ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Pengemasan Produk untuk Meningkatkan Penjualan Anda

1 min read

pengemasan produk

pengemasan produkPengemasan adalah suatu proses pembungkusan, pewadahan atau pengepakan suatu produk untuk menyiapkan barang menjadi siap ditransportasikan, didistribusikan,disimpan, dijual, dan dipakai. Dengan menggunakan bahan tertentu untuk pengemasan sehingga produk yang ada di dalamnya bisa tertampung dan terlindungi. Kemasan adalah hal yang penting untuk diperhatikan demi membangun citra produk anda dengan baik. Kemasan bisa menjadi salah satu ciri khas produk anda, sehingga akan mudah dikenal konsumen. Tujuan dan fungsi pengemasan sangatlah beragam mulai dari branding, keamanan, merek, visualisasi, deskripsi dan masih banyak yang lainnya.

Memilih kemasan yang sesuai dengan produk

Anda tentu telah memahami betul kriteria dan kebutuhan yang ada pada produk anda sendiri. Memilih kemasan yang sesuai dengan produk yang anda jual, tentu akan sangat penting untuk diputuskan. Pengemasan yang baik adalah kemasan yang mampu memberi nilai lebi pada produk yang dikemas.

Kemasan sangat beragam tentang jenis bahan dan bentuknya. Anda tinggal memilih apa yang paling cocok dan sesuai dnegan apa yang produk anda butuhkan. Misalkan ketika produk anda adalah berbentuk cair (liquid) anda bisa mngambil opsi kemasan botol (kaca, plastik, alumunium dll). Semua tergantung bagaimana anda akan mengenalkan prosuk anda ke konsumen.

Artikel terkait : 5 Konsep Pondasi Membangun Brand Perusahaan / Produk dengan Baik

Contoh contoh pengemasan :

  • Kemasan kardus
  • Kemasan organik (daur ulang)
  • Kemasan botol
  • Kemasan alumunium foil
  • Kemasan zipper lock
  • Kemasan plastik
  • Kemasan kanvas
  • dan masih banyak lainnya

Kemasan yang menjadi ciri khas dan merek produk

Terbayang ketika anda sedang mencari suatu produk di swalayan. Pasti yang anda ingat pertama kali adalah bentuk kemasan produk. Semua mengulas tentang pengemasan produk itu sendiri. Bentuknya gimana, warnanya apa, tulisannya , tata letaknya. Menjadi satu dan secara tak langsung menjadi merek produk anda sendiri.

Maka dari itu, pertimbangkan untuk mengambil desain dan komposisi yang adal dalam kemasan produk anda. Karena itu juga merupakan bentuk masa depan dari produk anda. Walaupun itu bisa diperbaiki ditahun-tahun berikutnya. Namun setidaknya itu tidak merombak secara keseluruhan kemasan yang telah anda bentuk untuk produk anda.

Artikel terkait : 3 Tips dan Tujuan Membangun Kesadaran Merek

Bentuk dan model kemasan :

  • Box
  • Botol
  • Pouch
  • Sachet
  • dll

Pengemasan dengan fungsi sebenarnya

Fungsi kemasan yang paling utama adalah melindungi produk yang ada didalamnya. Jadi kemasan anda tidak boleh keluar dari kaidah awalnya. Estetika dan keindahan memang juga berperan penting dalam pemasaran. Namun harus tetap menjaga fungsi yang utama, kemudian menerapkan kaidah-kaidah selanjutnya untuk menjadi kemasan produk anda.

Fungsi kemasan :

  • Melindungi produk yang ada didalamnya
  • Membangun merek
  • Kemudahan distribusi
  • Menambah nilai penjualan
  • Kepercayaan konsumen

Memodifikasi Kemasan dan Mengikuti Tren

Tren adalah gaya baru dalam dunia pemasaran produk. Mengikuti tren juga penting untuk lebih mengenalkan produk anda pada konsumen-konsumen baru yang terjaring. Modifikasi kemasan anda setiap beberapa waktu berjalan. Membuat ide segar dan memberi kesan lebih pada produk yang anda buat.

Namun ingat untuk menjaga alur besar bagaimana kemasan anda telah terbentuk. Jangan merombak semuanya dari nol, kecuali dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk deasin kemasan anda.

Sebenarnya terlalu sering mengganti deasin kemasan juga tidak terlalu bagus untu citra merek yang telah dibangun. Namun itu perlu dilakukan jika telah dilakukan pengujian kemasan lama dan baru. Mengkin jika  kemasan lama sebelumnya banyak mendapat banyak kritik dari konsumen. Dan pada akhirnya anda membangun kemasan baru dengan mempertimbangkan masukan dari para konsumen dan pengujian pasar pada sebelumnya.

Artikel terkait : Tips Memahami Kebutuhan Pasar Generasi Millenial

Contoh ide kemasan unik untuk merek produk

kemasankemasan kemasan kemasan kemasan kemasan kemasan kemasan

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Freelance Adalah

ronisafaat
2 min read

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *