai 500 juta rupiah.

6. William Tanuwijaya – Tokopedia

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

William Tanuwijaya dilahirkan di Pematang Siantar pada tanggal 18 November 1981. Merupakan seorang pengusaha Indonesia yang juga merupakan pendiri Tokopedia, salah satu perintis platform jual beli online di Indonesia.

Dalam tahun pertama peluncuran tokopedia sebagai platform situs jual beli online, saat itu pula tokopedi memperoleh pendanaan investor. Tak butuh waktu lama untuk tokopedia menajdi salah satu marketplace terbaik di Indonesia dengan meraih catatan penjualan yang fantastis dan mempunyai pengguna yang lebih banyak dalam kurun waktu yang sama.

7. Gibran Rakabuming Usaha Catering dan Wedding Organizer

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Gibran Rakabuming lahir di Solos pada 1 Oktober 1987. Terlepas dari sosok ayahnya yang menjabat menajdi seorang Presiden Republik Indonesia, Gibran memulai bisnis catering dengan tanpa campur tangan dari sosok ayanhya. Bahkan meninggalkan usaha keluarganya yaitu usaha mebel yang telah dirintis oleh keluarnganya.

Ia memulai usahanya dari uang pinjaman bank untuk modal usahanya tersebut. Dengan segala inovasi dan pelayanan terbaik yang ida berikan. Usaha catering dan wedding organizer yang ia jalankan mendapat kesuksesan dan terus tumbuh berkembang.

8. Johnny Andrean – Johnny Andrean Salon, J.CO, Bread Talk

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Bisnis awal yang digeluti Johnny Andrean adalah salon. Salon itu dibuat pertama kali pada tahun 1980-an di bagian pojok ujung Jakarta Utara. Usaha salon dipilihnya karena bekal skill yang diajarkan oleh ibunya sendiri pada waktu itu.

Setelah Johnny Andrean Salon sukses berjalan, Ia membuka franchise di bidang kuliner yaitu BreadTalk. Perusahaan roti asal Singapura tersebut dipilihnya karena rasa dan peminat yang tinggi, sehingga BreadTalk berhasil menjadi primadona roti Indonesia.

Usaha waralaba tersebut dimulai bulan Maret 2003 pada gerai pertama di Mall Kelapa Gading, Jakarta.

Belajar dari bisnis waralaba BreadTalk, Johnny Andrean merasa ingin mengembangkan bisnisnya sendiri di bidang kuliner. Namun, berbeda dengan BreadTalk yang dibeli dari perusahaan lain, J.CO Donuts & Coffee benar-benar asli adari hasil rintisannya.

9. Ni Luh Ary Pertami Djelantik 

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Ni Luh Ary Pertami Djelantik adalah seorang pengusaha sukses dengan produk sepatu yang telah dikenal di berbagai penjuru dunia. Perempuan asal Bali satu ini telah memiliki nama yang cukup baik di industri fashion dunia.

Label Niluh Djelantik yang dia ciptakan sejak tahun 2003 kini sudah populer dimanapun keberadaannya. Ide bisnis Niluh berawal dari kecintaannya kepada sepatu dan siapa sangka, kecintaannya pada sepatu ini mengantarkannya menjadi pengusaha yang meraih kesuksesan.

Awalnya Niluh bekerja sama dengan seorang temannya untuk menggarap label Djelantik. Niluh bertugas mendesain dan memproduksi sepatu, sementara rekannya tersebut bertugas memasarkan [roduknya. Pertama kali dirilis, ternyata sepatu Djelantik langsung laris di pasar Eropa.

Akan tetapi merk Djelantik sering mendapat masalah pada saat rekan bisnis dari luar negeri mematenkan merk Nilou. Meski begitu, Niluh tidak patah semangat. Tahun 2008, Djelantik kembali ke pasaran dengan nama barunya Niluh Djelantik dan sukses hingga sekarang

10. Yasa Singgih : Hypebeast dengan Mens Republic

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Terlahir dari keluarga yang sederhana, anak kelahiran 1995 ini memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak usia belia. Sejak berusia 15 tahun, setelah ayahnya terkena serangan jantung dan harus dioperasi, ia harus memulai mencari uang sendiri dengan menjadi pembawa acara di berbagai acara ulang tahun dan musik.

Selain itu, masih di usia yang sama, ia mulai berbisnis online dengan menjual lampu hias, namun tidak bertahan lama karena persoalan pemasok produknya. Setahun kemudian, di usia 16 tahun, Yasa beralih ke bisnis pakaian mode.

Sempat jatuh bangun dan diremehkan orang, hingga rugi ratusan juta rupiah dari berbagai bisnis, sebelum akhirnya ia berhasil membangun brand pakaian sendiri dengan mengusung nama merek Mens Republic. Selain itu, ia juga mengelola usaha konsultasi manajemen bernama MS Consulting dan terjun di bidang properti kompleks perumahan dalam bentuk kavling tanah di Bogor.

6. Nicholas Kurniawan

10+ Biografi Pengusaha Sukses di Indonesia

Nama Nicholas Kurniawan mungkin belum terlalu familiar di telinga Anda, namun saat ini di usianya yang masih sangat belia, yakni 20 tahun. Ia sudah sukses menjadi eksportir ikan hias termuda di Indonesia. Semua berawal dari kondisi keluarganya yang terpuruk dan terlilit utang, dan Nicholas pun berniat untuk mengubah nasib dirinya dan keluarganya. 

Sempat mencoba berbagai bisnis mulai dari asuransi, makanan, MLM, dan mainan, jatuh bangun dan bahkan sempat tidak naik kelas saat kelas 2 SMA. Ia mulai bangkit kembali dan mencoba peruntungannya dengan menjual ikan hias secara online melalui situs Kaskus. Meski sempat beberapa kali ditipu oleh calon pembeli, bisnis ikan hias Nicholas kini sudah menjangkau luar negeri dan dalam sebulan omzetnya telah mencapai lebih dari Rp100 juta.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *