ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pengertian dan Tugas Marketing Communication

3 min read

Tugas Marketing Communication

Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran) adalah suatu bidang dalam komunikasi yang bertugas menjalankan strategi komunikasi dalam mengkomunikasikan suatu produk atau layanan, perusahaan atau organisasi, atau individu. Marketing communication (Marcomm) juga bertanggung jawab atas berjalannya bisnis suatu perusahaan atau individu. Lalu Apakah yang dimaksud degan pengertian dan tugas yang diembang seorang marcomm?

Pengertian dan Tugas Marketing Communication sangatlah kompleks dan meliputi banyak hal. Terutama dalam bidang komunikasi perusahaan, baik itu komunikasi antar organisasi, karyawan, atau komnikasi penjualan produk dan layanan terhadap konsumen.

A. Pengertian Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran)

Marketing communication adalah kalimat yang terususun dari dua kata bahasa Inggris (Marketing : Pemasaran) dan (Communication : Komunikasi). Pengertian komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan suatu perusahaan atau individu untuk menginformasikan, membujuk, dan menanamkan ingatan (secara langsung atau tidak langsung) kepada konsumen atas produk dan layanan yang mereka bangun.

Komunikasi pemasaran memiliki tugas untuk mempresentasikan, membangun merek dan nilai jual perusahaan kepada konsumen. Menjaga komunikasi dan dialog untuk menciptakan hubungan baik dan mendapatkan kepercayaan publik atas produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Tugas Marketing Communication

B. Tugas Marketing Communication

Seorang marketing communication (marcomm) memliki tugas dan fungsi sebagai berikut :

1. Membuat dan Menjalankan Iklan

Iklan adalah suatu hal yang berpengaruh besar atas penjualan produk atau layanan perusahaan. Walaupun iklan biasannya sudah tersusun dan mempunyai anggaran yang jelas bahkan sebelum produknya muncul, menggunakan dan menemuka metode iklan yang paling tepat cukup sulit untuk ditentukan.

Untuk itu seorang marcomm memliki tugas penting membuat iklan dan menjalankan iklan untuk menunjang penjualan yang stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Marcomm harus mengerti pangsa pasar dan target pasar dari produk yang akan di perjual belikan. Sehingga iklan yang akan dikomunkasikan kepada publik langsung tepat sasaran dan menjadi konsumen yang tertarget.

2. Membuat Promosi

Beda iklan dengan promosi adalah jangka waktu dan target pemasaran untuk konsumen. Biasanya promosi hanya akan dikeluarkan untuk menarik konsumen dalam jangka yang pendek dan relatif singkat pengkomunikasiaannya.

Promosi biasa dilakukan pada saat moment-moment yang akan dekat berdatangan. Seperti promosi hari lebaran Idul Fitri, hari Natal, tahun baru dan lain sebagainya. Promosi bisa juga dilakukan ketika perusahaan sedang mengalami penurunan penjualan atau stok gudang yang menumpuk. Membuat promosi diwaktu yang tepat juga merupakan kunci keberhasilan penjualan perusahaan.

3. Marketing Communication Harus Memahami Kebutuhan Pasar

Serorang marcomm harus bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen mereka. Seperti mungkin saatnya menambah varian produk, menambah skala produksi, menambahkan fasilitas, atau memodifikasi ulang produk atau layanan perusahaan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen.

Memahami kebutuhan pasar atau konsumen adalah hal yang paling bagus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan penjualan produk atau layanan perusahaan. Memastikan konsumen puas dengan pelayanan dan memasrikan pula mereka datang kembali untuk menggunakan produk dan jasa perusahaan.

4. Membangun Merek

Mengkomunikasikan profil perusahaan kepada klien dan konsumen untuk mendapatkan empati dan kepercayaan mereka kepada perusahaan kita. Membangun merek sangat berpengaruh dalam perjalanan perusahaan, ketika merek perusahaan telah terbanun dan mendapatkan kepercayaan publik, maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk melakuka penjualan maupun mendapatkan investasi modal atau saham kepada publik.

Marcomm harus memastikan publik atau target pasar perusahaan terjangkau atas iklan dan promosi yang dilakukan sehingga mereka akan ingat dan memahami profil perusahaan yang sednag kita bangun.

5. Menganalis Produk atau Layanan Perusahaan

Jika perusahaan telah menentukan apak yang akan di produksi untuk di pasarkan kepada masyarakat atau konsumen, maka sebagai seorang marcomm anda harus bisa menganalisa produk yang telah dikeluarkan. Membuat laporan produk apakah telah sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar sehingga penjualan produk akan maksimal.

Menganalisa juga bisa berujung pada pengurangan (menghapus), menambah, atau mengubah produk sebelumnya. marcomm aka memeberikan pertimbangan produk atau layanan yang ideal untuk dipasarkan sehingga lebih menguntungkan perusahaan maupun pihak yang lain.

6. Menjaga Hubungan Baik

Sebagai seorang marketing communication Anda dituntut untuk bisa membangun hubungan baik terhadap semua pihak yang bersinggungan langsung maupun tidak langsung terhadap perkembangan perusahaan. Setelah hubungan baik tersebut terbangun, marcom harus selalu menjaga hubungan baik yang telah tercipta tersebut.

Membuat komunikasi dan mungkin beberapa forum bersama unutk menjaga interaksi satu sama lain. Selain menjaga hubungan baik, marcomm juga akan sering berinteraksi dengan klien dan konsumen. Sehingga ini mengharuskan seorang marcomm untuk panda dalam berinteraksi sosial dan komunikasi yang menarik.

Syarat dan Kriteria Menjadi Seorang Marcomm

Untuk menjadi seorang marketing communication Anda dituntut untuk memiliki beberapa keahlian berikut ini :

  1. Komunikasi yang Bagus, tentu komunikasi menjadi penentu dalam kegiatan pekerjaan ini. Anda dituntut untuk memiliki komunikasi yang bagus, sehingga kita dapat mengerti apa yang akan dibicarakan untuk tujuan pemasaran Anda.
  2. Kejelasan Berbicara, walaupun tidak semua menuntut untuk hal ini. Namun dengan tingkat kejelasan berbicara kita yang bagus, akan membuat kegiatan marketing communication Anda lebih baik dalam penyampaiannya.
  3. Berpikir Cepat, segera menemukan solusi dan ide untuk menghadapi segala keadaan komunikasi pemasaran yang sedang dijalankan. Memiliki pemikiran yang cepat akan berpengaruh besar terhadap pemecahan masalah dan pengambilan kemungkinan yang lebih baik.
  4. Softskill yang bagus, Softsklill adalah kemampuan khusus seorang marcomm untuk mengatasi permasalahan yang muncul. Memperbaiki kekacauan dan memodifikasi tujuan atau produk dan layanan perusahaan seiring berjalannya waktu.

Tujuan Marketing Communication

  • Membangun kesadaran merek perusahaan
  • Meningkatkan penjualan atau pemasaran
  • Scale up atau memperbesar jaringan perusahaan/ individu
  • Memfasilitasi kebutuhan pasar oleh konsumen
  • Bahan pertimbangan riset dan analisa melalui laporan
  • Menambah brand awarness oleh masyrakat
  • Menunjang tercapainya visi dan misi perusahaan

Itulah beberapa ulasan mengenai marketing communication, semoga berguna bagi kalian yang ingin mendalami bidang komunikasi pemasaran ini.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Freelance Adalah

ronisafaat
2 min read

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *