ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Lapisan Atmosfer

3 min read

Lapisan atmosfer adalah

Lapisan atmosfer adalah lapisan udara yang menyulubungi bumi dan terbagi menjadi beberapa lapisan yang berada diantara 0 km sampai dengan 800 km diatas permukaan bumi. Lapisan Atmosfer bumi terbagi menjadi lima lapisan diantaranya adlah : Lapisan troposfer, lapisan stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. Sedangkan berdasarkan kandungannya terbgai menjadi dua yaitu lapisan ozon dan lapisan ionosfer.

Setiap lapisan mempunyai peranannya masing-masing untuk menghalau segala ancaman dari luar planet bumi. Kandungan gas yang berada didalam setiap lapisan atmosfer pun berbeda-beda. Beberapa kandungan gas yang berada dalam lapisan atmosfer adalah nitrogen, oksigen, argon dan sejumlah gas yang lainnya.

Fungsi lapisan atmosfer yang cukup penting adalah untuk menjaga bumi dari radiasi yang dipancarkan oleh matahari. Secara ilmiah lapisan atmosfer telah mengurangi dampak yang disebabkan oleh sinar matahari. Seperti sinar ultraviolet (UV) dan lapisan udara ini juga bisa menjaga suhu bumi dan menjadikan cuaca yang cukup untuk ditoleransi makhluk hidup yang berada di bumi.

7 lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi :

1. Lapisan Troposfer

Lapisan troposfer adalah lapisan yang paling rendah berada di ketinggian 0-19 km menempel diatas permukaan bumi. Di dalam lapisan udara terndah ini terjadi berbagai kondisi alam seperti pergantian cuaca, perubahan suhu, angin, salju dan lainnya.

Segala perubahan yang teradi di lapisan troposfer akan mudah untuk kita rasakan dan lihat. Karena hal ini berlansung diantara kita dan dampaknya dapat langsung kita rasakan.

Puncak troposfer dibatasi oleh adanya lapisan tropopause, yaitu lapisan yang menjadi pembatas antara troposfer dan stratosfer. Lapisan tertinggi troposfer memiliki temperatur mencapai minus 600 C.

Lapisan atmosfer adalah

2. Lapisan Stratosfer

Lapisan stratosfer merupakan lapisan udara dimana pesawat terbang di lapisan ini. Udara disini memiliki kecepatan yang tinggi dan memberi tekanan lebih kuat juga daripada lapisan sebelumya troposfer.

Didalam lapisan ini terdapat lapisan udara yang sangat penting untuk keberlangsungan makhluk hidup dibumi, yaitu tempat keberadaannya lapisan ozon. Lapisan ozon adalah campuran gas yang banyak mengandung unsur kimia dan bersifat racun bagi manusia.

Namun lapisan ozon memiliki fungsi untuk menyaring sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari, sehingga tidak terpapar ke permukaan bumi secara langsung.

Lapisan stratosfer dibagi lagi menjadi dua lapisan, yaitu lapisan isothermal dan lapisan inversi:

  1. Lapisan isothermal adalah lapisan yang memiliki temperatur atau suhu yang kondusif dan cenderung stagnan. Artinya adalah temperatur udaranya tetap, yaitu sekitar -600 Lapisan ini terdapat pada ketinggian 11-20 km.
  2. Lapisan invesi , lapisan ini berada pada ketinggian 20-50 km. Makin keatas temperatur atau suhunya makin meningkat dan pada ketinggian 50 km temperaturnya masih dibawah beku (-50 C). Kenaikan temperatur udara pada lapisan ini dipengaruhi oleh keberadaan gas ozon.

Puncak stratosfer memliki batasan oleh lapisan stratopause, yaitu batas antara stratosfer dan mesosfer.

3. Mesosfer

Lapisan mesosfer adalah lapisan yang snagat berguna dan bermanffat untuk bumi, karen di dalam lapisan mesosfer ini seluruh benda asing yan datang menghantam bumi dihalau.

Lapisan mesosfer akan mengkikis sedikit demi sedikit benda benda asing luar angkasa seperti komet, meteor, atau benda asing luar angkasa lainnya yang tertarik oleh gaya gravitasi bumi.

Biasanya meteor yang masuk kedalam atmosfer mempunyai beragam bentuk dan ukuran. Jika ukuran mereka kecil, maka benda tersebut akan habis terkikis dan terbakar dalam lapisan mesosfer sebelum jatuh mengenai bumi. Namun jika meteor tersebut cukup besar, mereka bisa saja menghantam bumi, walaupun tetap dalam ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu memberikan dampak pada kehi.dupan di bumi.

4. Termosfer

Apakah kalian pernah mendengar kata atau bahkan melihat fenomena alan aruora? Hal ini karena di lapisan termosfer ini terdapat gas- gas yang mengalami ionisasi yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari.

Jika kita pernah mengetahui bahwa lapisan atmosfer dapat membantu memancarkan suatu gelombang dan berguna dalam bidang komunikasi, maka di lapisan inilah fungsi itu berada. Karena adanya gas- gas yang mengalami ionisasi tersebut maka sinyal-sinyal radio komunikasi dapat dipantulkan kembali ke permukaan Bumi, dan proses komunikasi dapat terjadi. Sebelum ada akhirnya satelit menggantikan fungsi ini.

Lapisan termosfer berada pada ketinggian 85-500km diatas permukaan bumi dengan ciri semakin tinggi semakin naik pula temperaturnya.

5. Eksosfer

Lapisan eksosfer adalah lapisan atmosfer paling luar yang menyelimuti bumi. Lapisan eksosfer berada pada ketinggian 500 km ke atas. Didalam lapisan ini tekanan udara lebih sedikit dan pengaruh gaya gravitasinya semaikn kecil.

Di lapisan eksosfer ini pula biasanya satelit- satelit buatan di letakkan untuk membantu dan memudahkan seluruh aktivitas manusia di bumi.

Berdasarkan jenis dan kondisi gas yang menyelimuti bumi, maka lapisan atmosfer dibagi menjadi dua bagian yaitu:

6. Lapisan Ozon

Lapisan Ozon terdapat pada seluruh lapisan atmosfer bagian bawah, tetapi kebanyakan gas ini terkonsentrasi pada lapisan stratosfer, yaitu pada ketinggian 15-35 km. Lapisan ozon adalah lapisan udara yang tidak stabil karena sudah terurai di bawah pengaruh radiasi atau bertumbukan dengan atom oksigen (O).

Lapisan ozon memiliki peran penting untuk menyerap radiasi sinar ultraviolet. Sehingga, ketika sinar ultraviolet sampai di permukaan bumi tidak akan berbahaya bagi makhluk hidup. Jika radiasi ultraviolet sampai ke permukaan bumi secara langsung maka dapat mengakibatkan luka bakar, kanker kulit, dan kebutaan bagi manusia, serta dapat menimbulkan gangguan generatif dan produktivitas tumbuhan dan hewan.

Lapisan ozon mengalami kerusakan karena pengkikisan oleh gas CFC (Chloro Fluoro Carbon), yaitu gas untuk bahan pendingin AC, kulkas, dan hairspray. Kerusakan lapisan ozon menyebabkan terbentuknya daerah minim (tanpa) O3 sehingga lapisan ini seolah-olah berlubang pada lapisannyatau serik kita sebut sebagai lubang ozon.

7. Lapisan Ionosfer

Lapisan ionosfer adalah lapisan yang berada pada ketinggian 60-600 km. Ionosfer terdiri atas atom-atom dan molekul yang kehilangan satu atau lebih elektron sehingga membenbentuk ion. Oleh karena itu, lapisan ini sendiri dinamakan lapisan ionosfer. Lapisan ini sangat bermanfaat di bidang komunikasi karena lapisan ionosfer dapat memantulkan kembali gelombang radio ke bumi. Ionosfer terdiri atas tiga lapisan, yaitu lapisan D, lapisan E, dan lapisan F.

LapisanKetinggianFungsi
Lapisan D Berada pada ketinggian 60-120 km Lapisan ini memantulkan kembali gelombang AM ke bumi
Lapisan E Berada pada ketinggian 120-180 km Lapisan ini juga memantulkan kembali gelombang AM
Lapisan F Berada apda ketinggian 180-600 km Lapisan ini memantulkan kembali gelombang pendek

Itulah pembahasan mengenai lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi, dan juga mendadi tameng untuk melindungi bumi dari ancaman benda asng luar angkas. Memberi pengaruh terhadap keberlangsungan seluruh makhluk hidup yang ada di permukaan bumi.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *