ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam Islam

4 min read

Pengertian Kepemimpinan dan Kepemimpinan dalam Islam

Kepemimpinan adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Terlebih lagi bagi seorang pemimpin (leader) untuk memiliki sifat kepemimpinan yang baik.

Setiap orang mempunyai toeri dan materi kepemimpinan sendiri yang berbeda pada setiap orang. Untuk mengetahui dan memahami tentang kepemimpinan lebih jauh kita akan membagikan Pengertian kepemimpinan adalah? 6+ Fungsi dan Teori Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan Adalah

Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, dimana tujuannya adalah untuk mencapai target (goal) organisasi yang telah ditentukan.

Sedangkan pengertian pemimpin adalah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (kepala) dalam sistem di sebuah organisasi/ perusahaan. Organisasi  menjadi hal yang krusial. Skill ini nantinya yang akan membuat para leader sukses dalam semua bidang organisasi, termasuk bisnis. Jadi perbedaan pemimpin dan kepemimpinan itu adalah objek dan sifatnya.

Kepemimpinan dalam Islam

Kepemimpinan dalam sebuah pandangan Islam merupakan sebuah amanah dan tanggung jawab yang tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada anggota-anggota yang dipimpinnya, tetapi juga akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. Pertanggungjawaban pemimpinan menurut Islam tidak hanya bersifat horizontal-formal sesama manusia, tetapi bersifat vertikal-moral, yakni tanggung jawab kepada Allah SWT di akhirat. Hal tersebut dijelaskan dalam Al Qur’an surat Al-Mu’minun:

Artinya: Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janji mereka dan orang-orang yang memelihara sholatnya, mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi surga Firdaus, mereka kekal di dalamnya. (Q.S. al-Mukminun 8-11)

Dalam Al Qur’an Rasulullah SAW juga mengingatkan dalam Haditsnya agar dapat menjaga amanah untuk menjadi seorang pemimpin yang saat sedang dijalankan , sebab hal itu akan dimintai pertanggungjawaban baik di dunia maupun dihadapan Allah SWT. Hal itu dijelaskan dalam Hadits berikut:

را ع و كلكم مسئو ل عن ر عيته كلكم…
Artinya: Setiap kalian adalah pemimpin, dan kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya (H. R. Bukhori)

Di samping dalam hadits di atas Rasulullah juga mengingatkan pada Hadits lain agar umatnya tidak menyia-nyiakan amanah, karena hal tersebut akan membawa kehancuran. Penjelasan tersebut dijelaskan dalam Hadits beliau:

إذا اضيعت الأما نة فا نتظر السا عة قيل كيف اضاعتها يا رسول الله قال اذا وسد الأمر إلى غير أهله فا نتظر الساعة
Artinya: “Apabila amanah disia-siakan maka tunggulah saat kehancuran. (Waktu itu) ada seorang sahabat yang bertanya, apa (indikasi) menyia-nyiakan amanah itu ya Rasul? Rasulullah menjawab: “Apabila suatu perkara diserahkan orang yang bukan ahlinya maka tunggulah saat kehancurannya”. (H. R. Bukhori)

Dari penjelasan Al Qur’an surat al-Mukminun 8-11 dan kedua Hadits di atas dapat diambil suatu benang merah bahwa dalam ajaran Islam seorang pemimpin harus mempunyai sifat amanah, karena seorang pemimpin akan diserahi tanggung jawab yang besar, jika pemimpin tidak memiliki sifat amanah, tentu yang terjadi adalah penyalahgunaan jabatan dan wewenang untuk hal-hal yang tidak baik.

Oleh karena itu, Pemimpin sebaiknya tidak dilihat sebagai fasilitas untuk menguasai, tetapi justru dimaknai sebuah pengorbanan dan amanah yang harus diemban sebaik-baiknya. Selain bersifat amanah seorang pemimpin harus mempunyai sifat yang adi bagi rakyatnya yang seang ia pemimpin. Hal tersebut ditegaskan oleh Allah dalam firmannya:

Artinya: Sesungguhnya Allah  akan menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha Melihat (Q. S. al- Nisa’: 58)

Artinya: Sesungguhnya Allaha akan menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan… (Q. S. al-Nahl: 90)

Kepempinan Transformasioanal adalah

Pemimpin transformasional adalah seseorang pemimpin yang menguasai situasi dengan menyampaikan visi yang jelas tentang tujuan kelompok, bergairah dalam pekerjaan dan kemampuan untuk membuat anggota kelompok merasa diisi ulang dan berenergi (Kendra, 2013).

Kepemimpinan Transformasional adalah suatu model kepemimpinan untuk meningkatkan sumberdaya manusia dengan dan hubungan efek pemimpin terhadap bawahan dapat diukur, dengan indikator adanya kepercayaan, kekaguman, kesetiaan, dan hormat terhadap pemimpin, berusaha untuk memotivasi pengikut untuk melakukan sesuatu yang lebih lagi dan melakukannya melampaui harapan mereka sendiri (Bass, 1994).

Pengertian Kepemimpinan Pendidikan

Kepemimpinan pendidikan adalah sebuah kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinir, dan menggerakkan orang lain yang ada hubungannya dengan pengembangan ilmu pendidikan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, agar kegiatan-kegiatan yang dijalankan dapat lebih efisien dan efektif di dalam pencapaian tujuan-tujuan pendidikan serta pengajaran.

Teori Teori Kepemimpinan

Beberapa teori mengenai kepemimpinan antara lain:

1. Sikap hubungan kemanusiaan

Seorang pemimpin hendaknya menjaga dan mengakui terhadap harga diri dan kehormatan para anggotannya. Sehingga para pengikutnya mampu berpihak kepada dirinya.

2. Teori kepemimpinan perilaku dan situasi

Berdasarkan hasil penelitian perilaku seorang pemimpin yang mendasari teori ini mempunyai kecenderungan kearah 2 hal yaitu: perilaku dn situasi.

Pemimpin akan menyesuaikan kepemimpinannya berdasarkan perilaku kebiasaannya dan juga mempelajari situasi atau keadaan disekitarnya.

3. Teori kewibawaan pemimpin

Kewibawaan atau karisma adalah faktor penting dalam kepemimpinan,sebab dengan faktor ini seorang pemimpin akan dipercaya oleh bawahannya bahwa pemimpin mereka mempunyai kemampuan luar biasa dan mempercayai bahwa pemimpin mereka mampu melindungi dirinya dari bahaya yang mengancam

4. Teori kepemimpinan situasi

Seorang pemimpin harus mampu mendiagnosa yang baik serta harus bersifat fleksibel, sesuai dengan tingkat perkembangan  dan kedewasaan bawahan atau pengikut. Misalnya, gaya direktif cocok diterapkan pada bawahan dengan tingkat pengetahuan yang masih relatif rendah.

5. Teori kelompok

Agar tujuan kelompok (organisasi) bisa tercapai maka harus ada pertukaran yang positif antara pemimpin dan pengikutnya. Karena keberhasilan suatu kelompok atau organisasi tidak mungkin tercapai jika tidak ada kerjasama yang baik antara pemimpin dengan bawahannya atau pengikutnya.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli, baik ahli dari Indonesia maupun dari luar negeri, pernah menjelaskan mengenai definisi kepemimpinan, diantaranya adalah:

1. Wahjosumidjo (1987:11)

Menurut Wahjosumidjo kepemimpinan adalah kemampuan yang ada pada diri seorang leader yang berupa sifat-sifat tertentu, seperti:

  • Kepribadian (personality)
  • Kemampuan (ability)
  • Kesanggupan (capability)

Merupakan sebuah rangkaian aktivitas pemimpin yang tidak dapat dipisahkan dengan kedudukan, gaya dan perilaku pemimpin tersebut, serta interaksi antara pemimpin, pengikut dan situasi.

2. Sutarto (1998b:25)

Menurut Sutarto arti kepemimpinan adalah rangkaian aktivitas penataan berupa kemampuan seseorang dalam mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

3. S. P. Siagian

Menurut S. P. Siagian kepemimpinan merupakan kemampuan dan keterampilan seseorang ketika menjabat sebagai pimpinan dalam suatu organisasi untuk mempengaruhi perilaku orang lain, khususnya bawahannya agar berpikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga dapat memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.

Fungsi Kepemimpinan adalah

Fungsi kepemimpinan memiliki 2 aspek yaitu:

1. Fungsi Administratif

Yang dimaksud dengan fungsi Administratif adalah pengadaan formula kebijakan administrasi di dalam suatu organisasi dan menyediakan segala fasilitasnya.

2. Fungsi sebagai Top Manajemen

Fungsi sebagai Top Manajemen adalah fungsi pemimpin dalam proses aktivitas pembuatan Planning, Organizing, Staffing, Directing, Commanding, dan Controlling.

Jenis Jenis Kepemimpinan

Ada beberapa jenis-jenis kepemimpinan yaitu:

1. Koersif

Jenis kepemimpinan ini bisa juga disebut juga dengan kepemimpinan otoriter. Pada jenis ini seorang pemimpin akan memerintah sesuai dengan kehendaknya sendiri tanpa ada orang yang boleh membantah semua perintahnya.

2. Otoritatif

Jenis pemimpin ini bukanlah  jenis pemimpin yang oteriter, tetapi pemimpin yang mendapatkan kekuasaan dengan persetujuan dan kejelasan visi yang ia paparkan.

3. Afiliatif

Kepemimpinan yang afiliatif adalah seorang pemimpin yang memberikan jalan bagi anggotanya untuk bertindak.Seorang pemimpin mengedepankan kebahagiaan dari anggotnya

4. Demokatis

Kepemimpinan jenis ini mengedepankan pendapat dari anggota untuk mengambil keputusan sehingga setiap masalah diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat.

5. Pacesetting

Jenis kepemimpinan ini menyatakan bahwa seorang pemimpin sangat membutuhkan atau menuntut kesempurnaan dari anggotanya. Pemimpin akan membuat standar-standar yang harus dipenuhi oleh setiap anggotanya agar tercapai apa yang diinginkan pemimpinnya

6. Coaching

Jenis kepemimpinan ini memiliki kesamaan dengan kepemimpinan pacesetting karena pemimpin ini juga menuntut kesempurnaan dari anggotanya. Akan tetapi jenis ini menetukan ketentuan yang berbeda-beda untuk setiap orang. Pemimpin ini menuntut anggotanya untuk berkembang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki masing-masing anggota. Karena pemimpin berpendapat bahwa dengan berkembangnya anggota maka akan berkembang pula organisasi yang dipimpinnya.

Itulah diatas adalah pembahasan mengenai penegertian pemimpin serta fungsi dan teori teori tentang kepemimpinan. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca semaur.com kali ini.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *