ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Ciri Pemimpin Yang Baik

3 min read

Ciri Pemimpin Yang Baik

Pemimpin adalah seorang yang memiliki tanggung jawab dan tugas yang berat untuk menjalankan sebuah organisasi atau pekerjaan. Kebijaksanaan dituntut untuk sesalu dimiliki oleh setiap pemimpin yang baik. Tak jarang pemimpin harus bisa mengendalikan kondisi dan orang yang berada dibawahnya, sehingga keadaan selalu dapat di kuasai dan dapat menemukan solusi secepatnya.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang selalu memperhatikan dan mau berkontribusi dalam setiap kegiatan organisasi atau pekerjaan. Dalam kegiatannya mereka memiliki tugas dan fugsinya sendiri. Seperti tugas mengawasi atau berkontribusi secara langsung terhadap kegiatan tersebut.

Ciri Pemimpin Yang Baik

Ciri ciri pemimpin yang baik adalah seorang yang mampu menguasai struktur organisasi yang telah ia bangun sendiri. Menguasai dalam artian mereka memiliki tugas dan fungsi sesuai takarannya. Terlibat dalam berbagai kegiatan dan pengambilan keputusan organisasi. Memberi solusi terhadap permasalahan yang muncul, dan bisa melakukan analisa terhadap perkembangan maupun penurunan kualitas organisasi maupun pekerjaan.

Berikut adalah ciri ciri pemimpin yang baik dan bisa diandalkan :

1. Pemimpin yang Akuntable dan Bertanggung Jawab

Mereka tahu cara tepat dan sesuai dengan kadar yang tepat pula menggunakan jabatan mereka sebagai seorang pemimpin. Dalam berbagai hal mereka selalu menempatkan diri mereka sebagai seorang yang memiliki kadar posisi yang pas. Tidak terlalu mengikat dan mengekang sehingga bawahan mereka lebih fleksibel dan inovatif, dan tidak terlalu melepas dan membiarkan organisasi mereka dalam keadaan tercerai berai tanpa ada pengikat.

Pemimpin tahu dimana mereka harus bertanggung jawab. Dalam pekerjaan yang mereka lakukan, atau oleh pekerjaan yang organisasi tersebut lakukan. Bukan semata hanya menyalahkan bawahan, namun mereka akan lebih untuk mencari ide dan solusi agar segera keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

2. Bisa Mengambil Keputusan

Bukan semata hanya mengambil keputusan dengan cepat, namun sebagai seorang pemimpin mereka harus bisa mengambil keputusan yang tepat sekaligus cepat. Mengambil keputusan adalah hal yang cukup berat untuk dilakukan. Mengingat setelah keputusan diambil, itu tidak berhenti disana. Keputusan tersebut yang akan mempengaruhi keadaan yang akan datang atas kepemimpinan mereka.

Dalam beberapa keadaan mereka diharuskan mengabil keputusan yang berat. Dengan berbagai pertimbangan mereka harus benar-benar bisa memilih yang terbaik. Bahkan dalam keadaan mendesak yang akan beberapa kali muncul mereka tetap harus bisa mengambil keputusan yang tepat. Atau bahkan mengakomodasi pegambilan suara (voting) jika keputusan tersebut berkesinambungan dan memiliki efek yang luas bagi organisasi maupun pekerjaan.

3. Bekerja Tidak Hanya Memerintah

Sesungguhnya menjadi pemimpin berarti mau untuk bekerja lebih keras dan lebih dalam segala hal untuk organisasi maupun pekerjaan. Mereka harus memiliki etos kerja yang tinggi. Sebagai seorang panutan dan contoh bagi bawahannya, secara tidak langsung bawahan mereka adalah cerminan dari mereka itu sendiri,

Tak jarang mereka hanya tau memerikan perintah tanpa memberi contoh dan cara bekerja yang baik dan benar. Pokoknya mereka thu beres dan jadi. padahal sebagai seorang pemimpin yang baik, mereka harus menjadi contoh yang biak pula. Mereka bekerja lebih keras dan memberi perintah sesuai dengan takarannya masing-masing.

4. Menghormati dan Dihormati

Menghormati orang lain adalah salah satu ciri yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Mereka buka haya mau untuk selalu dihormati oleh orang yang berada di bawahnya, namun mereka mau untuk saling menghormati dan menhargai satu sama lain.

Mereka tidak pernah menuntut untuk selalu dihormati dengan ditakuti oleh setiap orang. Menghargai adalah menggunakan cara yang tepat dalam berbagai situasi dan sesuai dnegan kondisi dan takarannya.

5. Membangun Tim dan Mempromosikan Tim

Membangun tim adalah tugas yang cukup menantang untuk dilakukan. Bagaimana tidak, tim adalah sekumpulan orang yang memiliki visi misi dan tujuan yang sama. Membangun tim adalah bagaimana mengerti satu sama lain.

Pemimpin yang baik mampu mengendalikan tim mereka untuk bekerja secara optimal dan produktif. Mampu meyeleksi apa yang harus mereka kerjakan dan sekaligus apa yang akan mereka dapatkan.

6. Pemimpin Mempunyai Visi dan Misi Masa Depan

Membangun masa depan yang cerah dnegan memiliki tujuan yang jelas dan terarah. Pemimpin harus mempunyai visi dan misi untuk masa depan organisasi maupun pekerjaan mereka. Setelah mempunyai visi masa depan yang jelas, maka mereka akan membangunnya perlahan-lahan.

Mereka akan membag visi masa depan menjadi beberapa bagian kecil. Menjadi beberapa tujuan jangka pendek untuk pada akhirnya mewujudkan tujuan dan visi masa depan yang telah ditentukan sebelumnya.

7. Bersedia Belajar Hal Baru

Mereka bukan merupakan tipe yang akan puas dengan apa yang telah mereka kuasai tentang materi pembelajaran. Selalu mau belajar adalah salah satu kunci menjadi seorang pemimpin yang baik. Bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, jika dirinya sendiri tidak mau berkembang dan belajar hal-hal yang baru.

Berpikir dewasa dan selalu membuka diri untuk menerima wawasan baru, dan bersedia mendengarkan masukan orang lain. Mereka akan mengerti bahwa dirinya tidak bisa menguasai semua hal, maka mereka akan sangat bersedia untuk menerima pembelajaran hal-hal baru.

8. Menciptakan dan Membina Kreatifitas dan Inovasi

Mereka tahu bahwa kreatifitas dan inovasi dapat muncul dimana dan kapan saja. Setelah mereka menciptakan inovasi, mereka bukan tipe yang bersikeras agar inovasi tersebut diterapkan. mereka akan lebih memilih unutk menimbang dan meneliti terlebih dahulu inovasi yang akan diluncurkan tersebut.

Dengan melibatkan semua komponen dalam organisasi ata pekeraan untuk emnimbang apakah inovasi tersebut bisa diterapkan atau tidak. mereka juga akan mendorong semua pihak untuk turut berkontribusi menemukan ide kreatif dan inovasi baru untuk emngembangkan organisasi mupun pekerjaan tersebut.

9. Pemimpin Mampu Membangun Hubungan Baik

Membangun hubungan adalah kunci dari sebuah organisasi maupun perushaan. Maka dari itu membangun hubungan yang baik, maupun dengan konsumen, antar organisasi, antar perusahaan atau antar anggota organisasi itu sendiri.

Pemimpin mengakomodir hubungan baik dan berkelanjutan, sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik. Sehingga suatu saat hubungan tersebut dapat saling menguntungkan oleh pihak yang bersangkutan.

10. Memperlakukan Orang Lain Dengan Baik

Mereka tahu betul menghargai orang lain dan mampu memperlakukan orang lain dengan baik adalah kunci dari kesuksesan hubungan abadi. Memperlakukan orang dengan baik berarti mereka telah membangun tujuan masa depan untuk saling berkontribusi dengan baik.

Mereka akan berpikir, jika ingin diperlakukan orang lain dengan baik, maka mereka juga harus memperlakukan orang lain dnegan baik pula.

11. Pemimpin yang Mengikuti Tren

Tidak bisa dipungkiri bahwa zaman akan semakin maju, dan apa yang telah mereka pelajari tidak bisa diterapkan sepanjang masa. Mengikuti tren dapat menjadikan seorang pemimpin mampu menciptakan kebijakan yang lebih pas dan sesuai untuk diterapkan.

Mereka tidak harus selalu terpaku oleh peraturan lama, sehingga mempelajari dan memasukkan halbaru dengan mengikuti tren akan jauh lebih memiliki dampak yang positif.

Semaur.com rasa cukup untuk kalian ketahui mengenai bagaimana mejadi seorang pemimpin yang baik. Menjadi pemimpin bukan hanya sekedar berada diatas saja, namun bagaimana kalian mengambil peran dan mampu menjalankan perang tersebut dengan baik dan benar. Apakah Anda memiliki ciri ciri sebagai seorang pemimpin yang baik dan bijaksana?

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Freelance Adalah

ronisafaat
2 min read

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *