ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pengertian dan Makna Lambang Pancasila

4 min read

Pengertian dan Makna Lambang Pancasila

Pancasila adalah dasar dan ideologi berdirinya negara Indonesia. Makna dam lambang pancasila sendiri dibentuk dan dibuat dengan banyak pengertian dan arti yang dikandung Pancasila.

Pelajaran tentang Pancasila telah diajarkan sejak bangku sekolah SD, atau bahkan Taman Kanak-kanak (TK). Untuk mnegetahui lebih jauh tentang pengertian makna dan nilai-nilai pancasila mari kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian dan Makna Lambang Pancasila

Pengertian Pancasila

Pancasia diambil dari bahasa Sansekerta terdiri dari dua kata yaitu : pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Jadi secar bahasa Pancasila mempunyai pengertia Lima Asas atau Lima Dasar. Yang dimana bunyi pancasila memang terdiri dari lima prinsip yang kemudian dibuatkan masing-masing lambang dari setiap sila itu sendiri.

Seperti yang kita sebut diatas bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang menjadi pedoman dan pondasi berdirinya negara Indonesia. Sejarah pancasila yang panjang telah dilalui dengan dimulai pencetusan Pancasila oleh tokoh-tokoh pahlawan pendiri bangsa Indonesia.

Bunyi Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmad Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna Pancasila

Dari setiap sila yang terkandung dalam pancasila telah mempunyai makna dan kandungan yang telah termuat didalamnya. Melengkapi satu sama lain dari setiap sila dan menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lalu APAKAH makna yang terkandung dalam pancasila? Berikut makna dan pengertian yang terkandung muali dari sila pertama sampai sila kelima yang terkandung dalam Pancasila :

Makna sila pertama : Ketuhanan Yang Maha Esa

  • Pengakuan eksistensi Tuhan Yang Maha Esa
  • Negara mengakui keberadaan agama yang berketuhanan dan membebaskan penduduk untuk memilih agamanya.
  • Negara menjamin penduduk untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing.
  • Kehidupan sosial berlangsung dengan terjaganya kehidupan beragama.
  • Toleransi antara pemeluk agama terjaga
  • Negara hadir ketika timbul konflik antar agama.

Makna sila Kedua : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

  • Setiap manusia Indonesia mengakui dan menghormati adanya martabat manusia lain.
  • Memanusiakan manusia dan melihat manusia lain sebagai makhluk Tuhan.
  • Menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam berhubungan dengan manusia lain.
  • Menerapkan perilaku yang beradab.
  • Menjaga adab dan sopan santun dalam berhubungan sosial.

Makna sila Ketiga : Persatuan Indonesia

  • Setiap manusia indonesia cinta tanah airnya.
  • Memiliki jiwa nasionalisme dan patriotism.
  • Bersikap dan bertindak dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Antirasis dan antidiskriminasi.
  • Menjunjung tinggi rasa persaudaraan se-tanah air.
  • Kemanapun kaki melangkah, dimanapun tubuh berada, jiwanya tetap merah-putih.

Makna sila Keempat : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

  • Bersikap pro-dialog, pro-musyawarah, pro-demokrasi.
  • Antikekerasan dalam menyelesaikan masalah atau konflik.
  • Mengambil keputusan dengan musaywarah mufakat.
  • Selalu mengambil kebijaksanaan di atas persengketaan atau perbedaan pendapat.
  • Musyawarah dilandasi dengan kejujuran bersama.

Makna sila Kelima Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • Pemerataan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • Kebijakan berorientasi pada pengurangan kesenjangan masyarakat.
  • Redistribusi kekayaan secara adil kepada masyarakat banyak.
  • Negara berpihak pada mayoritas rakyat jelata yang lemah.
  • Negara melindungi setiap warga negara untuk mendapat penghidupan yang layak.

Makna Lambang Pancasila

Di dalam burung garuda ada lima lambang yang mempunyai makna dalam sila pancasila.

Lalu, apa saja arti dari lambang pancasila tersebut?

1. Bintang

Bintang merupakan lambang dari sila pertama. Bintang emas dengan perisai hitam yang melambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang emas yang diartikan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia. Sedangkan latar belakang berwarna hitam melambangkan warna alam atau warna asli yang menunjukkan bahwa Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu dan sudah ada sebelum segala sesuatu di dunia ini ada.

2. Rantai

Rantai adalah arti dari sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Gambar rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil ini menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu. Rantai yang terdapat pada sila kedua yang terdiri dari mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran. Mata rantai segi empat yang melambangkan laki-laki dan lingkaran melambangkan perempuan. Nah, oleh karena itu kita sesama manusia harus saling membantu satu sama lain.

3. Pohon beringin

Pohon beringin yang melambangkan pancasila sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin ini mempunyai akar tunggal panjang yang menunjang pohon besar ini tumbuh. Akar ini rumbuh sampai ke dalam tanah dan menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon beringin juga mempunyai akar yang banyak dan menjalar di mana-mana yang melambangkan sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang budaya yang bermacam-macam.

4. Banteng

Banteng merupakan lambang dari sila keempat. Banteng digunakan karena banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah di mana orang-orang berdiskusi dan berkumpul.

5. Padi dan kapas

Padi kapas yang melambangkan sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kapas dan padi melambangkan atas pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.Makna dari pancasila adalah sebagai dasar negara dan ideologi negara harus dipahami oleh segenap masyarakat Indonesia.

Makna pancasila menggambarkan dan mengungkapkan ruh dan esensi pancasila itu sendiri. Tanpa memahami maknanya, kita hanya akan melihat pancasila sebagai slogan semata. Memahami makna pancasila juga dapat memantik munculnya panggilan jiwa untuk mengimplementasikan nilai-nilainya. Makna dari pancasila adalah mencerminkan esensi nilai-nilai pancasila yang berfungsi sebagai inspirasi, pedoman dan panduan tingkah laku segenap masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di sini kita bisa pahami bahwa makna pancasila meliputi arti nilai yang menjadi pedoman hidup dan kehidupan, khususnya kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemaparan singkat di atas sudah menjelaskan bahwa pancasila bukan sekadar simbol dan lambang. Pancasila merupakan nilai, lebih dari itu, esensi nilai yang memiliki makna. Sebagai entitas yang menjadi dasar negara, pancasila berperan penting bagi bangsa Indonesia. Peranannya tak sekadar simbolik, melainkan esensial.  Apa saja makna dari pancasila, akan saya jelaskan secara berurutan dimulai dari sila yang pertama. Simak penjelasan berikut  ini :

  • Makna sila ke 1

Sila pertama Pancasila yang berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa” mengandung pengertian bahwa bangsa Indonesia mempunyai kebebasan menganut agama dan menjalankan ibadah yang sesuai dengan ajaran agamanya, bertoleransi serta menghormati satu sama lain. Hal ini akan mewujudkan kehidupan yang selaras didalam kehidupan bernegara.

  • Makna sila ke 2

Sila kedua Pancasila yang berbunyi “Kemanusiaan yang adil dan beradab” mempunyai arti bahwa bangsa Indonesia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME yang wajib dijunjung tinggi harkat sera martabatnya tanpa membeda-bedakan agama, suku ras, budaya, dan keturunan.

  • Makna sila ke 3

Sila ke 3 Pancasila yang mempunyai arti bahwa walaupun masyarakat Indonesia terdiri dari beragam pulau, etnis, suku, bahasa daerah, agama, warna kulit, dsb, namun tetap wajib mendapat persamaan kedudukan, serta persamaan kesejahteraan dibawah naungan pemerintah guna menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

  • Makna sila ke 4

Sila ke 4 Pancasila yang berbunyi bahwa dalam tatanan bernegara di Indonesia perlu dilakukan secara demokrasi. Demokrasi yang berasalkan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat guna mencapai mufakat melalui lembaga–lembaga perwakilan.

  • Makna sila ke 5

Sila ke 5 Pancasila yang berbunyi bahwa setiap lini maupun tingkatan masyarakat berhak mendapatkan kesamaan kesejahteraan dimana hal ini merupakan tujuan dasar bangsa Indonesia untuk mensejahterakan seluruh rakyatnya.

Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara

Garuda pancasila ini adalah simbol negara Indonesia yang wajib untuk kita ketahui dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang mana mempunyai arti berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Pastinya kamu sudah tau kan jika lambang negara Indonesia ini berbentuk burung garuda?. Burung garuda dengan letak posisi kepala menghadap ke arah kanan dan ada perisai yang mempunyai bentuk seperti jantung yang tergantung memakai rantai di leher garuda?

Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti “Meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu” tertulis tepat di atas pita yang dicengkeram Garuda.

Mungkin dari kamu belum mengetahui siapa yang merancang lambang negara kita ini. Perlu untuk kamu ketahui pada awalnya lambang garuda ini di rancang oleh Sultan Hamid II setelah itu disempurnakan oleh Presiden Indonesia pertama yaitu Ir. Soekarno.

Sesudah proses penyempurnaan itu selesai dilakukan lalu diresmikan pemakaiannya sebagai lambang negara pertama kali. Yaitu di tanggal 11 Februari 1950 pada Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *