ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Menjadi Fotografer Kekinian !!! Peluang Baru Kerja Sampingan

2 min read

fotografer

fotograferMasih jarang orang yang hobi dan bisa menghasilkan foto bagus namun merubah mereka menjadi komersil. Menjadi fotografer bukan berarti harus membeli semua perlengkapan yang expert dan mahal. Anda bisa memulai dengan peralatan yang sederhana terlebih dahulu. Jika anda merasa masih pemula jangan mengambil job-job besar seperti fotografer pengantin, dokumentasi acara , atau kegiatan yang bersifat sangat penting bagi pemilik hajatan. Anda bisa memulai dengan job kecil seperti fotografer prewedding atau couple,fotografer bayi baru lahir bahkan ke segmen yang lebih ringan seperti acara hunting yang bertujuan hanya untuk posting di media sosial.

Ingin selalu tampil trendy dan selalu up to date menjadi keharusan bagi sebagian masyarakat belakangan ini. Foto-foto yang bagus menjadi kebutuhan penting bagi mereka. Anda dapa mengambil kesempatan di dalam ruang ini. Tidak semua orang dapat mengalbil gambar atau memotret dengan hasil yang bagus. Jika anda tertarik pada bidang fotografi anda bisa menjadi fotografer freelance maupun penuh.

Namun anda harus tetap ingat untuk mengambil nilai dari jasa anda. Bisa dengan tarif atau iklan promosi misalnya. Lalu apa saja yang harus anda perhatikan untuk memulai menjadi fotografer ?

1. Kemampuan Fotografi

Kemauan untuk selalu belajar dapat menjadi salah satu energi positif yang sangat baik. Jika anda telah mempunyai kemampuan yang bagus dalam fotografi maka anda akan mudah menjalankan bisnis fotografi ini. Bisnis fotografi adalah bisnis yang berbasis dengan profesi. Maka akan lebih baik jika anda menguasai teknik-teknik fotografi.

Meskipun jika anda tidak mempunyai keahlian fotografi dan akan menggandeng fotografer profesional untuk bekerja sama, namun kemauan untuk selalu belahar harus selalu ada. Saat pemilik bisnis benar-benar mengetahui tentang fotografi, maka passion akan muncul dan akan lebih bisa memajukan, mengelola dan mengembangakan bisnis fotografinya.

2. Konsumen Fotografi

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis fotografi anda adalah memnentukan pangsa pasar anda. Ada banyak sekali pangsa pasar yang dibentuk menjadi sangat luas. Anda bisa mengambil salah satu bidang dan menjadikannya ciri khas dan keunggulan anda. Beberapa bidang fotografi yang bisa anda pilih adalah :

  • Fotografer Wisata

Ini adalah pangsa pasar baru, kebutuhan akan foto yang bagus untu media sosial yang menjadi kebutuhan khusus bagi masyarakat sekarang. Anda bisa membuka jasa anda dengan membuka di daerah wisata maupun dengan pesan (booking) untuk menentukan jadawal

  • Fotografer Makanan atau Kuliner

Makanan pun sekarang tak mau kalah bergaya dengan yang lain. Fotografi makanan biasanya digunakan untuk media promosi atau iklan berjualan. Dengan menghasilkan foto makanan yang menarik, maka akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik dan penasaran.

  • Fotografer Produk

Biasanya produk pakaian, kecantikan maupun kerajinan. Tujuan mereka sama yaitu gambar yang memikat konsumen. Karena pasar model sekarang adalah pasar online, mau tak mau mereka hanya mengandalkan foto produk yang semenarik mungkin.

  • Fotografer Jurnalistik

Anda bisa memotret kehidupan masyarakat sosial. Kehidupan sehari-hari, kegiatan masyarakat, atau mengambil gambar kejadian-kejadian atau peristiwa yng baru saja terjadi. Biasanya foto ini dibutuhkan untuk media jurnalistik, seperti percetakan, riset atau sebagai sumber berita.

  • Fotografer Prewedding atau Wedding

Dalam bidang ini anda harus benar-benar menguasai tentang fotografi. Karena momen-momen ini sangat penti bagi konsumen anda, bisa jadi ini adalah momen pertama dan terakhir kalinya untuk mereka. Maka anda harus bertanggung jawab penuh mengabadikan kegiatan mereka tanpa kehilangan momen-momen penting mereka. Namun hasilnya juga sesuai dengan tanggung jawab yang anda pikul. Anda bisa menawarkan mulai dari paket standar sampai dengan paket ekslusif.

Baca juga : 6 Situs Freelance Pekerjaan Sampingan untuk Pelajar dan Karyawan

3. Membangun Tim

Jika anda mengambil bidang fotografer jurnalistik atau fotografer makanan, maka membangun tim yang solid dirasa belum terlalu penting. Namun jika anda bekerja di bidang fotografer presedding atau wediing maka membangun sebuah tim menjadi sangat penting. Tim akan sangat berpengaruh tehadap hasil pekerjaan anda. Mungkin anda akan membutuhkan personil dengan basic-basic yang berbeda seperti konseptor, perias atau make up artist (MUA), penata panggung bahkan sampai dengan event organizer. Anda bisa menyiasatinya dengan bekerjasam dengan tim lain tanpa harus merekrut mereka semua masuk kedalam kantor anda. Anda hanya perlu menjadikan mereka sebuah tim yang solid dan memiliki satu pandangan arah tentang konsep acara atau event tersebut.

4. Perlengkapan Fotografi

Fotografi mempunyai perlengkapan yang sangat komplek dan banyak sekali. Jika anda mengikuti nafsu anda maka sampai kapanpun tidak akan pernah terlengkapi standar perlengkapan anda. Anda hanya perlu bijaksana dengan apa yang telah anda miliki dan memikirkan matang-matang sebelum membeli kebutuhan perlengkapan fotografi anda. Mulai dari jenis kamera digital anda, DSLR, Mirrorless, Lensa, Lampu, Tripod, Flash dan masih banyak lagi tentang mereka.

Setiap perlengkapan memiliki fitur dan karakteristik sendiri-sendiri untuk memenuhi kebuthan anda. Anda perlu untuk meluangkan waktu tersendiri untuk mempelajari keunggulan dan kelemahan setiap pelengkapan tersebut. Saat anda telah mengenal dan bisa mengoperasikan setipa peralatan yang anda punya, maka bisa diktakan anda sebgian besar sudah siap terjun kedalam bisnis fotografi !!!

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *