ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Mau Kerja di Luar Negeri ? Baca Tips dan Lowongan Berikut !!

2 min read

kerja di luar negeri

kerja di luar negeriLowongan kerja di luar negeri belakangan ini semakin terbuka kesempatan untuk masyarakat Indonesia. Terbukti dengan SDM pekerja negeri kita yang semakin membaik. Banyak juga masyarakat kita yang ingin kerja di luar negeri. Di samping untuk mencari kehidupan finansial ekonomi yang lebih baik, namun juga karena ingin memiliki pengalaman yang baru. Mendapatkan kolega atau teman yang banyak dan saling menguntungkan.

Jaminan penghasilan atau gaji yang tinggi menjadi faktor pendorong utama untuk bekerja di luar negeri. Jika anda berkeinginan bekerja di luar negeri alangkah baiknya untuk mengetahui peraturan dan persyaratan pekerja di negara tujuan anda. Untuk itu semaur membagikan artikel tips bekerja di luar negeri:

Kelengkapan Dokumen Kerja

Salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi untuk setipa pekerja yang mau kerja diluar negeri adalah dokumen kerja. Meliputi kartu tanda pengenal, tes kesehatan, sertifikat pendidikan hingga paspor yang menunjang perjalanan anda. Persyaratan kerja di luar negeri biasanya berbeda-beda setiap negara tujuan masing-masing. Namun anda bisa mendapatkan daftar pesyaratan sebelumnya di kantor penyalur anda PJTKI.

Namun zaman sekarag kita bisa saja kerja diluar negeri dengan jalur sendiri. Bisa melalui kenalan yang sudah terlebih dahulu bekerja disana atau melamar pekerjaan via internet. maka untuk daftar persyaratan kita bisa mendapatkanya hanya dengan akses menghubungi bidang pelamaran kerja atau hanya dengan akses website mereka.

Memperkaya Skill dan Bersungguh-sungguh

Niat menjadi kunci anda untuk betah dan merasa nyaman kerja di luar negeri. Jika anda tidak mempunyai niat dan sungguh-sungguh yang tinggi atau masih ragu, sebaiknya anda menunda niat ini. Bekerja diluar negeri bukan sekedar kerja biasa, namun meliputi jarak, nilai dan akomodasi yang tidak sedikit. Namunjika tekad anda sudah kuat maka itu akan menjadi faktor pendorong anda yang sangat positif.

Selalu belajar hal-hal baru juga akan meningkatkan kualitas anda sebagai pekerja yang berkualitas tinggi. Jangan pernah malu untuk bertanya sesuatu yang belum anda pahami. Malu bertanya sesat dijalan, pepatah yang sering kita dengar saat masih kecil.

Baca juga 7 Profesi dengan Gaji Pekerjaan dan Penghasilan Terbesar di AS

Akomodasi yang Cukup

Saat awal-awal bulan anda akan sangat banyak melakukan pengeluaran karena masih akan mengurus beberapa dokumen pendunkung anda (visa, paspor, dan lain-lain). Anda juga akan memiliki mobilitas yang tinggi kesana kemari dan akan berefek pada pengeluaran yang cukup tinggi.

Disisi lain anda belum akan menerima honor atau gaji, karena anda tentu belum bekerja sebelumnya. Siapkanlah uang setidaknya cukup untuk dua sampai tiga bulan memenuhi kebutuhan hidup anda.

Siapkan Mental dan Menjaga Kesehatan

siapkan mental anda untuk menghadapi lingkungan sosial yang baru. Anda akan jauh dari keluarga dan teman-teman anda dirumah. Jadi anda harus benar-benar tahu apa yang harus anda kerjakan di negara tujuan. Buatlah jadwal kegiatan anda agar anda tidak merasa bosan disana. Berbaurlah dengan masyarakat, anda akan mendapatkan nilai sosial yang tinggi dan tetap menjaga mental anda.

Ajngan lupa untuk menjaga kesehatan. Baik sebelum berangkat atau sesudah sampai di negara tujuan. Kesehatan juga sngat berpengaruh kepada tingkat produktivitas anda dalam bekerja. Mungkin olahraga tipa minggu bisa menjadi solusi unuk anda.

Meminta Izin dari Keluarga

Mungkin terlihat sepele, toh saya sendiri yang menjalani ngapain harus minta izin segala. Ingat restu orang tua adalah doa paling ampuh utnuk anda. Anda tidak  ada apa-apanya jika tanpa kedua orang tua anda, keluarga anda, dan eman-teman anda. Denga izin orang-orang disekeliling anda akan merasa lebih lega dan bahagia. Merasa semua orang memberi restu dan doa untuk anda menjadi motivasi tersendiri untuk bekerja dengan lebih bersemangat.

Nah itu adalah beberapa tips yang mungkin anda buthkan ketika anda ingin kerja di luar negeri. Semoga dapat menjadi inspirasi dan pertimbangan sebeluam anda mengambil keputusan akhir.

Beberapa lowongan kerja diluar negeri yang sering dibuka adalah :

  • Persero
  • Karyawan industri
  • Pekerja pabrik
  • Pembantu rumah tangga
  • Marketing
  • Karyawan swasta
  • Driver
  • Baby sitter
  • Gardener
  • Caretaker
  • Spateraphist
  • Chef resto
  • Dan lain-lain

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *