ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

4 min read

Motivasi Kerja

Motivasi kerja adalah hal yang perlu kita keyahui untuk menunjang kehidupan pekerjaan dan sosial kita. Apa yang menjadi prioritas hidup Anda, apa yang menjadi penyemangat kerja, dan apa yang menjadi alasan kita bekerja?

Motivasi adalah hal yang perli kita cari, bukan hanya menunggu datangnya motivasi itu dengan sendirinya. Banyak hal yang bisa menjadi alasan munculnya motivasi dalam diri anda, dalam hal ini terutama adalah motivasi dalam bekerja.

Interview berlangsung biasanya memasukkan pertanyaan ini ” Apa motivasi Anda bekerja di perushaan ini?”

Tentu orang yang tidak memiliki suatu tujuan pasti yang telah mereka susun sebelumnya, akan kebingungan ketika mendapati pertannyaan ini dalam interview kerja mereka.

Jadi, mari kita bahas sedikit tentang motivasi kerja dipagi hari ini, tentukan dan buatlah langkah-langkah dan proses yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

A. Membetuk Motivasi Kerja untuk Menjadi Orang Sukses

Motivasi Kerja

1. Untuk Apa Anda Bekerja

Bekerja untuk uang, bekerja untuk pengalaman, bekerja untuk menambah wawasan, atau bekerja untuk apapun itu yang menjadikan alasan kuat sehingga motivasi kita muncul dalam bekerja dengan sungguh-sungguh.

Tidak menutup kemungkinan bahwa semua prang bekerja adalah untuk uang. Tetapi ada kemungkinan juga bahwa uang tidak di nomor satukan. Jadi temukan apa alasan anda bekerja dan jadikan itu motivasi kalian.

Jika kalian telah menentukan untuk apa kalian bekerja, maka selanjutnya adalah hal yang tidak mudah pula untuk mencapai tujuan anda tersebut tercapai.

Tentukan langkah awal dan perencanaan usaha anda. Itu penting untuk memulai bukan hanya sebatas memikirkan dan mengangan-angan tujuan bekerja Anda.

2. Untuk Siapa Anda Bekerja

Siapa yang menjadi alasan untuk kita bekerja? Keluarga, pacar, istri, atau bahkan untuk anda sendiri. Itu penting untuk anda tetap dalam keadaan termotivasi dalam bekerja, bahkan ketika kita sedang emgalami masa-masa sulit sekalipun.

ketika kita mengetahui bahwa kita bekerja untuk siapa, kita akan semakin semangat dalam bekerja, dalam hal ini lebih berpengaruh dalam hal psikologi dan pikiran anda dalam menciptakan motivasi untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Saya bekerja untuk diri saya sendiri, apakah hal tersebut salah?”

Tentu tidak, seseorang yang pertmaa harus anda bahagiakan adalah diri anda sendiri. Bagaimana mungkin kita akan membahagiakan orang lain, jika diri kita sendiri bahkan tidak merasa bahagia sedikitpun.

Jadikanlah sebuah hal/benda/seseorang untuk tetap menjaga motivasi anda , bahwa mebagahiakan diri sendiri dan membahagiakan orag lain adalah hal yang membuat kita bahagia.

3. Bagaimana Anda Bekerja

Bagaimana kita akan menjalani kehidupan bekerja ini? Apakah dengan hanya mengikuti arus seperti aliran air yang mengalir begitu saja?

Orang yang melakukan hal tanpa sebuah perencanaan adalah orang yang buruk. Bagaimana anda akan berhasil dan sukses dalam kehidupan ini, sedangkan rencana untuk kehidupan anda itu tidak ada sama sekali.

Menentukan yang menjadikan motivasi kerja keras sehingga tujuan apa yang telah kita rencanakan dapat tercapai. Semua hal yang baik tidak akan mudah untuk kita dapatkan. Sekali lagi buatlah rencana dan rancangan bagaiamana proses dan langkah-langkah yang haru anda tempuh sehingga tujuan akan tercapai.

Jadi, semua hal yang akan anda dapatkan kelak entah keberhasilan atau keterpurukan tergantung pada proses apa yang anda lakuakn hari ini.

B. 4 Langkah Untuk Menemukan Motivasi Kerja Anda di Kantor

Motivasi Kerja

Semakin sedikit motivasi kerja anda di kantor maka semakin menurun pula tingkat produktifitas dan semangat anda bekerja akan semakin turun bersamanya waktu. Ini akan menajdi sebuah jebakan dimana kita akan terperangkap didalam kekacauan pikiran kita sendiri.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk bisa mendapatkan kembali motivasi kerja keras, kebahagiaan Anda, dan kepuasan Anda secara keseluruhan? Coba cermati empat tips ini.

1. Minta Saran dan Kritik yang Membangun (Feedback)

Terkadang, Anda terlalu fokus pada pekerjaan Anda sehingga Anda tidak bisa melihat hal-hal kecil yang dapat Anda tingkatkan, atau bahkan menambahkan kualitas pekerjaan Anda.

Kita tidak dapat mengetahui bagaimana melakukan pekerjaan dengan proses yang lebih baik atau berpikir bahwa kita tidak memberikan kontribusi pada perusahaan tentu akan menurunkan motivasi kerja kita.

Salah satu cara untuk memperbaiki ini adalah meminta saran dan krtik yang membangun kepada rekan kerja atau pemimpin Anda. Selalu ada ruang untuk belajar dan tumbuh profesional. Tiidak ada yang lebih baik untuk membantu Anda tubuh selain orang-orang yang berinteraksi dengan Anda setiap hari, dan yang mengetahui pekerjaan Anda.

2. Ucapkan Selamat kepada Karyawan Lain

Motivasi Kerja

Jika Anda merasa inspirasi dan pikiran kita macet, cara yang bagus untuk mengeluarkan diri dari kekosongan adalah melepaskan fokus dari diri sendiri dan mulai merayakan keberhasilan orang lain di sekitar Anda. Pemikiran positif semacam ini berpengaruh pada persahabatan yang lebih kuat dan bahkan kepuasan dan pendapatan yang lebih baik.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang memiliki lebih banyak interaksi positif dengan rekan kerja mereka akan lebih produktif dan lebih membuat kontribusi lebih banyak. Jadi layak untuk meluangkan sedikit waktu untuk memberi selamat kepada orang-orangyang berhasil atas promosi atau proyek yang telah selesai, atau bahkan hanya memuji mereka atas pekerjaan yang telah mereka lakukan dengan baik.

3. Beranilah untuk Mengatakan “Tidak”

Sangat menggoda untuk mengatakan ya untuk segalanya, terutama jika Anda merasa sedak tidak termotivasi oleh apapapun. Kita akan berpikir bahwa semakin banyak proyek yang kita ambil atau semakin banyak acara yang Anda hadiri, semakin besar kemungkinan kita untuk menemukan motivasi Anda lagi.

Sayangnya, mengatakan ya untuk semuanya sebenarnya bisa membuat Anda lelah dengan sangat cepat. Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa mengatakan tidak dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan mental.

Jika Anda merasa bingung antara ingin membuat orang lain bahagia dan ingin membuat diri Anda bahagia, ingat: Mengatakan tidak pada apa pun yang mereka minta dari Anda hanyalah cara lain untuk mengatakan ya pada apa yang benar-benar ingin Anda lalikan dengan komiten anda sendiri.

4. Beristirahatlah !

Mungkin kita berpikir untuk ingin bekerja keras tanpa batas, tetapi ini mungkin bukan tindakan terbaik. Tahukah Anda bahwa orang Amerika meninggalkan rata-rata 3,2 hari liburan tanpa digunakan. Kebiasaan tidak berlibur harus dihentikan! Beristirahat dari pekerjaan itu bisa membuat Anda segar dan segar kembali.

Faktanya, sebuah studi oleh Harvard College menunjukkan bahwa 94% pekerja yang berlibur menyatakan bahwa mereka memiliki energi yang banyak setelah kembali dari liburan dan perjalanan yang menyenangkan. 55% mengonfirmasi bahwa mereka kembali bekerja dengan tingkat energi yang lebih tinggi daripada sebelum liburan.

Pada titik tertentu kita bisa saja kehilangan motivasi kita dalam bekerja, merasa hampa dan berada dititik terndah dalam hidup kita

Aku pernah disana. Saya mengerti.

Tetapi mengetahui bagaimana cara merespons kekurangan motivasi kerja kita adalah perbedaan antara mencari jalan baru atau tetap tersesat. Ikuti tips ini dan Anda mungkin menemukan motivasi Anda kembali!

C. Kata Kata Motivasi Kerja

“Concentrate all your thoughts upon the work in hand. The sun’s rays do not burn until brought to a focus. “
Alexander Graham Bell

“Either you run the day or the day runs you.”
Jim Rohn

“I’m a greater believer in luck, and I find the harder I work the more I have of it.”
Thomas Jefferson

“When we strive to become better than we are, everything around us becomes better too.”
Paulo Coelho

“Opportunity is missed by most people because it is dressed in overalls and looks like work.”
Thomas Edison

“You’ve got to get up every morning with determination if you’re going to go to bed with satisfaction.”
George Lorimer

“Don’t judge each day by the harvest you reap but by the seeds that you plant.”
Robert Louis Stevenson

“Just one small positive thought in the morning can change your whole day.”
Dalai Lama

“One of the best pieces of advice I ever got was from a horse master. He told me to go slow to go fast. I think that applies to everything in life. We live as though there aren’t enough hours in the day but if we do each thing calmly and carefully we will get it done quicker and with much less stress.”
Viggo Mortensen

“Whether you think you can, or you think you can’t – you’re right.”
Henry Ford

“Time is an equal opportunity employer. Each human being has exactly the same number of hours and minutes every day. Rich people can’t buy more hours. Scientists can’t invent new minutes. And you can’t save time to spend it on another day. Even so, time is amazingly fair and forgiving. No matter how much time you’ve wasted in the past, you still have an entire tomorrow.”
Denis Waitley

“Don’t wish it were easier. Wish you were better.”
Jim Rohn

“Do the hard jobs first. The easy jobs will take care of themselves.”
Dale Carnegie

“Developing a good work ethic is key. Apply yourself at whatever you do, whether you’re a janitor or taking your first summer job because that work ethic will be reflected in everything you do in life.”
Tyler Perry

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *