ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Manajemen adalah : Pengertian, Contoh, Unsur, Fungsi dan Tujuan

5 min read

manajemen adalah

manajemen adalahPengertian manajemen adalah – Manajemen secara umum adalah suatu kegiatan organisasi maupun perorangan untuk mengatur, mengelola dan mengendalikan sehingga mencapai target atau tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Banyak juga yang mengatakan ilmu manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan dengan melibatkan orang lain.

Manajemen dapat juga didefinisikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya  untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif. Banyak yang memengaruhi manajamen untuk didefinisikan. Namun pengertian manajemen secara umum adalah sama yaitu tentang membangun sistem, sehingga dapat berjalan dengan baik.

Artikel terkait : Softskill Adalah ? Profesional dengan 7 Softskill Berikut!!

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli :

1. Mary Parker Follet

Meurut Mary Parker Follet, Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan dengan melalui dan melibatkan orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer berfungsi mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuandan target organisasi.

2. Henry Fayol

Manajemen adalah ilmu yang mengandung definisi gagasan atau ide 5 fungsi utama yaitu merancang, memerintah, mengorganisir, mengendalikan dan mengkoordinasi.

3. George R. Terry

Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari berbagai tindakan: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.

4. Ricky W. Griffin

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran dan tujuan secara efektif dan efisien.

5. Eiji Ogawa

Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran dan tujuan yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

6. Oey Liang Lee

Menurut Oey Liang Lee, pengertian manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan sebelumnya.

7. Hilman

Menurut Hilman, pengertian manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu atau personal untuk mencapai tujuan yang sama.

8. Dr. Ahuja

Menurut Dr. Ahujae, pengertian manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan dan atau menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen.

9. Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A

Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A, pengertian manajemen adalah suatu ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak. Bukan dari tanggungjawab keselamatan serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaannya.

10. Renville Siagian

Menurut Renville Siagian, pengertian Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

11. James A.F.Stoner

Menurut James A. F. Stoner, pengertian manajemen adalah suatu proses perencaan, pengorganisasian, leadership, serta pengendalian upaya dari anggota organisasi tersebut. Serta penggunaan Sumber daya yang tersedia di organisasi tersebut untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi sebelumnya.

12. Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley, arti manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan suatu tujuan bersama maupun perseorangan.

Artikel terkait : Teknik Penjualan Paling Efektif untuk Usaha Rintisan atau UMKM

Unsur-Unsur Manajemen

Dalam penyusunan sistem manajemen, semua unsur harus saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Jika salah satu dari mereka terpenuhi makan tujuan organisasi atau personal anda akan gagal. Sebenarnya bisa saja berhasil, namun tetap akan berdampak negatif dalam perjalanannya. Seperti menghabiskan waktu yang lebih lama, lebih banyak mengeluarkan biaya dan lai sebagainya.

Untuk penyusunan manajemen yang baik anda harus memperhatikan unsur-unsur dibawah ini:

1. Sumber Daya Manusia

Hal yang pertama dan penting untuk anda pertimbangkan dalam sistem manajemen anda. Dalam peranannya manusia adalah pelaku utama dalam setiap kegiatan anda. Mulai dari menetapkan tujuan atau target, menjalankan misi, dan menikmati hasil. Semua diperankan oleh manusia dalam organisasi itu sendiri.

Memperkirakan kebutuhan sumber daya manusia yang sesuai dengan kapasitas yang anda butuhkan. Selain meminimalisir kegagalan, sumber daya manusia yang pas (tidak terlalu rendah dan tidak ketinggian) akan menggunakan akomodasi yang sesuai.

2. Modal Akomodasi dan Keuangan

Akomodasi dan keuangan juga menjadi pondasi dalam sistem manajemen yang akan anda bentuk. Mereka bekerja pada anda karena imbal balik berupa uang yang akan mereka dapatkan. Walaupun dalam keadaan lain imbalan tersebut tidak akan selalu berbentuk uang. Namun akomodasi tetap diperlukan dalan penyusunannya.

Sebenarnya jumlah modal tidak harus selalu dengan nilai yang fantastis. Jika dinilai cukup untuk mengerjakan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan, tidak perlu untuk menambahkan dan mengeluarkan modal lebih banyak.

3. Material Bahan

Bagaimana anda akan mendapatkan material atau bahan untuk proses mencapai sasaran dan tujuan anda. Apakah memiliki jumlah pasokan yang cukup dan mudah didapatkan. Semua harus anda perhitungkan sebelum menetapkan sistem manajemen anda.

Bangunlah relasi dan kerjasama tentang cara mendapatkan material dan bahan. Biasanya sistem ini sudah terbentuk dan mudah untuk dicari dimanapun dan apapun tujuan bisnis anda.

4. Target Pemasaran atau Penggunaan

Jika anda telah mencapai tujuan namun tidak ada pasar yang anda targetkan, maka manajemen anda belum selesai. Sistem manajemen yang berhasil adalah sistem yang menciptkan dan dapat digunakan dan diterapkan oleh target pasar anda.

Mencari pangsa pasar adalah tentang bagaimana anda membentuk sistem manajemen yang menjawab masalah yang ada pada target pasar anda. Jika anda menyediakan jawaban dan itu pas, maka pasar anda akan datang dengan sendirinya.

Artikel terkait : 11 Kebiasaan Buruk untuk Produktivitas Anda

Fungsi dan Tujuan Manajemen

Manajemen memiliki 4 fungsi pokok yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling).

1. Perencanaan (planning)

Dalam penggunaanya manajemen berfunsi untuk melakukan perencanaan organisasi dan personal anda untuk mecapai sasaran dan ujuan yang telah ditetapkan. Mencari metode yang paling pas untuk diterapkan dan mulai melakukan perencanaan dengan mencakup keseluruhan item.

Perencanaan penting untuk menentukan secara keseluruhan tujuan dan target perusahaan dalam upaya untuk memenuhi tujuan tersebut. Manajer selalu bertindak sebagai seseorang yang mencari alternatif untuk mencapai tujuan akhir, mencakup rencana jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

Tanpa perencanaan yang tepat dalam bisnis yang sedang berkembang akan mengakibatkan proses berjalan tidak sesuai dengan jalurnya. Penyimpangan ini bisa berakibat pada ketidakteraturan yang berdampak pada buruknya sistem sehingga dapa mengakibatkan kebangkrutan.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian dapat diartikan sebagai kegiatan mengkoordinasi sumber daya, tugas, dan otoritas diantara anggota organisasi sehingga tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien dan efektif.

Tujuannya adalah untuk mempermudah dilakukannya pengawasan yang lebih efektif dan dapat menentukan sumber daya yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan yang sedang berlangsung.

Pengorganisasian dapat lebih mudak diterapkan dengan menentukan apa tugas yang  akan dikerjakan, siapa yang mengerjakan dan bagaimana harus dikerjakan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan bisnis melalui proses yang lebih terstruktur atau terorganisasi sehingga mendapaekan hasil seperti yang direncanakan .

3. Pengarahan (actuating)

Setelah struktur organisasi dibangun dan orang-orangnya telah ditentukan. Langkah selanjutnya adalah membuat orang-orang tersebut bekerja sesuai tempatnya dan untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengarahan sebagai suatu tindakan yang mendorong agar setiap anggota bisnis atau kelompok mampu mencapai sasaran dan target sesuai prosedur manajerial yang sudah direncanakan. Seorang manajer akan melakukan pengarahan apabila terjadi masalah. Mengambil tindakan jika apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan yang direncanakan.

Manajer perlu melakukan pengarahan kepada mereka dengan cara memberi pengarahan (directing), memengaruhi orang lain (influencing), dan memotivasi orang tersebut untuk bekerja (motivating).

4. Pengendalian (controlling)

Dan fungsi yang terakhir adalah, perlu adanya pengawasan atau controlling. Fungsi manajemen bisnis dalam hal ini adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh dan mendetail terhadap kinerja sumber daya perusahaan.

Karena tidak semua hal yang direncanakan dalam bisnis bisa diwujudkan secara nyata dalam setiap tindakan, dan banyak kejadian yang tidak terduga sebelumnya. Sehingga disinilah fungsi manajemen sebagai pengarahan agar apa yang dikerjakan pelaku sumber daya masih berada pada jalur yang semestinya.

Fungsi pengendalian dapat dilakukan dengan 4 kegiatan, yaitu:

  1. Menentukan standar prestasi dan target
  2. Mengukur prestasi yang telah dicapai
  3. Membandingkan dan mengevaluaisi prestasi yang telah dicapai dengan standar prestasi
  4. Melakukan perbaikan jika tidak memenuhi dari standar prestasi yang telah ditentukan.

Klasifikasi dari masing-masing sumber daya juga penting untuk menjadi bahan pengelompokan supaya tidak menimbulkan dominansi dari manajer saja. Bisnis yang baik adalah bisnis yang anggotanya mampu bekerjasama sacara tim dan berjalan secara simbiosis. Beberapa hal yang harus terpenuhi untuk melakukan pengendalian atau pengawasan yaitu:

  • Jalur  (routing): manajer harus menetapkan jalur untuk memperkecil dan menghindari resiko kesalahan yang bisa terjadi
  • Penetapan waktu (scheduling): manajer harus memiliki waktu terjadwal untuk melakukan pengawasan, misalnya saja satu bulan satu kali atau dua kali
  • Perintah pelaksanaan (dispatching): manajer harus memiliki sikap dan posisi untuk mendorong dan memerintah agar setiap sumber daya menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan
  • Tindak lanjut (follow up): manajer melakukan evaluasi dan memberikan solusi dari segala yang permasalahan yang terjadi selama proses mencapai tujuan dan target demi meminimalisisr terjadinya kesalahan yang sama.

Artikel terkait : Semakin Efisien!!! Menggunakan Teknologi untuk Usaha dan Bisnis Plan

Manfaat Materi Manajemen adalah

Apabila keempat fungsi manajemen di atas jika dijalankan secara baik dan sistematis maka dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Membantu manajer dan para anggota sumber daya untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional, dan efektif.
  • Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses menyeluruh. Proses tersebut tentunya telah dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen.
  • Manajemen akan memudahkan kita untuk menyajikan kerangka kerja untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga target pun akan lebih mudah untuk ditentukan dan diperoleh.
  • Membantu proses alokasi sumber daya yang efektif dan tepat sasaran.
  • Mendorong tumbuhnya sikap profesional dalam diri setiap anggota organisasi dan suber daya yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas.

Artikel terkait : Bosen Kerja di Kantor? Baca Tips Memulai Bisnis Rumahan

Contoh dan Macam Macam Manajemen

Manajemen meliputi aspek yang sangatlah luas untuk diterapkan, mereka dapat meliputi:

  • manajemen keuangan
  • manajemen sdm (sumber daya manusia)
  • manajemen pemasaran
  • manajemen strategik
  • manajemen risiko
  • manajemen operasional
  • manajemen bisnis
  • manajemen informatika
  • manajemen pendidikan
  • manajemen waktu
  • manajemen konflik
  • manajemen produksi
  • manajemen persediaan
  • manajemen keperawatan
  • manajemen perkantoran
  • manajemen rumah sakit
  • manajemen rantai pasokan
  • dan lain sebagainya

 

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Cara Daftar KlikBCA

ronisafaat
3 min read

Teknik Pengumpulan Data

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *