ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

3 min read

Cara Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan Paling Cepat !!!

BPJS Ketenagakerjaan menerbitkan program khusus untuk memudahkan para pemberi kerja atau pengusaha memberi kontrol penuh pada karyawan mereka dengan membuat SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah mewajibkan pemberi kerja atau pengusaha memberikan perlindungan dan jaminan bagi setiap karyawan dan pekerja mereka.

Maka jika Anda belum membuat BPJS Ketenagakerjaan, maka langkah pertama adalah pendaftarkan perusahaan anda kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Setelahnya anda bisa mendaftakan SIPP online BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan anda mengontrol sistem BPJS Ketenagakerjaan anda. ikuti langkah-langkah pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dibawah ini.

Cara Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan Paling Cepat !!!

1. Cara Mendaftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

  1. Daftarkan perusahaan Anda pada BPJS Ketenagakerjaan
  2. Buka situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  3. Daftar dengan menggunakan atas nama perusahaan (Pemberi Kerja)
  4. Isilah data sesuai dengan perusahaan anda dan Perusahaan anda telah terdaftar BPJSTK
  5. Buka situs https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/ , Lalu klik Daftar
  6. Isilah NPP (Nomor Pokok Perusahaan), divisi, email aktif, KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau BPJS ketenagakerjaan milik pengurus, dan nomor handphone yang aktif (bisa dihubungi).
  7. Isi data-data dengan benar dan ikuti instruksi yang telah diberikan.
  8. Sekarang akun SIPP online Anda telah disediakan.

Setelah akun SIPP online Anda selesai dibuat, maka Anda bisa melakukan banyak sekali kemudahan yang bisa dinikmati.

Jika biasanya perusahaan harus mendatangi langsung kantor BPJSTK untuk mengurus teknis karyawan dan pekerja mereka. Maka dengan SIPP online maka Anda hanya menggunakan smartphone dan komputer anda dengan online internet saja.

Beberapa kemudahan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan SIPP online adalah:

  • Pendaftaran, mutasi, dan memasukkan data karyawan baru
  • Membuat laporan upah biaya tenaga kerja bulananTransaksi pembayaran iuran BPJS  Ketenagakerjaan secara online. 
  • Transaksi pembayaran iuran BPJS  Ketenagakerjaan secara online.

2. Cara menggunakan SIPP online BPJS Ketenagakerjaan

  • Buka situs https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Pilih login dengan memasukkan email yang terdaftar dan juga password
  • Pilih perusahaan yang ingin kamu kelola datanya
  • Pilih menu data tenaga kerja
  • Klik tambah untuk menambahkan peserta yang baru (karyawan kamu) lalu klik manual untuk menambah atau input peserta satu per satu.
  • Kalau karyawanmu sudah punya BPJS ketenagakerjaan, kamu tinggal input nomornya, tapi kalau karyawanmu belum punya BPJS ketenagakerjaan, maka kamu harus mendaftarkannya terlebih dahulu tentunya.
  • Setelah data-data tersebut berhasil disimpan dan diapproval oleh SIPP online BPJS ketenagakerjaan, maka kamu tinggal menggunakannya seperti untuk melihat mutasi, membuat laporan, melakukan pembayarannya, dan menu fasilitas yang lain.

3. Kategori Tenaga Kerja dalam BPJS Ketenagakerjaan

Dalam pendaftaran perusahaan anda untuk BPJS Ketenagakerjaan ada dua jenis kategori perusahaan. Yaitu perusahaan Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja.

Untuk kategori Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dapat dilakukan oleh pemberi kerja, baik itu instansi atau perusahaan di mana mereka mendaftarkan pekerjaatau karyawannya ke BPJS ketenagakerjaan.

Sedangkan untuk kategori Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja dilakukan oleh pekerja yang telah membentuk organisasi atau wadah kerja di mana anggotanya terdiri dari minimal 10 orang dan mendaftar ke BPJSTK.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

Tenaga Kerja Hubungan KerjaTenaga Kerja Luar Hubungan Kerja
photocopy dan asli SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)SIU (Surat Izin Usaha) dari RT, RW, dan Kelurahan setempat
Photocopy dan asli NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaanPhotocopy KTP pekerja
Photocopy dan asli Akta Perdagangan PerusahaanPhotocopy KK
Photocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) masing-masing karyawanPas photo pekerja ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar
Photocopy KK (Kartu Keluarga) karyawan
Pas foto karyawan ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar

4. Jaminan Keamanan Data dari SIPP Online

Apakah data informasi perusahaan yang terdaftar SIPP online akan terjamin? Apakah tidak ada pihak yang diuntungkan dari data yang terkumpul? Apakah ada kemungkinan akun perusahaan tersebar luaskan?

Pertanyaan diatas adalah contoh kekhawatiran para pelaku usaha tentang keamanan data perusahaan Anda. Namun jangan khawatir pihak BPJS Ketenagakerjaan mengaku dapat memberikan jaminan keamanan data perusahaan yang terdaftar dalam SIPP online.

Setidaknya pihak BPJSTK memberikan 6 (enam) jaminan data SIPP online mereka dibawah ini:

a. One Time PIN

Untuk bisa melakukan aktivasi login akun, pengguna harus memasukkan Personal Identification Number (PIN). Di mana, PIN tersebut akan dikirimkan via SMS ke ponsel dan email pengguna terdaftar.

Hal ini merupakan metode challenge-response test untuk memastikan bahwa pengguna yang melakukan registrasi bukan merupakan virtual agent.

b. Email konfirmasi

Saat melakukan registrasi, calon pengguna akan mendapat kiriman email berisi link aktivasi yang hanya bisa diaktifkan menggunakan One Time PIN.

c. Automatic log out

Koneksi dari aplikasi SIPP Online akan secara otomatis terputus apabila pengguna tidak melakukan tindakan atau kegiatan apa pun selama lebih dari lima menit pada website.

d. User ID dan password

Agar bisa login ke website SIPP Online, pengguna diwajibkan memasukkan user ID dan password. Dengan begini, pengguna dapat meminimalisir resiko penyalahgunaan oleh orang lain saat komputer ditinggalkan dalam keadaan terhubung dengan aplikasi SIPP Online.

e. Firewall

Adanya firewall dapat memastikan bahwa hanya penggunalah yang mempunyai hak akses untuk login ke platform ini.

f. SSL 128-bit encryption

Setiap data di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan dikirimkan melalui protokol Secure Socket Layer (SSL), yakni suatu standar pengiriman data dengan metode enkripsi yang dilakukan.

Saat website mengirimkan data, protokol SSL akan mengacaknya dengan otomatis menjadi kode-kode rahasia menggunakan 128-bit encryption. Artinya, ada dua pangkat 128 kombinasi angka kunci, tetapi hanya satu kombinasi yang bisa membuka kode-kode akhir tersebut.

5. Manfaat Menggunakan SIPP Online

Jika perusahaan anda telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, menggunakan SIPP Online ini bisa memberikan Anda berbagai manfaat berikut ini:

– Lebih praktis dan efisien melakukan transaksi pembayaran BPJS Ketenagakerjaan secara online.

– Pendaftaran, mutasi, dan memasukkan data karyawan baru dengan cepat.

– Membuat laporan upah tenaga kerja bulanan yang baru.

– Integrasi data antara perusahaan Anda dan BPJS Ketenagakerjaan.

– Mencegah potensi kecurangan pengambilan Jaminan Hari Tua (JHT) bodong, yakni karyawan yang seolah-olah keluar dari perusahaan dengan surat keterangan palsu demi bisa mencairkan dana JHT mereka.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *