ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

4 min read

20+ Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, Contoh Bisnis Pembelajaran SD

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah suatu kegiatan yang dikerjakan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu barang atau produk nyata.

Dalam kehidupan pekerjaan kita sehari-hari maka berdasarkan hasilnya pekerjaan di bagi menjadi dua definisi yaitu : Pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa atau layanan.

Di zaman yang sekarang ini, maka segala jenis perubahan layaknya telah terjadi. Bahkan meliputi berbagai aspek yang sangat mendetail sekalipun. Tak terelakan bahwa dalam bidang pekerjaan pun sekarang telah mengalami banyak perubahan.

Diwajibkan untuk memodifikasi dirinya sendiri untuk menyeimbangkan dan memenuhi kebutuhan pasar tentunya.

Untuk itu, kali ini semaur akan membahas pekerjaan yang menghasilkan barang dengan memodifikasi pekerjaan tersebut sesuai dengan kebutuhan pasar. Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah materi yang diajarkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar.

Maka anda tak akan asing dengan istilah dan perkataan tersebut tentunya. Untuk menyingkat waktu membaca anda, simaklah pembahasan pekerjaan yang menghasilkan barang berikut ini.

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, Beserta Produk yang Dihasilkan :

  1. Petani : Menghasilkan Sayuran, Bahan Pokok Pangan
  2. Peternak :Menghasilkan Daging dan Telur
  3. Pelukis : Menghasilkan Lukisan dan Karya Seni
  4. Koki dan Juru Masak : Menghasilkan Makanan dan Hidangan
  5. Penjahit : Menghasilkan Baju dan Pakaian
  6. Tukang Kayu : Menghasilkan Meubel dan Perlengkapan Rumah
  7. Desainer : Menghasilkan Pola dan Rancangan atau Prototype
  8. Pengrajin : Menghasilkan Buah Tangan dan Karya Seni
  9. Nelayan : Menghasilkan Ikan dari tangkapannya
  10. Percetakan : Menhasilkan produk selebaran dan spanduk

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Beserta Layanan yang Dihasilkan :

11. Guru : Jasa pelayanan mengajar muridnya

12. Dokter : Jasa pelyanan mendiagnosa dan mengobati orang sakit

13. Tentara : Jasa pelayanan menjaga kedaulatan negara

14. Polidi : Jasa pelayanan menjaga kenyamanan dan ketertiban masyarakat

15. Tukang Cukur : Jasa pelayanan memotong rambut

16. Montir : Jasa pelayanan memperbaiki kendaraan’

17. Sopir : Jasa pelayanan membawa kendaraan

18. Pramugari : Jasa pelayanan penumpang pesawat

19. Pengacara : Jasa pelayanan pembelaan konsumen

20. Artis : Jasa pelayanan hiburan masyarakat

21. Penyanyi : Jasa pelayanan hiburan musik pertunjukan

Pembahasan :

1. Petani : Menghasilkan Sayuran, Bahan Pokok Pangan

Petani adalah seorang pekerja yang mengolah lahan sawah atau kebun untuk menghasilkan suatu produk tamanan. Petani sekarang adalah suatu profesi pekerjaan yang kurang diminati oleh generaai muda.

Banyak faktor yang memengaruhi generasi muda tidak begitu tertarik dengan profesi pekerjaan menjadi seorang petani.

ulai dari anggapan pekerjaan petani adalah pekerjaan kotor (Debu tanah dan kompos pupuk), hingga karena memang produk petani di negara ini kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Terkadang harga panen yang anjlok begitu saja, menjadi salah sau yang sangat diperhitungkan generai muda sekarang ini.

Peluang Bisnis Petani Generasi Baru : Jika anda berniat untuk menjadi seroang petani dizaman sekarang. Maka anda akan mendapatkan beberapa opsi yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan kualitas pekerjaan anda.

Untuk menjadi petani sekarang ini banyak sekali peluang yang terbuka lebar untuk anda kuasai. Mengolah bisnis agrobisnis belakangan menjadi ide yang menarik untuk direalisasikan.

Memanfaatkan teknologi zaman sekarang untuk mengolah bisnis pertanian anda adalah terobosan yang sangat menguntungkan. Peluang pasar yang bisa anda target seperti : Sayuran organik, Tanaman Tambulampot, Sayuran hiroponik, dan masih banyak lainnya.

Menggunakan teknologi dan internet untuk menunjang kinerja petani di Indoneisa tentunya menjadi hal yang sangat menarik utnuk direalisasikan.

2. Peternak : Menghasilkan Daging dan Telur

Peternak juga merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk seperti daging dan telur. Peternak adalah seorang yang memenuhi kebanyakan kebutuhan protein hewani penduduk di negara Indonesia.

Karena pekerjaan ini memiliki resiko dan tingkat kerumitan yang lumayan sulit untuk dilakukan. Banyak anak muda enggan memilih opsi peternak sebagai pilihan profesi pekerjaan mereka.

Peluang Bisnis Peternak Generasi Baru : Salah satu kebutuhan pasar zaman sekarang dari sebuah produk seorang peternak adalah tentang jaminan kebersihan dan hygenis.

Anda bisa mengambil peluang ini dengan keungulan kebersihan yang inggi. Anda bisa memberi jaminan standar hygenis kepada konsumen anda. Dan menambahkan fitur pelayanan-pelayanan terbaru utnuk menambah nilai positif atas produk peternakan anda.

Seperti jaminan produk halal, kesegaran, keutuhan, dan memberi tanggal kadaluarsa misalnya. Itu akan menambah nilai produk dan menjawab kebutuhan pangsa pasar generasi muda sekarang ini.

3. Pelukis : Menghasilkan Lukisan dan Karya Seni

Dengan menghasilkan lukisan sebagai produk utamanya, pelukis masuk dalam pekerjaan yang memghasilkan barang atau produk. Pelukis adalah seorang seniman yang cukup disegani belakangan ini.

Namun bukan untuk menjawab kebutuhan pasar, akan tetapi hanya sebagai rasa kekaguman begitu saja.

Peluang Bisnis Pelukis Generasi Baru: Bicara tentang generasi muda, maka kita akan membahas teknologi internet. Kedua hal tersebut sangat tidak memungkinkan unutk dipisahkan begitu saja.

Maka peluang seorang pelukis di zaman generasi baru adalah, bagaimana menghasilkan suatu produk barang atau jasa yang menggabungkan kedua hal tersebut.

Bagimana cara menikmati sebuah karya seni dan menikmati tekonlogi internet secara bersamaan. Dan tidak mengesampingkan penghasilan atau nilai jual dari produk yang anda tawarkan tersebut.

4. Koki dan Juru Masak : Menghasilkan Makanan dan Hidangan

Seorang koki atau juru masak adalah seorang yang bertanggung jawab mengolah suatu bahan mentah menjadi makanan siap santap. Pekerjaan menjadi seorang koki atau juru masak memang masih banyak peminatnya di zaman sekarang ini.

Apalagi dengan adanya kompetisi-komptesi memasak yang terbuka unutk siapa saja, menambah nilai ketertarikan pada bidang kuliner yang satu ini.

Peluang Bisnis Koki dan Juru Masak Generasi Baru : Walaupun memang masih banyak peminat pada bidang pekerjaan ini, tidak menutup kemungkinann untuk anda membuat metode dan ciri khas yang baru terhadap citra seorang koki dan juru masak.

Anda masih ingat Es kepel milo, Sosis telur, Cilok dan amsakan modifikasi lainnya. Ini adalah kesempatan yang sangat menarik dan bagus peluangnya.

Menemukan menu baru yang disukai pangsa pasar dan menggarap segala kemungkinan dengan sungguh-dunggu tanpa mengesampikan kualitas produk yang anda tawarkan.

5. Penjahit : Menghasilkan Baju dan Pakaian

Penjahit adalah pekerjaan yang menghasilkan barang atau produk biasanya dalam lingkup ruang pakaian dan mode. Penjahit sekarang masih memasarkan layanan produk mereka secara konvensional.

Sehingga produk mereka tidak atau lambat untuk berkembang dan bersaing dengan produk branded atau import luar negeri.

Peluang Bisnis Penjahit Generasi Baru : Dalam pemasaran produk pakian dari hasil penjahit, anda bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan katalog dan penjualan virtual.

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti : Instagram, Facebook, Fanspage, Blog website, Ecommerce, Marketplace dan masih banyak fasilitas lain yang bisa anda gunakan.

Buatlah produk jahitan anda mengikuti mode atau bahkan membuat tren mode. Jangan hanya terpaku pada model lama tanpa ada pembaharuan secara berkala.

6. Tukang Kayu : Menghasilkan Meubel dan Perlengkapan Rumah

Lemari, kursi, meja, dan perlengkapan atau perabitan rumah lainnya adalah salah satu produk yang dihasilkan dari pekerjaan yang menghasilkan barang dari seorang tukang kayu.

Mereka adalah pekerja yang sangat berguna dan dibutuhkan sepanjang masa. Untuk peluang di zaman sekarang kuncinya adalah tentang ide baru dan segar.

Peluang Bisnis Tukang Kayu Generasi Baru : Membuat produk yang belum pernah tecipta sbelumnya. Bisa saja entang model, bentuk, atau modifikasi kegunaan dari barang tersebut.

Generasi muda menuntut desain yang ringan, simple namu tetap elegan dan bisa digunakan bagaimana fungsi sebenarnya. Estetika juga sangat memengaruhi nilai dari produk anda.

Memunculkan desain baru adalah hal yang bisa anda gunakan sebagi ujung tombak dari keunggulan produk tukang kayu yang anda hasilkan.

7. Desainer : Menghasilkan Pola dan Rancangan atau Prototype

Desainer dalah hal pekrjaan yang menghasilkan barang adalah seorang desainer yang mempunyai produk nyata. Seperti seorang deasiner baju, menghasilkan rancangan pola berupa gambar diatas selembar kertas.

Atau desainer produk, bisa menghasilkan produk prototype sebelum bisa diproduksi dan dijual secara umum.

Peluang Bisnis Desainer Generasi Baru : Menciptakan suatu pola atau rancangan yang belum pernah ada sebelumnya. Mampu membuat trensetter, dan memiliki nilai jual tinggi senagi seorang desainer.

Terlihat mudah untuk dipandang, namun akan begitu sulit untuk anda kerjakan. Desainer menggabungkan pemahaman yang baik atas bagimana kebutuhan pasa dan memikirkan bagaimana produk tersebut beda dari yang lainnya.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Gaya Kepemimpinan

ronisafaat
3 min read

Perusahaan Manufaktur

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *