ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Lakukan Kebiasaan Berikut Untuk Menjadi Orang yang Lebih Produktif

2 min read

produktif

produktifProduktif adalah suatu kegiatan yg menghasilkan sesuatu yang baru dan dianggap penting untuk keberlangsungan dan tata cara hidup masyarakat sosial. Produktif juga sering dikaitkan dengan jumlah (kuantitas) dan hasil (kualitas) yang baik dan melebihi sesuatu yang telah ditetapkan sebelumnya.

1. Kurangi Melakukan Hal yang Kurang Penting

Ketika anda terlalu sibuk untuk melakukan berbagai hal yang kurang penting, itu akan berdampak langsung rerhadap tingkat produktivitas anda. Seperti menonton televisi terlalu banyak, sering nongkrong dan suka belanja hal yang tidak terlalu dibutuhkan.

Hal tersebut akan sangat banyak menghabiskan waktu anda dengan tak menghasilkan sesuatu apapun. Ada kalanya anda akan membutuhkan hal-hal tersebut untuk mengurangi stress dan jenuh. Maka lalukanlah, akan tetapi ingat untuk tetap menjaga nya sesingkat dan sesedikit mungkin.

Sehingga kebutuhan akan hiburan dan ketenangan anda tetap terpenuhi. Namun tingkat produktivitas anda tak terganggu olehnya.

2. Istirahat Ketika Anda Capek

Jangan memaksakan tubuh anda untuk selalu dalam tekanan tanpa henti. Tubuh adalah suatu sistem yang membutuhkan tingkat Istirahat yang cukup untuk dapat bekerja secara optimal.

Makanlah makanan yang sehat sehingga menciptakan tubuh yang sehat pula. Kesehatan adalah asset paling berharga ketika anda berbisnis.

Baca Juga : Apa Motivasi Kerja Kamu di Senin Pagi?

3. Belajar Dari Inspirator Produktif Anda

Tentu anda mempunyai seorang inspirator yang menjadi panutan anda bukan. Ketika anda telah menyukai seseorang maka apa yang mereka ajarkan akan lebih cepat anda serap dan pahami.
Menyukai semua hal juga bukan selalu berarti baik untuk anda. Menyukai semua hala akan menjadikan anda seorang multitasking sehingga produktivitas anda akan terganggu.

Jika anda sudah merasa cukup dan senang belajar dengan seorang inspirator anda, mungkin hal tersebut sudahlah cukup. Namun jika masih meras kurang optimal, carilah inspirasi lain yang masih dalam bidang yang sama namun d3ngan gaya yang berbeda.

4. Tetapkan Batas dan Lampaui Terus

Mungkin anda bingung sudah sampai manakah tingkat produktivitas anda saat ini. Untuk mengetahuinya, tentukanlah suatu batasan-batasan produktif dalam jangka.

Anda dapat mengethaui dimana posisi anda, ketika anda telah berhasil melampaui batasan-batasan yang telah anda ciptakan sendiri. Misal, dalam batasan satu anda telah melampaui tingkat produktivitas perusahaan A. Dibatasan kedua, anda telah melampaui tingkat produktivitas perusahaan A dan begitu seterusnya.

Batasan bukan menjadi suatu penghalang untuk meningkatkan produktivitas anda, namun justru ada untuk ditaklukan. Setiap orang akan mempunyai batasan mereka sendiri. Dan itu tergantung seberapa besar dan jauh mereka menetapkan batasan untuk diri mereka sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak manapun.

5. Jangan Membuat Diri Anda Terlalu Terbuka

Kadang anda harus tahu mana yang harus disampaikan pada khalayak umum. Dan mana hal yang harus anda pendam sendiri.Bukan hanya untuk kebaikan anda sendiri. Namun mungkin juga demi kebaikan semua pihak.

Buatlah sebuah dinding mengelilingi tubuh anda. Dinding bukan berarti menuntut anda untuk selalu tertutup dan tidak dapat diakses siapapun.

Dinding berfungsi untuk menyaring dan menyeleksi, manakah hal yang perlu anda keluarkan dan anda masukan dalam pemikiran dan kegiatan anda setiap harinya.

Baca Juga :  15 Hal Penting Menjadi Orang Besar dan Orang Sukses

6. Optimalkan Waktu

Gunakanlah waktu sesingkat mungkin untuk mengerjakan setiap pekrjaan anda. Ambilah kemungkinan paling kecil untuk membuang waktu lebih banyak.

Biasanya orang terlalu membuang waktu ketika mereka hanya menunggu mood mereka membaik. Selesaikan terlebih dahulu pekrjaan yang paling sulit dalam daftar kegiatan anda. Buatlah sedikit deadtime untuk memastikan joblist anda selesai tepat waktu.

7. Gunakan To-do List Sesederhana Mungkin

Ketika anda sibuk membuat to-do list atau daftar kegiatan, itu akan menyita banyak waktu yang akan terbuang sia-sia. Buatlah daftar pekerjaan sesederhana dan sesimpel mungkin.

Daftar pekerjaan memang penting untuk kegiatan anda, namun jangan menaruh semua energi anda hanya untuk menyusunnya saja. Ingatlah anda selanjutnya masih akan melakukan kegiatan tersebut. Bukan cuma berhenti sampai disana saja. Maka untuk itu anda harus menyiapkan energi anda untuk melakukan kegitan dari to-do list, bukan kehabisan energi hanya untuk diawal.

Baca Juga : Softskill Adalah ? Profesional dengan 7 Softskill Berikut!!

8. Buatlah Otomatisasi Kegiatan Berulang

Jika memungkinkan pekerjaan tersebut berjalan sendiri atau otomatis. Maka buatlah sistem otomatis untuk menjalankannya. Sehingga anda tidak haru selalu bercampur tangan pada kegiatan tersebut, namun itu tetap bekerja dengan baik seperti biasannya.

Otomatisasi biasanya sangat berpeluang untuk diteapkan pada kegiatan berulang. Seperti membalas email, kalkulasi angka, pengumpulan data dan lain sebagainya.

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *