ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Konsep Pemasaran

2 min read

Konsep pemasaran

Konsep pemasaran adalah sebuah gagasan yan menjadi ide pokok bagaimana suatu srategi dan manajemen pemasaran akan dijalankan. Dalam membuat dan menjalankan konsep pemasaran, banyak sekali hal-hal yang akan mempengaruhinya.

Seperti jenis produk atau layanan yang diproduksi. Kualitas dan kuantitas yang menjadi keutamaan produk. Dan masih anyak hal lainnya yang harus kita perhatikan dan pertimbangkan.

Apakah penting menggunakan dan menerapkan konsep pemasaran dalam penjualan kita? Tentu ini pentng untuk dilakukan perusahaan kita sebagai penyedia produk atau layanan. Setiap manajemen pemasaran membutuhkan pondasi dan tujuan yang jelas, sehingga tepas sasaran dan sesuai dengan visi misi perusahaan.

Berikut 5 Konsep Pemasaran yang wajib kita ketahui :

1. Konsep Produksi

Konsep pemasaran

Konsep produksi adalah suatu manajemen pemasaran yang lebih menekankan fokus pada produksi barang atau layanan perusahaan. Perusahaan akan lebih memperhatikan proses produksi mereka sebagai unjung tombak konsep pemasaran mereka.

Dalam konsep produksi, suatu perusahaan akan stabil jika produksi mereka juga stabil. Mereka menggunakan tonggak skala produksi mereka sebagai tolak ukur keberhasilan dan menjadi perusahaan sukses.

Contoh penerapan konsep produksi adalah, dalam suatu perusahaan akan melakukan sebuah produksi dengan lebih menekan biaya produksi agar bisa menghasilakan lebih banyak jumlah sekaligus dengan harga yang lebih murah.

Mereka bisa menjual barang dengan kuantitas yang lebih banyak dan harga yang lebih murah pula. Maka semakin besar angka produksi mereka, semakin besar pula jumlah dan penjualan perusahaan.

Kekurangan penerapan konsep produksi adalah kualitas produk yang sedikit turun sesuai dengan jumlah biaya produksi perusahaan yang dikurangi. Biasanya konsep ini mudah diterapkan pada produk masal dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas, sehingga permintaan pasar akan selalu mudah untuk dipenuhi.

2. Konsep Produk

Konsep pemasaran

Konsep produk adalah keterbalikan dari penerapan konsep produksi. Dalam konsep produk maka orientasi perusahaan akan lebih fokus pada kualitas produk yang dihasilkan. Memastikan betul bahwa produk yang mereka keluarkan memiliki kualitas dan layak untuk dipasarkan pada masyarakat luas.

Perusahaan percaya bahwa kepuasan pelanggan akan tercapai jika produk yang mereka dapatkan adalah produk dnegan kualiats nomor satu. Konsep pemasaran ini menarik konsumen jika dikemas dengan pemasaran yang tepat.

Perusahaan yang mengadopsi konsep produk biasanya akan lebih mengeluarkan banyak tenaga dan usaha pada masa iklan dan promosi mereka. Namun sekali saja konsumen datang, kemungkinan mereka datang kembali lebih besar. Karena mereka pusa dengan pelayanan dan kualitas produk yang kita tawarakan.

3. Konsep Penjualan

Konsep pemasaran

Konsep penjualan juga memiliki kemungkinan keberhasilan perusahaan yang tinggi. Dengan menggunakan konsep penjualan kita akan lebih memperhatikan lagi efektivitas promosi dan iklan yang sedang kita terapkan.

Dalam konsep penjualan mereka yakin apapun produk dan apapun kualitasnya mereka mampu unutk menjual pada konsumen. Konsep ini lebih cenderung pada orientasi psikologi mempelajari tentang tingkah laku manusia untuk membeli produk mereka.

Konsep ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki produk based on tren, seperti produk teknologi, fashion, kendaraan bermotor dan produk lain yang lebih memperhatikan esensi pemakai produk tersebut.

4. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran

Perbedaan konsep penjualan dan konsep pemasaran adalah pada produk akhirnya. Jika konsep penjualan lebih fokus pada esensi dan apa yang terlihat, maka konsep pemasaran lebih memperhatikan pada kepuasan dan nilai tambah yang didapatkan konsumen.

Mirip dengan konsep produk, konsep ini juga sangat memperhatikan kualitas dan kepuasan konsumen agar selalu terpenuhi. mereka yakin dengan pelangan yang luas dalah sebagai pondasi utama akan keberhasilan perushaan.

5. Konsep Pemasaran Umum

Konsep pemasaran adalah

Menurut semaur.com konsep pemasaran umum adalah konsep yang sangat bermanfaat dipakai dalam masa sekarang. Dalam penerapan konsep pemasaran umum, maka perusahaan bukan hanya fokus pada produk dan konsumen. Namun juga pada masyarakat luas dalam menaruh kontribusi mereka.

Konsep pemasaran umum adalah konsep yang memberi nilai tambah pada setiap produk dan diluar produk mereka. Memperhitungkan dampak keberadaan perusahaan pada komunitas masyarakat yang luas agar lebih bermanfaat dan turut berkontribusi.

Contoh penerapan konsep inin adalah sebuah perusahaaan yang memiliki produk barang. Selain barang tersebut bisa digunakan sebagaimana mestinya, setelah itu selesai barang tersebut mudah terurai setelah digunakan sehingga berdampak positif pada lingkungan.

Contoh lainnya, sebuah perusahaan kendaraan bermotor menjual produk mereka dengan bahan bakar yang lebih irit dengan emisi gas yang rendah. Selain konsumen mereka puas dengan fitur tersebut, masyarakat luas juga mempunyai dampak yang positif penceremaran udara disekitar mereka akan berkurang daripada sebelumnya.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *