ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Meeting Artinya Adalah : Minutes of Meeting

3 min read

Meeting Artinya Adalah

Meeting artinya adalah : “Pertemuan” jika diambil dari segi bahasa. Meeting adalah suatu pertemuan yang dilakukan untuk membahas sebuah topik pembicaraan. Topik meeting bisa berbagai macam hal seperti evaluasi rutin, pengarahan karyawan, perubahan peraturan atau hal-hal penting lainnya yang mendesak untuk segera diselesaikan dnegan mecari solusi terbaiknya.

Meeting adalah forum yang tepat untuk menyelaraskan visi dan misi perusahaan dengan semua karyawan. Sehingga pekerjaan dan tujuan mereka lebih terarah dan tidak berjalan sendiri-sendiri.

Beberapa tujuan meeting adalah untuk  mengembangkan profesionalisme anggota melalui media konsultasi, pelatihan dan pendidikan, meningkakan kualitas sumber daya manusia dalam efisiensi dan produktivitas, menggalang kerjasama dan memupuk semangat mitra kerja sama antar anggota untuk memajukan usaha, menyebarluaskan informasi kepada anggota mengenai masalah-masalah ekonomi, sosial, budaya dan politik yang berkembang dalam masyarakat, mendistribusikan publikasi informasi, mendorong tersedianya data statistik hasil penelitian dan survey.

Technical Meeting

Meeting Artinya Adalah

Technical meeting adalah pertemuan yang membicarakan rincian teknis pelaksanaan. Dalam technical meeting biasanya akan mengundang berbagai pihak yang akan bersinggungan langsung dengan topik yang akan dibahas dalam rapat tersebut.

Technical meeting biasanya dilakukan sebelum sesuatu hal yang telah direncakan akan diselenggaakan. Contohnya :

  1. Acara Tahunan Perusahaan
  2. Lomba Umum
  3. Penyelenggaraan Promosi dan Marketing Langsung
  4. Acara ulang tahun perusahaan
  5. Media Broadcasting
  6. dll

Contoh Minutes of Meeting

Meeting Artinya Adalah


Minutes of Meeting Pengembangan Franchise Bubur

Ringkasan
Topik MoMPengembangan Franchise Bubur
Hari22 Desember 2020Dari09.00Sampai11.00
TempatKantor PusatPencatatBambangWaktu2 jam
Agenda
WaktuTopik Pembahasan
30 minsRencana Promosi Produk
40 minsRencana Pengembangan Produk
20 minsPembagian Tugas
30 minsProses Monitoring
Catatan Pertemuan / Rapat
1Promosi Franchise Bubur akan dilakukan secara offline dan online . Untuk yang secara offline dilakukan dengan cara memasang pamflet, sebar brosur, iklan di koran majalah dan radio. Sedangkan untuk promosi secara online akan segera dibuatkan web untuk media promosi Online.
2Direncanakan dalam 2 bulan kedepan sudah buka cabang baru lagi dan diusahakan dapat memperoleh lokasi yang strtegis dan yang sekiranya minat masyarakat tinggi untuk membeli produk SoBat .Dan juga dalam setiap bulannya menemukan inovasi inovasi rasa dan bentuk produk baru , untuk membuat konsumen tidak bosan dengan menu yang monoton
3Tugas yang akan dilakukan harus diselesaikan oleh divisi masing masing dan harus selesai dalam waktu yang telah ditetapkan
4Agar pekerjaan dan tugas masing masing divisi dapat terkontrol dan tepat waktu dengan harapan bisa diselesaikan dengan sempurna maka diwajibkan kepada setiap kepala divisi untuk memberitahukan kemajuan atau apasaja yang telah dikerjakan oleh asing masing divisi. Laporan bersifat tertulis dan secara lisan langsung kepada pemilik perusahaan.
Pembekalan Selanjutnya
#TugasYang diamanatiJatuh Tempo
1Promosi secara online dan offlineAprilianos Keren30 Desember
2Pengembangan produk , dari rasa, bentuk dllDoni ganteng10 Januari
3Rapat bulan depanSekretris22 Januari
Daftar Peserta
NoNamaDatang (Y/T)Alasan Tidak Datang
1Megaroni BagusY
2Aprilianos KerenY
3Doni GantengY
4Wardani CuteY
5Agus SumartoTSakit
6Budi HartonoTUrusan keluarga
7Citra HandayaniY
8Dela MarisaY
9Endah SuryaniY
10Fany KurmayatiY

Ketua Rapat

       Budi

11 Istilah Dalam Meeting yang Wajib Anda Ketahui

Meeting Artinya Adalah

Berikut ini beberapa istilah yang wajib kita ketahui ketika akan mengikuti sebuah rapat atau meeting. Terutama jika anda aadalah seorang sekretaris yang ahrus membua Meeting of minutes (MOM)

1. TBD ( To Be Discussed )

Biasanya ketika meeting topik pembicaraan bisa saja tidak menemukan penyelesaian, atau sudah ada penyelesaian akan tetpi muncul masalah atau topik yang baru untuk dirapatkan. Maka topik selanjutnya yang akan diaha dalam meeting yang akan datang disebut To Be Discussed (TBD)

2. Parking Lot

Ketika muncul 2 buah topik atau lebih dalam sebuah rapat mungkin akan tidak fokus jika membahas dua topik sekaligus. Itu dia saat istilah “parking lot” digunakan, yaitu topik atau bahan pembicaraan yang disimpan sejenak untuk didiskusikan kembali. Bedanya dengan TBD, biasanya “parking lot” ini sedikit lebih urgent.

3. Lunch Meeting

Lunch meeting bukanlah merelaka jam makan siang anda sepenuhnya untuk melakukan meeting dikantor.“lunch meeting” ini adalah waktu meeting di jam makan siang namun biasanya dilakukan di kafe atau restoran agar lebih santai. Biasanya, lunch meeting ini juga sering digunakan sebagai cara pendekatan kepada klien atau calon investor dan bahkan calon partner kerja.

4. Notulen

Istilah yang satu ini memang sudah jarang digunakan sekarang, namun pada dasarnya notulen dirujuk kepada istilah orang yang menuliskan catatan atau rangkuman yang berhubungan dengan hasil rapat tersebut.

5. Interupsi

Pernah ada keinginan untuk menyampaikan suatu hal atau mengajukan saran saat seseorang sedang berbicara? Nah, di momen itulah Anda harus mengangkat tangan sambil menyebutkan “interupsi”. Biasanya, interupsi ini berupa hal-hal yan urgent, seperti membetulkan omongan sang pembicara agar tidak misleading kepada para peserta rapat yang lainnya.

6. Deadlock

Tidak semua rapat dapat menghasilkan suara yang bulat dengan satu keputusan yang tajam. Saat terjadi perdebatan dengan suara yang sama-sama kuat, biasanya pada saat itulah istilah deadlock dikeluarkan. Singkatnya, deadlock ini adalah situasi di mana rapat tidak menghasilkan suara yang bulat atau tidak menghasilkan kesepakatan.

7. Offsite Meeting

Istilah yang satu ini banyak digunakan untuk sebagai bentuk pendekatan perusahaan dengan karyawannya. Offsite meeting ini biasanya selalu dilakukan di luar lingkungan kantor, bisa di luar kota atau bahkan luar negeri. Biasanya, offsite ini menjadi ajang jalan-jalan tahunan kantor sebagai bentuk offer dari sang kantor kepada para karyawannya. Namun, di antara kegiatan santai tersebut biasanya terselipkan meeting yang kasual dan santai hanya untuk mendengarkan masukan dan juga input dari para karyawannya.

8. ways of working

Setiap meeting biasanya selalu ada presentasi. Namun, seperti konsepnya, presentasi yang baik biasanya hanya menunjukan poin-poin penting saja dan terkadang tidak semua orang memiliki waktu untuk menyelesaikan materi presentasi tersebut. Alhasil, tidak hanya poin saja yang dimasukkan, namun berbagai istilah singkatan pun juga dilakukan untuk mempersingkat waktunya. WOW ini adalah salah satu istilah singkatan, “ways of working” atau “cara kerja”. Biasanya, WOW ini dijelaskan pada karyawan baru atau pada saat mempresentasikan projek baru.

9. Follow Up

Kalau ada seseorang yang minta untuk di-follow up kembali, berarti Anda harus mengingat hal tersebut dengan baik demi mencapai kesimpulan dan juga jawaban yang Anda butuhkan. Follow up ini biasanya dilakukan saat meminta approval atau meminta keputusan dan juga jawaban dari atasan ataupun rekan kerja Anda. Namun terkadang, kata follow up ini juga sering dijadikan sebagai istilah untuk menunda pekerjaan yang akhirnya berakhir dengan lupa.

10. Briefing

Kalau istilah “meeting“biasanya terdengar lebih formal dan juga serius, kata “briefing” biasanya terdengar lebih santai dan bersahabat di telinga. Namun, pada dasarnya, briefing sama halnya dengan meeting. Namun, tidak seperti meeting, biasanya briefing ini memakan waktu yang lebih singkat.

11. minutes of meeting

Pernah dengar atau bahkan mendapatkan MOM (minutes of meeting)? MOM ini adalah suatu data yang berisikan poin-poin atau highlight yang akan dibahas dalam suatu meeting tertentu. Biasanya, jumlah dan nama partisipan pun juga akan dicantumkan dalam MOM tersebut.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *