ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

3 min read

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Kalian pasti sering dengar bukan mengenahi tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) ?

Nah, berikut ini semaur.com akan menjelaskan mengenahi pengertian PNS.

Apa Pengertian PNS? Seperti yang kita kita tahu salah satu profesi terbesar di Indonesia adalah Pegawai Negeri Sipil. Jumlahnya menurut data dari BPS hingga akhir 2013 mencapai 4,46 juta jiwa. Kalau ditanya ulang apa sih definis PNS itu? Pegawai negeri? Bukan itu cuma kepanjangannya saja.

Orang awam mungkin mengartikan PNS itu orang yang kerjanya di instasi pemerintah dan pemerintah daerah yang hidupnya enak karena dapat gaji dan tunjangan rutin tiap bulan. Akan tetapi definis PNS sendiri sudah diatur dalam UU kepegawaianyang lama maupun Undang-Undang Apartur Sipil Negara (ASN).

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pangkat Golongan PNS dan Tingkatan Jabatannya

PNS atau Pegawai Negeri Sipil merupakan pejabat berwenang yang memenuhi syarat dan di berikan tugas negara pada instansi tertentu sesuai peraturan undang-undag. Bekerja sebagai PNS banyak diminati karena menjanjikan gaji dan tunjangan yang besar, sesuai dengan tingkat jabatan PNS yang dijabat.

Tiap tahun ribuan pendaftar mengikuti tes CPNS. Mereka berlomba-lomba agar diterima masuk menjadi PNS. Banyak yang ingin menjadi PNS, selain gajinya yang cukup besar, juga masih mendapatkan tunjangan dan uang pensiun pula.

Memang tidak mudah untuk diterima menjadi PNS karena banyak yang melamar tiap tahun. Dan tak sedikit yang baru diterima setelah mencoba berulang kali.

Akan tetapi hal itu diwajarkkan mengingat bekerja sebagai PNS memang cukup menjanjikan. Bagi yang ingin mendaftar masuk menjadi PNS, ada baiknya untuk mengetahui urutan pangkat PNS yang perlu Anda pelajari.

Kepangkatan PNS tentu juga mempengaruhi gaji yang didapat. Besar gaji pokok PNS pun berubah-ubah tergantung pada keputusan pemerintah yang menjabat.

Ada 4 (empat) golongan PNS pada tiap-tiap jabatan yang ada. Hal ini mempengaruhi besaran gaji yang dierima serta tugas dan pekerjaan tiap golongan PNS.

Golongan pangat PNS yang paling rendah adalah golongan I atau juru. Sementara jabatan PNS tertinggi adalah golongan IV atau pembina.

Secara umum pada tiap jenjang kepangkatan PNS dibagi menjadi beberapa jenis, misalnya pada golongan I terdiri dari juru muda, juru muda tingkat I, juru dan juru tingkat I.

Kelas jabatan PNS juga terus bertahap menuju golongan II (pengatur), golongan III (penata) hingga golongan IV (pembina.

Tabel Urutan Pangkat dan Golongan PNS

Berikut ini merupakan tingkatan pangkat golongan PNS mulai dari yang tertinggi yakni golongan IV (pembina) sampai yang terendah yaitu golongan I (Juru).


JENIS PANGKAT

GOLONGAN

RUANG
Golongan IV (pembina)
Pembina Utama IVE
Pembina Utama MadyaIVD
Pembina MudaIVC
Pembina Tingkat IIVB
Golongan III (penata)
Penata Tingkat I IIID
Penata III C
Penata Muda Tingkat I III B
Penata MudaIII A
Golongan II (Pengatur)
Pengatur Tingkat I IID
PengaturIIC
Pengatur Muda Tingkat IIIB
Pengatur MudaIIA
Golongan I (Juru)
Juru Tingkat I ID
JuruIC
Juru Muda Tingkat IIB
Juru MudaIA

Lalu apa yang dimaksud dengan Juru, pengatur, penata dan pembina dalam golongan kepangkatan PNS?

1. PEMBINA

Pembina adalah jenjang kepangkatan untuk PNS Golongan IV/a hingga IV/e dengan sebutan secara berjenjang: pembina, pembina tingkat I, pembina utama muda, pembina utama madya dan pembina utama.

Sebagai jenjang tertinggi, kepangkatan ini tentunya diperoleh sesudah melalui suatu PERJALANAN KARIER YANG PANJANG SEBAGAI PNS.

Ini berarti pekerjaan pada kelompok kepangkatan pembina semestinya bukan saja menuntut suatu keahlianbidang ilmu tertentu yang mendalam, namun juga menuntut suatu kematangan dan kearifan kerja yang sudah diperoleh sepanjang masa kerjanya.

Dengan demikian, pembina adalah model peran bagi jenjang-jenjang di bawahnya guna keperluan membina dan mengembangkan kekuatan sumberdaya untuk jangkauan ke depan.

2. PENATA

Penata adalah jenjang kepangkatan untuk PNS Golongan III/a hingga III/d dengan sebutan secara berjenjang: penata muda, penata muda tingkat I,penata dan penata tingkat I.

Apabila kita lihat dari persyaratan golongannya maka yang akan menempati golongan ini adalah mereka yang pendidikan formal jenjang S1 atau Diploma IV ke atas, atau yang setingkat.

Dari ketentuan tersebut dapat diasumsikan bahwa pekerjaan-pekerjaan di tingkat kepangkatan penata sudah mulai menuntut suatu keahlian bidang ilmu tertentu dengan lingkup pemahaman kaidah ilmu yang telah mendalam.

Dengan pemahamannya yang komprehensif tentang sesuatu maka penata bukan lagi sekedar pelaksana, melainkan sudah memiliki tanggung jawab menjamin mutu proses dan keluaran kerja tingkatan pengatur.

3. PENGATUR

Pengatur merupakan jenjang kepangkat untuk PNS Golongan II/a hingga II/d dengan sebutan secara berjenjang: pengatur muda, pengatur muda tingkat II, pengatur, dan pengatur tingkat I.

Jika dilihat dari persyaratan golongannya maka yang menempati golongan ini adalah mereka dengan pendidikan formal jenjeng sekolah lanjutan atas hingga diploma III, atau yang setingkat.

Dari ketentuan tersebut dapat diasumsikan bahwa pekerjaan-pekerjaan di tingkat kepangkatan pengatur sudah mulai menuntut suatu ketrampilan dari bidang ilmu tertentu.

Namun sifatnya sangat teknis. Dengan demikian pada tingkat ini, pengatur adalah orang yang melaksanakan langkah-langkah realitasi suatu kegiatang yang merupakan operasionalisasi dari program instansinya.

4. JURU

Juru merupakan jenjang kepangkatan untuk PNS golongan I/a hingga I/d. Apabila dilihat daripersyaratan golongannya, maka yang menepati golongan ini adalah mereka dengan pendidikan formal jenjang sekolah dasar, sekolah dasar lanjutan pertama,atau yang setingkat.

Dari ketentuan tersebut dapat diasumsikan bahwa pekerjaan-pekerjaan di tingkat kepangkatan juru baru membutuhkan kemampuan dasar dan belum menuntut suatu ketrampilan bidang ilmu tertentu.

Dapat juga dikatakan bahwa juru merupakan pelaksana pembantu (pemberi asistensi) dalam bagian kegiatan yang menjadi tanggung jawab jenjang kepangkatan di atasnya (pengatur).

Demikian referensi tingkatan jabatan PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Indonesia dari yang tertinggi sampai terendah sejauh ini.

Urutan jabatan PNS diatas telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan pemerintahan saat ini. Kenaikan pangkat PNS akan diberikan setelah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2015 – Sekarang

Pada tanggal 4 Juni 2015, PRESIDEN JOKO WIDODO menandatangani Peraturan Pemerintahan Nomer 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 1977 mengenai gaji pegawai negeri sipil.

Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengalami kenaikan gaji sebesar 6 persen di tahun 2015, dimana gaji terendah PNS adalah Rp.1.488.500/bulan. Gaji pokok tersebut untuk PNS Golongan I/a dengan mas kerja 0 tahun.

Sementara gaji pokok tertinggi untuk PNS adalah Rp.5.620.300/bulan unuk PNS Golongan IV/e dengan masa kerja 32 tahun. Pemerintah berencana akan mengubah stuktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akan dibahas di sidang kabinet mendatang.

Rencana perubahan struktur gaji PNs masih dalam tahap pengkajian, maka dari itu Peraturan Pemerintahan Nomor 30 tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintahan Nomor 7 Tahun 1977 mengenai gaji pegawai negeri sipil masih berlaku hingga sekarang.

Apa Itu Fungsional Guru?

Fungsional Guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur formal ,pendidikan dasar dan lain sebagainya.

Itulah yang bisa Semaur.com bagikan tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Semoga berguna dan bisa menjadi referensi sebelum emastikan ketertarikan Anda pada Pegawai Negeri Sipil (PNS).

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *