ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pengertian Pemimpin adalah : Pemimpin yang Baik

6 min read

√ Pengertian Pemimpin adalah : 8+ Tugas Pemimpin yang Baik

Pemimpin adalah seorang yang memiliki tugas dan fungsi yang penting dalam setiap kegiatan atau organisasi apapun itu. Pemimpin adalah orang yang memiliki kewenangan dan bertanggung jawab atas seluruh kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan.

Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemui sosok pemimpin. Namun banyak orang tak mengetahu apa itu Pengertian pemimpin adalah dan Tugas pemimpin yang baik. Seperti pemimpin keluarga, pemimpin regu, pemimpin kerja kelompok atau apapun itu. Mereka kerap menjadi pemimpin yang baik dengan memberi contoh dan memberi solusi yang baik terhadap anak buah atau bawahannya.

a. Pengertian Pemimpin adalah

Pemimpin berasal dari kata asing leader dan kepemimpinan leadership, Kartono mengatakan bahwa pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki superioritas tertentu, sehingga dia memiliki kewibawaan dan kekuasaan untuk menggerakan orang lain melakukan usaha bersama guna mencapai sasaran tertentu.

Sedangkan Kouzes menjelaskan bahwa pemimpin adalah pionir sebagai orang yang bersedia melangkah kedalam situasi yang tidak diketahui, pemimpin yang mempunya visi yang jelas dapat menjadi penuntun dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin.

√ Pengertian Pemimpin adalah : 8+ Tugas Pemimpin yang Baik

b. Ciri-Ciri Pemimpin yang Baik

Jika anda telah mempelajari 8+ Perkataan pemimpin yang baik menurut versi Anda sendiri dengan efektivitas yang lebih baik, kalian akan menjadi salah satu pemimpin yang bijaksana dan memiliki integritas.

1. Memiliki Wawasan yang Luas

Pemimpin perusahaan akan sangat bertanggung jawab terhadap perkembangan bisnis dan kesejahteraan karyawan. Anda wajib memahami bidang bisnis yang dijalankan, sehingga Anda harus meningkatkan wawasan dengan belajar dan terus belajar. Dengan memiliki wawasan yang luas, Anda akan mampu mengarahkan dan mengambil keputusan yang tepat dalam berbagai hal. Mampu menemukan cara untuk menciptakan inovasi yang cerdas. Kalian juga akan mendapatkan respek dari karyawan karena bisa memimpin dengan cara yang baik dan benar.

2. Bijaksana dalam Menghadapi Masalah

Tidak semua orang menyukai cara kepemimpinan anda. Itu hal yang wajar, karena Anda tidak dapat menyenangkan semua orang. Sebaik apapun cara Anda memimpin, pasti akan ada yang tidak menyukai Anda dengan berbagai alasan. Apalagi jika Anda memimpin perusahaan besar, Anda akan berhadapan dengan banyak orang yang memiliki kepentingan. Butuh kebijaksanaan agar Anda mampu membuat perusahaan tetap dalam kendali saat berhadapan dengan masalah. Anda akan mendapatkan dukungan dengan sikap bijak Anda.

3. Membangun Interaksi yang Menyenangkan

Sebagai pemimpin, Anda tetap perlu membangun hubungan dengan orang-orang di bawah Anda. Tidak harus menjadi terlalu dekat karena Anda punya segudang kesibukan yang harus dikerjakan. Namun yang terpenting, upayakan bangun interaksi yang menyenangkan saat Anda berada di kantor. Tunjukkan keramahan dengan bersikap murah senyum dan mau menyapa karyawan Anda. Jadilah sosok yang bersahabat, meski level jabatan Anda berada di atas mereka.

4. Mau Mendengarkan Masukan

Biasanya, pemimpin adalah orang yang suka memberikan masukan. Namun, seorang pemimpin yang baik juga mau mendengarkan masukan dari orang lain. Anda juga bisa belajar banyak hal baru dari orang lain. Tidak ada salahnya menerima kritik dan saran dari karyawan. mmberikan kesempatan pada siapa saja yang mau menyampaikan pendapat yang berbeda. Sebab Anda membutuhkan cara pandang orang lain untuk melengkapi cara pandang Anda.

5. Mau Mengakui Kesalahan dan Kekurangan

Pemimpin yang rendah hati berani dan mau mengakui kesalahan dan kekurangan di hadapan karyawannya. Anda tidak perlu gengsi, karena setiap orang bisa melakukannya kesalahan dan memiliki kekurangan. Anda tidak perlu malu, karena karyawan Anda malah akan semakin respek dengan Anda yang mau memperbaiki diri. Tunjukkan bahwa Anda adalah contoh seorang pemimpin yang mau menjadi pribadi yang lebih baik.

6. Mau Memberikan Apresiasi

Setiap orang butuh dihargai atas pencapaiannya. Pemimpin yang selalu mengapresiasi karyawannya, pasti akan disukai dan dihormati. Loyalitas karyawan akan meningkat jika Anda tidak pernah lupa memberikan apresiasi atas prestasi mereka. Ucapkanlah terima kasih atas kerja keras karyawan. Memberikan pujian dan reward bagi mereka yang mencapai hasil yang memuaskan. Segala bentuk apresiasi dari Andalah yang  semakin akan memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja.

7. Memiliki Empati Terhadap Karyawan

Perhatikan kendisi karyawan-karyawan Anda. Pemimpin harus peka terhadap lingkungan sekitarnya. Tunjukkan kecintaan Anda pada karyawan dengan berempati terhadap masalah yang sedang mereka hadapi. Jadilah pemimpin yang baik dan murah hati dalam menolong karyawan Anda yang sedang mendapatkan kesulitan. Tawarkan bantuan dan berikan semangat untuk mereka. Kebaikan Anda dapat mengubah hidup orang lain. Anda pun pasti akan semakin dicintai oleh karyawan.

c. Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

Dalam hali ini sesuatu yang disebut “pemimpin” dan “kepemimpinan”  merupakan dua hal yang berbeda. Pemimpin adalah seseorang yang menjadi (posisi) ketua dari sekelompok orang yang bertugas mewakili mereka dalam beberapa kondisi yang memerlukan satu komando agar tujuan bersama dapat tercapai.

Sedangkan Kepemimpinan adalah kemampuan yang dimiliki oleh pemimpin untuk dapat mengkondisikan kelompokknya agar tujuan bersama dapat tercapai. Pertama saat kita mempelajari materi keorganisasian kita tau bahwa, Seorang pemimpin hadir ditengah-tengah sekumpulan orang yang memiliki tujuan, keinginan, harapan, impian yang sama. Dalam artian seorang pemimpin harus mempunyai manajemen yang baik.

Kehadirian pemimpin ini bertujuan  agar setiap pergerakan orang-orang di dalam kelompok menjadi lebih fokus dan terarah sehingga tujuan segera tercapai. Di dalam rangkaian prosesi pemilihan seorang pemimpin tersebut selalu diusahakan dan diharapkan untuk memperoleh seorang pemimpin yang setidaknya memilik sifat-sifat berikut :

  • Amanah
  • ‎Jujur
  • Komunikatif
  • Cerdas

Karena sifat-sifat tersebut lah yang sangat berpengaruh terhadap peran seorang pemimpin dalam tugas tugas yang akan dia emban.

d. 8 Tugas Utama Seorang Pemimpin

Tugas seorang pemimpin sangatlah banyak, bergantung dengan visi, misi dan tujuan dari tim, kelompok, komunitas, club atau organisasi yang dia pimpin.Dalam penjabaran atas pengertian tugas pemimpin yang membimbing dan mengarahkan organisasi yang dapat kita break down menjadi 8 point tugas utama seorang pemimpin :

1. Problem Solving

Tidaklah mungkin  jika sebuah kelompok, tim, ataupun organisasi terbebas dari suatu masalah, sudah hukum alam  apabila satu orang dengan orang lain berkumpul dan memiliki perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap suatu permasalah yang harus berujung pada konflik dan di sinilah peran seorang pemimpin untuk menjadi tokoh penyelesai masalah yang menyelesaikan masalah dengan segala data, informasi, kecerdasan dan kebijaksanaan yang dimiliki.

Pantang bagi seorang pemimpin yang menyelesaikan masalah tanpa adanya data dan informasi yang valid. Pemimpin juga harus siap akan problem yang datang dari luar sebab konflik tidak hanya terjadi atau berasal dari internal organisasi tapi juga terjadi berasal dari eksternal organisasi.

2. Memberi Suggesti

Suggesti atau rangsangan terhadap anggota organisasi adalah wajib dilakukan oleh seorang pemimpin, mengingat keberadaan orang atau individu di dalam organisasi tidak selalu sejalan dengan visi, misi dan tujuan organisasi. Meskipun hal tersebut dilakukan atas kesadaran sendiri maupun tidak, faktanya banyak anggota-anggota organisasi dengan atau tanpa disadari telah melakukan tindakan yang sebenarnya bertentangan dengan visi, misi dan tujuan organisasi.

Dan adapun tugas seorang pemimpin adalah merangsang atau mensugesti anggota organisasi agar tetap menjaga kehormatan organisasi, kekompakan antar anggota dan tetap bergerak dijalur yang sudah ditentukan.

3. Support

Support atau dukungan adalah salah satu tugas pemimpin, meskipun pemimpin berada pada barisan terdepan dalam organisasi tapi perlu diketahui bahwa pemimpin juga bertanggung jawab atas kemajuan anggota-anggotanya dalam melaksanakan program kerja yang telah ditetapkan oleh organisasi.Jika anggota tidak mendapat dukungan dari pemimpin maka bisa jadi program kerja tidak bekerja sesuai dengan rel yang sudah dibuat.

4. Katalisator

Dalam organisasi ada kalanya anggota merasakan kejenuhan dengan kegiatan yang dirasa monoton sehingga kinerja anggota organisasi menurun sehingga peran pemimpin sebagai katalisator sangat diperlukan untuk memberikan rangsangan, motivasi agar angggota terus menggerakkan dan beesemangat untuk berorganisasi yang baik, dengan begitu kekompakkan, kinerja dan semangat anggota tetap terjaga.

5. Pelindung

Dengan berbagai ragam karakter yang bercampur di dalam organisasi seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman yang membuat beberapa anggota merasa tidak aman dan khawatir “tertular” kebiasaan atau perilaku yang dianggap “tidak baik” dari anggota  lain. Sehingga seorang pemimpin perlu memberikan perlindungan dan menciptakan iklim (suasana) organisasi yang nyaman bagi anggotanya.Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan beberapa aturan  dan menerapkan sanksi tegas terhadap pelanggaran terhadap aturan yang sudah dibuat.

6. Mewakili Organisasi

Walaupun organisasi memiliki banyak anggota dan masing-masing anggota ikut menjadi wakil organisasi namun perlu diingat yang berada dibaris terdepan adalah pemimpin.Selain mengurusi anggota dan pengelolaan internal organisasi itu sendiri, Tugas pemimpin yang sangat jelas adalah mewakili organisasi. Hal ini dapat terlihat saat ada perkumpulan antar club, komunitas, atau organisasi untuk membahas suatu program kegiatan bersama.Sehingga di sini pemimpin memiliki tugas menghubungkan organisasinya sendiri dengan organisasi lain.

7. Pemimpin adalah Sumber Inpirasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa karakter yang menempel pada diri seorang pemimpin sering dijadikan sebagai tolok ukur karakter secara umum dari suatu organisasi. Baik atau buruknya organisai ada pada pemimpin.  Kesimpulan tersebut berdasarkan pada “pemimpin adalah contoh” yang dapat ditiru dan menjadi inspirasi  bagi anggota-anggotanya. Tidak jarang jika seorang pemimpin yang memberikan contoh tidak baik dapat menimbulkan pertentangan dan berujung pada ketidak percayaan anggota kepada pemimpin. Bisa jadi muncul kelompok yang baru dalam organisasi yang menentang kepemimpinan seorang pemimpin.

8. Memberi kepercayaan

Memberikan kepercayaan kepada anggota merupakan salah satu tugas pemimpin yang sangat mendasar, sebab dengan memberikan kepercayaan pada anggota adalah bentuk pengakuan seorang pemimpin terhadap kompetensi atau kemampuan anggota-anggotanya dalam menjalankan tugas dari organisasi. Pengakuan atau kepercayaan yang diberikan pada anggota, secara tidak langsung dapat mendongkrak pencapaian terbaik dari anggota-anggotanya. Selain memberikan kepercayaan, seorang pemimpin wajib memberikan suatu penghargaan atau reward atas pencapaian yang dicapai oleh anggotanya.

e. 5 Fungsi Pemimpin adalah

Setiap sesuatu yang di cipatan di dunia ini memiliki fungsi walapaun banyak manusia yang tidak menyadarinya bahkan kebanyakan manusia mengabaikannya  dan menyepelekanya walaupun itu bermanfaat baginya. Sama halnya pemimpin, mereka juga memiliki fungsi, berikut saya akan mengulas Apakah 5 fungsi pemimpin.

1. Fungsi Pemimpin adalah sebagai Penentu Arah

Setiap organisasi yang di buat baik itu skala besar menegah maupun kecil pasti memiliki tujuan tertentu. Tujuan itu dapat bersifat jangka pendek jangka menegah ataupun jangka penjang yang ingin dicapai bersama dengan arahan seorang pemimpin.

Keterbatasan sumber daya organisasi mengharuskan pemimpin untuk mengololanya dengan efektif. Dengan kata lain tujuan yang hendak di capai harus mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada.

2. Fungsi Pemimpin Sebagai Juru Bicara

Fungsi ini mengahruskan seorang pemimpin organisasi berperan dalam berhubungan dengan orang dari luar organisasi yang memiliki kepentingan misalnya orang yang memiliki saham, pamsok, penyalur dan lain sebagainya.

Fungsi ini sangat penting, mengapa? Karena tidak ada satu pun organisasi yang tidak mampu berdiri sendri tanpa campur tangan dari luar. Konsekuensi logis dari fungsi ini adalah bahwa seorang pemimpin harus mengetahui bukan saja bagaimana merumuskan bijaksana dan strategi akan tetapi lebih dari itu pemimpin di tuntut memiliki ilmu pengetahuan yang luas.

3. Fungsi Pemimpin adalah Sebagai Komunikator

Komunikasi merupakan mengalihkan satu pesan dari pihak satu kepada pihak lain. Pesan yang terbilang berhasil apa bila pesan yang disampaikan dari pihak satu dapat sampai kepada penerima pesan dan dapat diartikan atau di fahami dengan baik oleh penerima pesan. Fungsi sebagai komunikator disini lebih di tekan kan pada kemampuan seorang pemimpin untuk mengkomunikasikan strategi, sasaran – sasaran dan tindakan yang akan dilakukan oleh bawahan.

4. Fungsi Pemimpin adalah Sebagai Mediator

Fungsi sebagai mediator berperan dalam menyelesaikan permasalahn- permasalahan mislakan konflik atau perbedaan dalam  kepentingan organisasi, kehadiran seorang pemimpin diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada dalam organisasi. Fungsi ini juga mengaharuskan seorang pemimpin mampu mencari solusi untuk permasalahan yang ada.

5. Fungsi Pemimpin adalah Sebagai integrator

Adanya pembagian tugas, sistim alokasi daya dana dan tenaga serta diperlukan spesialis pengetahuan dan keterampilan dapat menimbulkan sikap, perilaku tindakan  berkotak – kotak oleh karena itu sebaikanya tidak di biarkan terus menerus.

Integrator itu adalah seorang pimpinan. Setiap pimpinan, terlepas dari hierarki jabatannya dalam organisasi. Semakin tinggi kedudukan seseorang dalam hierarki kepemimpinan dalam organisasi semakin pentng pula peranan tersebut.

Itulah tadi adalah pembahasan tentang “Pemimpin”. Bagaimana apakah kalian tertarik unutk emnjadi seorang epmimpin, terlebih menjadi pemimpin yang baik. Ingat menjadi pemimpin bukanlah hal yang mudah unutk dilakukan, namun jika klian berhasil melaukannya maka kalian akan sangat berguna dan bermanfaat bagi lingkungan sosial disekitar kalian.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *