ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pengertian Asimilasi Adalah

3 min read

Pengertian Asimilasi Adalah

Secara umum, asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Asimilasi ditandai oleh usaha untuk mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok berupa upaya untuk mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

a. Pengertian Asimilasi adalah

Asimilasi adalah proses penyesuaian sifat-sifat asli yang dimiliki dengan sifat-sifat lingkungan sekitar. Sifat-sifat ini yang akhirnya akan membentuk keteraturan sosial, termasuk budaya dan kebiasaan dikarenakan ada pembaharuan yang dianggap sesuai.

Hasil dari proses asimilasi yaitu semakin tipisnya batas perbedaan antar individu dan antar kelompok dalam suatu kelompok. Selanjutnya, individu melakukan identifikasi diri dengan kepentingan bersama. Artinya, menyesuaikan kemauannya dengan kemauan kelompok.

Pengertian Asimilasi Adalah

b. Pengertian asimilasi menurut  para ahli

1. Koentjaraningrat (1996)

Asimilasi adalah proses perubahan sosial dalam masyarakat yang terjadi karena adanya perkembang dan hubungan interaksi sosial yang terus menerus dan serius. Kondisi tersebut pada akhirnya mendorong masyarakat untuk membaurkan kebudayaan yang ada dalam upaya mengakomodir semua pihak dalam menata bentuk keteratauran sosial yang sudah ada.

2. Seymour Smith

Asimilasi adalah tahap kedua dari proses perubahan sosial budaya dalam sosial masyarakat. Adapun dalam pandanganya, terbentuk asimilasi di latar belakangi dengan akulturasi terlebih dahulu. Hal ini sebagai syarat mutlak menciptkan kebudayaan baru dan diterima masyarakat, tanpa adanya konflik sosial.

3. Vander Zanden

Asimilasi adalah bagian dari sebuah proses antar kelompok dalam melakukan interaksi sosial dari mulai berfikir, saling menghargai, bertindak yang memungkinkan mereka untuk berbaur dengan memiliki satu identitas baru sebagai kesatuan sosial.

4. Garbarino

Asimilasi adalah yang dipergunakan untuk memberikan penjelasan mengenai penggabungan dua unsur kebudayaan dalam masyarakat. Asimilasi dalam arti ini, lebih sederhana dan singkat. Lantaran dalam pandangan garbarino, pengertian asimilasi adalah kata serapan atau campuran keinginanan-keinginan masyarakat.

5. Alvin L Bertrand

Asimilasi adalah proses tingkatan sosial lanjut yang muncul dikarenakan adanya kelompok ataupun golongan sosial masyarakat yang memiliki perbedaan antar budaya saling berinteraksi secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Kemudian menghasilkan suatu perubahan kebudayaan baik dari unsur maupun secara keseluruhannya dan menjadi sebuah budaya yang baru.

6. Ogburn dan Nimkoff

Asimilasi merupakan proses masuknya pengaruh budaya kepada budaya yang lain serta hasil dari peleburan maupun interaksi antar individu maupun kelompok yang memiliki sejarah, baik dari memorial, maupun sikap yang kemudian dipersatukan dalam interaksi bertahap membentuk budaya baru.

7. James Danandjaja

Asimilasi adalah sebuah proses penyesuaian antar kelompok masyarakat sosial yang memiliki kebudayaan berbeda dengan identitas dan ciri khas tersendiri yang lambat laun mengalami kemunduran budaya dari salah satu golongan dang menghadirkan budaya baru.

8. Dejun Su, Chad Ricahrdson dan Guang Zen Wang

Asimilasi budaya adalah salah satu proses terjadinya perubahan budaya secara kompleks dan waktu yang cukup lama yang bersifat bermacam-macam dengan melibatkan kelompok masyarakat seperti imigran ataupun pendatang yang kemudian terjadi interaksi sosial dengan masyarakat asli dan mempelajari budaya dan kemudian menghasilkan budaya baru.

9. Milton M. Gordon

Milton M. Gordon memberi pengertian bahwa Asimilasi dalam sebuah buku karangan Human Nature, Class, and Ethnicity (1978), didalamnya dikatakan bahwa asimilasi dapat menjadi bagian dari akulturasi budaya. Ia juga menambahkan bahwa, Tidak akan ada asimilasi tanpa ada akulturasi terlebih dahulu yang merupakan sebuah tahapan dari perubahan pola budaya dari kelompok tertentu.

c. Perbedaan Pengertian Akulturasi adalah

Akulturasi yaitu suatu proses sosial yang timbul manakala ketiks suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan yang  asing. Kebudayaan asing yang lambat laun telah diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

d. Faktor Pendorong Asimilasi

  • Toleransi di antara sesama kelompok yang berbeda dengan kebudayaan
  • Kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi
  • Kesediaan menghormati dan menghargai orang asing dan kebudayaan yang telah dibawanya.
  • Sikap yang terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
  • Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan universal
  • Perkawinan antara kelompok yang berbeda budaya
  • Mempunyai beberapa musuh yang sama dan meyakini kekuatan masing-masing untuk menghadapi musuh tersebut.

e. Faktor Penghalang Asimilasi

  • Kelompok yang telah terisolasi atau terasing (biasanya kelompok minoritas)
  • Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan baru yang dihadapi
  • Prasangka negatif terhadap pengaruh kebudayaan baru. Kekhawatiran ini dapat diatasi dengan meningkatkan
  • fungsi lembaga-lembaga kemasyarakatan
  • Perasaan bahwa kebudayaan kelompok tertentu lebih tinggi daripada kebudayaan kelompok yang lain. Kebanggaan
  • Berlebihan yang mengakibatkan kelompok yang satu tidak mau mengakui keberadaan kebudayaan kelompok lainnya
  • Perbedaan ciri-ciri fisik, seperti tinggi badan, warna kulit atau rambut
  • Perasaan yang sangat kuat bahwa individu terikat pada kebudayaan kelompok yang bersangkutan
  • Golongan minoritas mengalami gangguan dari kelompok penguasa

f. Contoh Asimilasi

  1. Adanya budaya zina/hubungan pra nikah berkedok pacaran yang notabene bukan kebudayaan Indonesia.
  2. Masyarakat Indonesia yang ikut-ikutan turis asing mengenakan pakaian bikini di Pantai.
  3. Adanya pembangunan gereja katedral (pengaruh Eropa Barat karena memperkenalkan agama Katolik)

Beberapa contoh peristiwa akulturasi ini akan kita bahas lebih mendalam, yaitu:

1. Seni Berbusana

Akulturasi pertama terletak pada seni berpakaian atau berbusana. Sebagai contoh adalah adat Betawi yang biasanya mengenakan beberapa jenis pakaian. Nah, adat Betawi ini merupakan adat yang dimiliki oleh masyarakat ibukota. Adat Betawi telah memperoleh inspirasi dari banyak negara (tidak terlepas dari letak geografis Indonesia karena Jakarta sebagai ibukota yang telah ditinggali oleh berbagai bangsa penjajah pada zaman dahulu, sehingga mengalami banyak perkembangan namun tetap menonjolkan nilai budaya aslinya.

2. Adat kebiasaan

Adat atau kebiasaan juga tidak terlepas dari proses akulturasi. Sebagai contoh adalah membagikan rezeki pada saat hari raya. Hal ini merupakan perpaduan budaya Tionghoa dengan Islam. Saling memberi dengan stulus hati merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan manusia, terutama yang dilakukan ketika hari raya. Tradisi ini telah diwariskan dari leluhur pada zaman dahulu karena mengandung nilai- nilai yang baik.

3. Makam

Makam merupakan tempat terakhir untuk menghormati sesorang yang telah meninggal dunia, hal ini juga tidak lepas dari akulturasi. Sebagai contoh misalnya adalah makam raja- raja tau orang terhormat yang dibuat menyerupain istana yang kemudian dilengkapi dengan para keluarga dan juga kerabatnya. Budaya asli Indonesia sendiri terlihat dari gugusan hormat yang dibuat menyerupain istana yang kemudian dilengkapi dengan para keluarga dan cungkup yang menunjukkan kedudukan seseorang.

4. Seni rupa

Seni rupa adalah salah satu bidang yang mengalami akulturasi, sebagai contoh yang bisa kita lihat dari seni kaligrafi maupun seni khot. Perpaduan seni Arab ini dengan seni Indonesia misalnya adalah kaligrafi dengan motif batik dan sebagainya yang terkadang kita temukan di masjid- majid atau bangunan lainnya.

5. Aksara dan sastra

Aksara dan juga sastra di Indonesia banyak mendapatkan pengaruh dari Persia. Sebagai contoh di salah satu pulau terbesar di dunia yaitu Sumatera yang memiliki karya sastra yang berisi pedoman- pedoman hidup.

6. Kalender

Sistem penanggalan juga merupakan salah satu sisi yang telah mengalami akulturasi. Telah disepakati bersama bahwa Islam menggunakan sistem penanggalan Qomariyah atau Hijriyah, nah pada waktu yang beriringan Indonesia juga menggunakan tahun Saka sebagai penanggalan asli Indonesia.

7. Agama dan kepercayaan

Agama dan kepercayaan ternyata merupakan hal yang telah mengalami akulturasi. Sebelum masuk Hindhu- Budha di Indonesia, kepercayaan masyarakat Indonesia adalah Animisme dan Dinamisme. Maka dari itulah konsep agama Hindhu- Budha Indonesia berbeda dengan yang ada di India. Hal ini karena ada pengaruh dari Animisme dan Dinamisme.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *