ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pengertian Distributor Adalah

4 min read

Contoh dan Pengertian Agen Distributor Adalah

Distributor adalah orang yang menjalankan atau memiliki kegiatan pada ruang lingkup penyampaian atau pengiriman barang atau jasa pada sebuah produk. Contoh distributor paling mudah adalah seorang agen kurir atau salesman yang sering kita jumpai di kehisupan masyarakat sehari-hari.

Pengertian distributor dan agen distibutor apa saja yang berada disekitar kita, semaur.com akan bahas dengan terbitnya artikel ini. Apakah kalia ingin bekerja sebagai distributor barang atau jasa? Sebaiknya pahami dulu pengertian dan jenus ruang lingkup distributor dibawah ini.

a. Pengertian Distributor Adalah

Distribusi adalah suatu proses penyampaian produk atau jasa yang berasal dari produsen kepada konsumen, produk itu sangatlah penting dan sangatlah di butuhkan oleh konsumen. Ada juga pendapat bahwa distribusi adalah kegiatan dalam usaha pemasaran guna mempermudah menyampaikan barang atau produk kepada konsumen. Sedangkan distributor adalah orang atau tokoh yang menggerakkan proses ditribusi tersebut.

Proses ini menciptakan untility dan pengalihan suatu hak kepemilikan dari produk tersebut.Di dalam melakukan distribusi perdagangan, usaha ini mendapat nilai lebih yang terdapat di barang dengan berbagai fungsi seperti, waktu, tempat, utility, dan hak kepemilikan dari barang tersebut. Pemasaran yang baik akan tercipta ketika melakukan proses distribusi karena akan menciptakan saluran pemasan yang baik secara fisik atau non-fisik.

Arus tersebut diantaranya promosi, informasi, kepemilikan, pembayaran, dan lain-lain. Dan Agen adalah penyalur yang atas nama suatu perusahaan tertentu menjual barang dan jasa hasil produksi prusahaan tersebut di daerah tertentu. Di agen tidak akan dijumpai barang dan jasa yang bukan produksi dari perusahaan bersangkutan. Agen akan menjual barang dan jasa dengan harga yang ditentukan oleh produsen.

Agen akan mendapatkan komisi dari perusahaan yang sesuai dengan jumlah penjualan. Ada beberapa jenis agen yang mewakili pelaku ekonomi yang berbeda, yaitu agen produsen, agen penjualan, dan agen pembelian.

Contoh dan Pengertian Agen Distributor Adalah

b. Tujuan Distribusi

Distribusi memiliki tujuannya tersendiri tujuan dari distribusi diantaranya adalah :

  1. Menjaga kelangsungan perusahaan,
  2. Pemerataan dalam pemenuhan konsumen di berbagai daerah,
  3. Mencapai pemerataan produksi,
  4. Membentuk kestabilan dari harga produk atau jasa,
  5. Menjaga kesinambuangan dalam produksi barang dan jasa,
  6. Meningkatkan dan dapat menjaga kualitas produksi,
  7. Menyampaikan barang ke konsumen,
  8. Meningkatkan bilai suatu produk atau jasa.

c. Contoh Distribusi

Distribusi di lakukan para pedagang di dalam pemasaran produk yang di milikinya. Di dalam memasarkan produk yang akan dilakukan juga memerlukan ketelitian dan kemampuan untuk menjualnya kepada para konsumennya.

Contoh distribusi adalah misalnya terjadi pada petani, petani menjual hasil panennya secara langsung kepada perantara (dalam hal ini perantara di sebut distribusi langsung). Pada sebuah pabrik kendaraan bermotor, pabrik tersebut akan menjual beberapa suku cadang kepada agen-agen atau para toko suku cadang, setelah itu took atau agen tersebut menjualnya lagi kepada para konsumen ( Distribusi ini yang di sebut dengan distribusi dengan tidak langsung ). 

d. Jenis Agen Distributor

Jika Anda berminat untuk menjadi seorang Distributor produk, maka ada baiknya untuk menyimak beberapa produk yang telah lebih dulu dijadikan peluang usaha Distributor. Berikut beberapa di antaranya.

1. Peluang Usaha Distributor Pulsa

Telah menjadi rahasia umum bahwa keberadaan ponsel semakin hari makin banyak. Berbanding lurus dengan keberadaan ponsel tersebut, kebutuhan akan pulsa juga makin meningkat. Dengan melihat fenomena ini, peluang bisnis distributor pulsa nampaknya masih terbuka lebar untuk dijalankan. Perlu Anda tahu, menjadi distributor pulsa ternyata bisa dilakukan dengan modal kurang dari Rp 15 juta saja. Modal tersebut digunakan untuk softaware dan alat untuk server pulsa. Sebagai Distributor pulsa, Anda akan membawahi agen/pengecer pulsa di counter-counter di seluruh Indonesia.

2. Usaha Distributor Produk Minuman

Produk minuman nampaknya tak akan pernah sepi dari pembeli atau peminat. Beberapa faktor seperti iklim tropis Indonesia membuat tak sedikit orang gemar membeli produk minuman, baik yang ada di dalam kemasan botol, cup, hingga produk minuman dalam kemasan sachet yang harus diseduh terlebih dahulu. Kenyataan ini membuktikan bahwa peluang usaha distributor produk minuman masih terbuka lebar untuk dijalankan. Sebagai pengusaha Distributor, Anda bisa membidik penjual minuman eceran, toko-toko retail atau warung yang sudah bertebaran di perkampungan atau kawasan padat penduduk. Anda bisa juga merambah kedai, cafe, hingga resto dengan fasilitas premium.

3. Bisnis Distributor Makanan Ringan

Peluang Distributor makanan ringan nampaknya juga masih terbuka lebar. Produk camilan atau makanan ringan hampir tidak pernah sepi peminat. Beberapa faktor di antaranya selain pada dasarnya orang Indonesia banyak yang suka ngemil, juga ada beberapa perayaan hari besar seperti Idul Fitri atau Natal di mana kebutuhan cemilan meningkat.

4. Peluang Usaha Distributor Barang Sembako

Peluang usaha Distributor Sembako bisa dibilang juga tak pernah sepi peminat. Seperti namanya, Sembako (Sembilan Bahan Pokok) yang mana merupakan kebutuhan dasar hampir setiap orang. Beberapa komoditas sembilan bahan pokok bisa Anda jual dengan konsep usaha Distributor. Seperti yang kita lihat, toko sembako di berbagai pelosok di Indonesia ternyata punya pasar yang cukup menjanjikan, dan mereka pasti membutuhkan distributor. Komoditas yang ramai peminat misalnya beras, gula dan juga minyak. Entah mau dijalankan di kampung atau kota besar, menjadi distributor sembako tidaklah pernah merugikan karena semua orang membutuhkannya.

5. Bisnis Distributor Kerudung

Selain baju dan produk fashion lainnya, menjadi Distributor produk kerudung nampaknya masih menyimpan peluang bisnis yang cukup luas. Melihat tak sedikit pelaku bisnis yang berhasil dan sukses di bidang ini. Anda bisa menawarkan produk kerudung ke pasar atau toko pengecer tentunya dengan harga yang bersaing, sehingga mereka tertarik untuk membeli/memasarkan produk Anda. Anda juga bisa menjual langsung ke konsumen. Bisa Anda tambahkan potongan harga untuk pembelian barang dengan jumlah tertentu atau berikan gratis ongkos kirim untuk promosi. 

6. Bisnis Distributor Barang Kosmetik 

Peluang usaha Distributor kosmetik atau produk herbal memang pernah booming beberapa waktu lalu. Walaupun pesaing di bisnis ini tak sedikit, namun peminat dan juga peluang bisnis di bidang ini seakan tak pernah surut. Anda juga bisa mencoba untuk menggeluti bisnis yang menggiurkan ini. Yang sedang tengah menjadi tren yaitu produk-produk kecantikan atau kosmetik asal Korea. Anda bisa mengimpor langsung produk-produk tersebut dari Korea, atau bisa juga lewat perantara/Distributor lain yang lebih besar.

7. Distributor untuk Produk-produk Alami/Herbal

Selain peluang bisnis Distributor di atas, peluang menjadi Distributor produk-produk alami/herbal juga tengah naik. Produk alami/herbal saat ini juga tengah memiliki peminat yang signifikan. Hal ini seiring dengan kesadaran beberapa orang akan konsumsi produk alami berupa jamu-jamuan. Anda juga bisa memnfaatkan hal ini, tapi Anda juga perlu mencari pasar/konsumen yang tepat. Anda bisa memulai bisnis ini dengan mencari produsen-produsen produk alami atau jamu-jamuan dan kemudian ajaklah untuk bekerja sama.

e. Proses dan Saluran Agen Distribusi

Dalam rangka kegiatan memperlancar arus barang dan jasa dari produsen kepada konsumen, maka salah satu faktor penting yang tidak boleh diabaikan yaitu memilih secara tepat saluran distribusi /channel of distrubution yang akan digunakan dalam rangka usaha penyaluran barang-barang /jasa-jasa dari produsen ke konsumen.

Yang disebut dengan saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor/ lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan dan kewenangan untuk menyalurkan/ menyampaikan barang-barang/jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Distributordistributor/ penyalur ini bekerja secara aktif untuk mengusahakan perpindahan bukan hanya secara fi sik tetapi dalam arti barang-barang tersebut dapat dibeli oleh konsumen. Jadi yang disebut distributor/penyalur misalnya adalah agen, grosir, retailer, dan sebagainya.

Tapi tidak termasuk di sini perusahaan transpor yang secara fi sik ikut menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen, sebab perusahaan transpor seperti ini tidak mempunyai kewajiban moril untuk ikut mengusahakan agar barang/jasa tersebut dapat diterima/dibeli oleh konsumen. Oleh karena pengaruhnya sangat besar terhadap kelancaran penjualan maka masalah saluran distribusi ini harus betul-betul dipertimbangkan dan sama sekali tidak boleh diabaikan. Menurut pakar ekonomi, David A Revzan ”saluran distribusi merupakan suatu jalur yang dilalui oleh arus barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai pada pemakai”.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Freelance Adalah

ronisafaat
2 min read

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *