ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Membuat Hubungan Pekerjaan? Ikuti 3 Peraturan Tak Tertulis Ini!!

2 min read

Dalam hubungan pekerjaan kita sering berpikir apakah kita membutuhkan peraturan yang mengikat? Ya. Bahkan itu adalah peraturan yang harus sangat jelas. Ketika kita telah memiliki sebuah hubungan persahabatan maka semua interaksi dan keadaan kita akan selalu menjadi lebih rumit dan penuh akan pertimbangan. Peraturan menjadi penting ketika kita meminta suatu pertolongan yang sedikit memberatkan. Itu akan menguji sebuah hubungan yang sudah terbangun selama ini.

sumber: pixabay.com

Dalam bisnis ketika kita mempunyai sebuah hubungan persahabatan kita akan lebih mempertimbangkan efek dan langkah selanjutnya yang akan kita ambil, padahal nilai dan transaksi dalam sebuah bisnis adalah sebuah hal yang normal. Seharusnya kita lebih tahu kapan saat yang tepat untuk menempatkan  nilai persahabatan dalam sebuah transaksi. Saat kedua sisi mendapatkan keuntungan dan kepuasan masing-masing menjadi hal yang cukup penting diperhatikan demi menjaga hubungan tersebut.

Untuk menghindari pemikiran yang sulit anda lakukan. Anda dapat mengikuti beberapa panduan sederhana Berikut :

  1. Memahami Hubungan

Pertimbangkan jika anda memiliki hubungan persahabatn dalam satu kontak bisnis yang sangat spesifik.

Ketika kita memiliki hubungan yang baik dengan teman sekantor kita. Lalu tiba-tiba kita meminta bantuan mereka untuk melakukan sesuatu diluar pekerjaan, dengan sopan mereka menolak atau memberikan beberapa alasan.Itu adalah tanda mereka tidak ingin memiliki hubungan terhadap kita diluar konteks pekerjaan.

Perbedaan sebuah hubungan persahabatan atau hubungan pekerjaan atau bisnis akan menjadi kelihatan lebih mudah dibedakan ketika itu terjadi dalam kehidupan sehari-hari kita. Misal : Ketika teman bisnis melakukan panggilan telepon untuk kita, dan pada saat itu kita tidak menjawab panggilan tersebut. Mungkin mereka hanya akan mengangkat bahu dan berpikir kita sedang sibuk. Namun hal berbeda ketika itu adalah sahabat kita yang melakukan panggilan telepon untuk kita. Semua perasaan dan emosi terlibat. Mengapa kita tidak menjawab panggilan telepon? lalu bagaimana perasaan mereka? Apa alasan yang harus kita ucapkan untuk memperbaiki situasi?

Jika kita ingin membuat sebuah hubungan pekerjaan yang efisien, maka kita harus mencari terlebih dahulu dalam hubungan kita adalah sebuah hubungan pekerjaan biasa atau sebuah hubungan persahabatn dalam bisnis. Sehingga kita akan tahu kapan saatnya melakukan pertimbangan dan pemikiran yang lebih mendalam aau hanya sekedar melakukan pertimbangan mendasar saja.

baca juga Cara Melatih Pemikiran (Cara Berpikir) untuk Pengembangan Diri

2. Menilai Permintaan Sebelum Anda Meminta Teman Untuk Memenuhinya

Kita harus selalu mencoba untuk menghormati setiap  permintaan yang kita terima sebagai sebuah permintaan yang datang dari seorang teman.

Mungkin tak selamanya kita bisa memenuhi segala permintaan yang mereka ajukan terhadap kita. Tapi naluri kita untuk selalu mengusahakannya. Dan jika itu tidak bisa, akan tetap selalu hidup dalam ingatan kita. Kita akan merasa terganggu akan tanggung jawab tersebut. Dan mungkin itu adalah perasaan yang sama yang dirasakan setiap teman-teman kita. Apa gunanya teman jika mereka tidak bisa menolong kita, ketika kita benar-benar membutuhkan keberadaan mereka?

Akan tetapi kita juga harus mempertinmbangakn tingkat kesulitan yang akan dibebankan terhadap teman kita tersebut. Walaupun mereka secara alami dan naluri akan selalu mencoba untuk membantu kita. Sebagai contoh anda sedang membutuhkan sebuah pekerjaan dan anda  memliki seorang teman dan ia memiliki sebuah korelasi yang luas. Maka anda meminta bantuan kepada teman anda tersebut. Ketika meminta teman untuk memasukkan anda dalam kantornya dimana ia juga bekerja dalam kantor tersebut anda membebankan permintaan kepada teman anda tersebut. Tetapi beban akan lebih berat diberikan kepada teman anda tersebut ketika anda meminta utnuk dimasukkan dalam kantor yang berbeda, mentang-mentang disitu banyak korelasi teman anda. Anda membebankan lebih banyak tekanan dalam situasi ini.

Jika anda ingin untuk selalu menjaga kondisi dan suasan yang baik terhadap teman anda. maka kita harus mempertimbangkan sebelumnya beban maksimal yang dapat kita berikan kepadanya. Jika kita lebih memberatkan mereka, hubungan persahbatan anda tak akan berlangsung lebih lama.

3. Mempertimbangakan Seberapa Banyak Anda Telah Memberi?

Dalam setiap hubungan persahabatan semua akan didasari oleh kepercayaan dan timbal balik. Kita tidak dapat hanya terpaku oleh satu sisi sebagai pemberi maupun penerima. Ini penting untuk memberi tahu kepada diri kita sendiri apa saja yang telah kita berikan kepada orang lain? seberapa pengaruh kita untuk lingkungan kita?

Memberi adalah hal yang akan membantu kita bahkan lebih dari yang kita bayangkan. Mereka akan selalu kembali pada setiap kebaikan yang kita peroleh.

Jika kita telah berpikir untuk selalu memberi lebih banyak lagi terhadap lingkungan sekitar kita, awal yang baik adalah untuk selalu meluangkan waktu kita untuk itu. entah itu tiap seminggu atau bahkan setiap hari. Mungkin suatu saat manjadi penolong anda atas tanda jasa untuk setipa kebaikan ayang telah anda tebarkan. Orang akan selalu ingat untuk membalas setiap kebaikan anda dan bahkan memebrikan anda lebih dalam keadaan yang sulit sekalipun.

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *