ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Work From Home : Kerja Di Rumah

3 min read

Kerja di Rumah

Kerja di rumah (WFH) adalah hal yang wajib kita lakukan dimasa pandemi covid-19 atau corona virus yang belakangan ini semakin meluas. Mewajibkan kita melakuakn adaptasi hal baru secara paksa dengan keadaan yang menuntu kita untuk bekerja dirumah atau work from home.

Bekerja di rumah menghadapkan kita dengan serangkaian tantangan berbeda dalam hal menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Kita harus proaktif dan mengambil langkah untuk mengelola tantangan baru ini.

Dengan adanya kebijakan kerja dari rumah ini seringkali menyulitkan kita untuk membuat jadwal atau menrauh batas antara pekerjaan atau urusan pribadi kita. Kita seperti bekerja tanpa henti karena kurang menyesuaikan jadwal baru. Tidak seperti bekerja dikantor yang telah ditetapkan jadwal jam masuk kerja dan jam pulang yang telah ditetapkan.

Berikut adalah tujuh cara untuk membantu mendapatkan keseimbangan antara profesional kerja dan urusan pribadi dirumah.

1. Buatlah Peraturan Dasar dan Taati saat Kerja di Rumah

Kerja di Rumah

Mereka yang bekerja di rumah perlu menetapkan beberapa pedoman untuk diri mereka sendiri, sehingga mereka dapat memastikan bahwa mereka tidak bekerja terlalu sedikit atau terlalu banyak, dan menyingkirkan gangguan.

Tidak selalu orang lain dalam hidup kita yang dapat mengalihkan perhatian kita; terkadang gangguan datang dalam bentuk pekerjaan rumah tangga, TV, atau media sosial. Identifikasi gangguan Anda yang paling umum dan buatlah evaluasi berjalan untuk membuat solusi yang tepat.

Buatlah garis batas antara pekerjaan kantor anda dengan pekerjaan rumah. Membuat beberapa  aturan dasar di rumah  untuk anggota keluarga (baik orang dewasa maupun anak-anak). Apalagi jika yang bekerja dari rumah bukan hanya anda sendiri. Maka buatlah batas privasi sehingga kita semua dapat bekerja dnegan tenang dan tetap produktif.

2. Menentukan Tujuan / Goals

Kerja di Rumah

Apapun tujuan yang Anda buat : menyingkirkan gangguan, mematuhi aturan dasar Anda, menumbuhkan bisnis Anda, membuat tujuan karir, menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, atau memajukan karier Anda.

Cara paling tepat untuk mendapatkan tujuan yang telah Anda buat adalah dengan tetap bekerja keras dan menjalankan semua rencana yang telah kita buat. Ini membantu untuk memecah tujuan Anda menjadi serangkaian tujuan yang lebih kecil. Apakah jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang, pastikan tujuan didasarkan pada keinginan terbesar Anda dalam hidup.

Tips : Mulailah dengan utama Anda, lalu buatlah tujuan turunan kebawah untuk tujuan harian Anda. Check-in dan evaluasi kemajuan Anda secara berkala.

3. Kerja di Rumah dengan Terjadwal dan Terorganisir

Kerja di Rumah

Buat sistem dan rutinitas agar Anda tetap teratur baik di rumah maupun di tempat kerja. Ini mungkin berlaku untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan bisnis seperti membaca laporan bulanan atau meningkatkan manajemen waktu Anda , atau itu mungkin berarti mengatur sistem untuk berkomunikasi dengan tugas sekolah anak-anak Anda atau membuat kalender keluarga untuk melacak kegiatan semua orang.

Dibutuhkan upaya untuk memikirkan dan menerapkan berbagai cara agar kehidupan Anda teratur. Luangkan waktu untuk melakukan ini, tetapi jangan biarkan itu menggagalkan kegiatan Anda, temukan apa yang cocok untuk Anda.

4. Adaptasi dengan Perubahan

Kerja di Rumah

Efektivitas sistem organisasi dan rutinitas Anda akan berubah seiring waktu. Anak-anak tumbuh, mendapatkan keterampilan baru, dan memiliki kebutuhan yang berbeda. Sangat mudah bagi orang tua untuk terus melakukan tugas yang seharusnya dipelajari anak kita karena lebih cepat melakukannya sendiri. Sebagai orang tua, kita harus mengenali kapan anak-anak kita dapat mengambil lebih banyak tanggung jawab dan hak istimewa, dan kapan kita harus meningkatkan harapan kita.

Kehidupan profesional kami juga berkembang. Pekerjaan dan bisnis rumahan tidak akan sama dari tahun ke tahun. Secara profesional, kita harus gesit, mencari peluang baru, atau memperlancar jalan melalui transisi di tempat kerja.

Ketika Anda bekerja di rumah, dua jenis perubahan dalam hidup Anda ini dapat menjadi saling terkait, dan itu tergantung pada seberapa baik Anda merangkul dan merencanakan perubahan yang tak terhindarkan.

5. Kerjakan Jumlah yang Tepat

Kerja di Rumah

Jumlah yang tepat bukan berarti jumlah yang hanya anda inginkan, itu adalah jumlah pekerjaan yang memberikan keseimbangan finansial, profesional, dan pribadi yang Anda cari. Dan terkadang sulit untuk mengetahui apa itu.

Jika Anda seorang karyawan, mudah untuk menjadi pekerja yang tersedia 24/7 karena Anda bekerja di rumah atau dikantor. Ini tidak berpengaruh banyak terhadap porsi pkerjaan yang Anda lakukan.

Temukan cara untuk bekerja lebih cerdas, baik dengan melakukan multitasking secara bijak  atau mencari peluang menghasilkan uang yang lebih efisien.

6. Kerja di Rumah dengan Tetap Terhubung dan Terus Belajar

Kerja di Rumah

Jangan biarkan bekerja di rumah membuat Anda kehilangan kontak dengan perkembangan profesional baru atau memperlambat Anda bersosial dengan rekan kerja. Dibutuhkan sedikit usaha ekstra untuk melakukan komunikasi, tetapi lebih akan jauh lebih penting lagi bagi pekerjayang tidak bertemu untuk tetap berhubungan.

Di kantor, percakapan biasa mengingatkan kita akan perubahan dalam industri atau perusahaan kita, dan karyawan yang kerja di rumah mungkin akan melewatkan itu jika mereka tidak melakukan upaya ekstra. 

Berlangganan jurnal profesional atau biasakan memeriksa berita dan situs web yang terkait dengan profesi Anda. Menghadiri konvensi atau konferensi bisa mahal, terutama untuk wiraswasta, tetapi mungkin sepadan. Pertimbangkan sertifikasi atau program gelar di bidang Anda, bergabung dengan asosiasi profesional, situs jejaring sosial, atau grup web, dan biasakan untuk menghubungi mantan kolega atau klien sesering mungkin dengan catatan cepat atau telepon.

Note ; Di sisi keluarga, saling berhubungan juga penting. Orang tua lain di sekolah anak Anda dapat membantu Anda meningkatkan komunikasi dengan sekolah anak Anda, serta memberi tahu Anda tentang acara atau peluang lain yang mungkin dipenuhi secara pribadi atau profesional. Tetangga dan teman adalah sumber yang baik untuk belajar tentang acara sosial dan komunitas untuk Anda dan keluarga Anda. 

7. Perhatikan dan Jagalah Dirimu Sendiri

Kerja di Rumah

Ketika Anda bekerja di rumah, karier dan keluarga dapat berbaur sedemikian rupa sehingga sepertinya tidak ada waktu untuk diri sendiri. Namun, Anda harus meluangkan waktu untuk apa yang penting bagi kesehatan mental dan fisik Anda sendiri. Latihan, usaha kreatif, berkumpul dengan teman, dll., Adalah hal-hal yang dapat dihilangkan dari rutinitas kita karena kita begitu sibuk dengan keluarga dan kewajiban kerja kita.

Prioritaskan membangun rutinitas yang menjadikan waktu Anda sebagai tujuan penting. Ini bisa berupa hari spa bulanan, rutinitas olahraga harian, kencan malam dengan pasangan, jalan-jalan rutin bersama teman, atau menghabiskan waktu dengan sukarela di komunitas Anda. Cari tahu apa yang Anda butuhkan dan sisihkan waktu.

Yang mengatakan, menghabiskan waktu bersama keluarga Anda kemungkinan salah satu alasan utama Anda bekerja di rumah. Pastikan waktu adalah waktu yang berkualitas dan Anda tidak melakukan banyak tugas untuk menikmati orang-orang yang Anda cintai. Ingatlah alasan-alasan itu untuk bekerja dari rumah dan nikmati keluarga Anda.

Itulah tips kerja di rumah atau work from home agar tetap optimal dan tetap produktif. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kebahagiaan menyertai kita semua. Stay safe everyone..

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *