ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Karyawan adalah : Menjadi Karyawan yang Baik dan Berkualitas

2 min read

karyawan adalah

karyawan adalahKaryawan adalah – bahasa inggris “employee” : seorang yang bekerja pada suatu lembaga, instansi atau perusahaan swasta dengan menyelesaikan apa yang menjadi tugas dan pekerjaanya lalu mendapatkan gaji sebagai imbalannya. Menurut KBBI arti karyawan/kar·ya·wan/ n orang yang bekerja pada suatu lembaga (kantor, perusahaan, dan sebagainya) dengan mendapat gaji (upah); pegawai; pekerja;. Karyawan adalah orang yang berperan penting dalam suatu perusahaan. Tanpa karyawan, suatu perusahaan akan kehilangan roda penggeraknya. Karyawati adalah semua pengertian diatas namun istilah ini dipakai untuk perempuan.

Pengertian karyawan menurut para ahli adalah :

  • Menurut Hasibuan “Dalam Manulang, 2002”

Karyawan merupakan seorang penjual jasa “pikiran atau tenaga” dan mendapat kompensasi yang besarnya telah ditetapkan atau disepakati telebih dahulu.

  • Menurut Subri “Dalam Manulang, 2002”

Karyawan merupakan penduduk dalam usia kerja “berusia 15-64 tahun”. atau jumlah seluruh penduduk dalam suatu negara yang memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan terhadap tenaga mereka, dan jika mereka mau berpartisipasi dalam aktivitas tersebut.

Baca juga : Lakukan Kebiasaan Berikut Untuk Menjadi Orang yang Lebih Produktif

Jenis jenis Karyawan :

1. Karyawan Tetap :

pegawai yang bekerja di suatu lembaga ( badan perusahaan atau instansi) secara tetap berdasarkan surat keputusan kontrak. Karyawan tetap biasanya akan mempunyai kelebihan dan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan karyawan yang lain. Karyawan tetap bisa diperoleh dari tingkat pekerjaan yang mereka lakukan. Semakin baik pekerjaan mereka, maka semakin terbuka juga kesempatan mereka untuk menjadi karyawan tetap.

2. Karyawan tidak tetap :

Atau karaywan lepas, adalah pegawai yang bekerja di suatu lembaga ( badan perusahaan atau instansi) dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya karyawan jenis ini dipekerjakan hanya ketika perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Tidak menutup kemungkinan juga karyawan lepas akan diangkat menjadi karyawan tetap jika mempunyai kualifikasi dan kualitas pekerjaan yang baik.

Berdasarkan Tugasnya :

3. Manajerial

Orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian atau semua pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah;

4. Operasional

Orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya atau orang lain sesuai dengan perintah atasan .

Baca juga : 11 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berbahasa Inggris, Beserta arti

Ciri ciri karyawan yang baik dan berkualitas :

  • Jujur

Karyawan yang baik adalah karyawan yang selalu jujur atas perkataan dan perbuatannya. Menjadi jujur adalah kunci untuk menjadi karyawan adalah yang disegani oleh aasan dan teman-teman anda. Ketika anda dapat dipercaya karena kejujuran anda akan mudah untuk mendapatkan tugas penting dalam perusahaan.

  • Bertanggung Jawab

Selalu berani untuk mengakui kesalahan dan bertanggung jawab atas segala perbuatannya. Terkadang karyawan akan saling menyalahkan dan tidak ada yang berani mengakui kesalahan. Namun sebagai karyawan yang berkualitas, anda seharusnya berani untuk bertanggung jawab.

  • Disiplin

Tepat waktu menjadi kunci tentang jadwal dan ritme anda dalam bekerja. Ketika anda disiplin mengenai apapun itu, maka pekerjaan anda akan rapi dan selesai tepat waktu.

  • Kerja Keras dan Cerdas

Bekerja keras saja tidak cukup untuk pekerjaan anda. Anda dituntut juga untuk cerdas dalam bekerja. Menemukan segala kemungkinan lebih baik yang bisa anda ambil. Terbuka terhadap wawasan baru dan bersedia untuk selalu belajar.

  • Komunikasi dan Kerja Tim

Meskipun anda mempunyai kualitas dan kualifikasi yang bagus tetapi komunikasi anda buruk, itu tidak akan berarti apapun dalam pekrjaan anda. Anda harus bisa membaur terhadap teman pekerjaan anda. Bisa bekerja dengan tim dan saling berbagi ide atas sesamanya.

  • Menerima Kritik

Seorang yang tidak mau menerima kritik adalah orang yang tidak mau berkembang. Tidak mau keluar dari zona nyaman dan tidak mau terusik oleh kehadiran sipapun. Sebagai karyawan yang baik anda harus menerima kritik. Menerima bukan berarti menerapkan, saringlah mana kritik yang menjatuhkan dan kritik yang membangun. Gunakan mereka untuk emnjadi pendorong anda sukses di kemudian hari.

Baca juga : Softskill Adalah ? Profesional dengan 7 Softskill Berikut!!

Tambahan untuk Pekerja dan Karyawan Milenial

Bekerjalah pada apa yang anda sukai. Passion bisa anda bentuk, namun perasaan suka adalah tentang rasa yang anda ciptakan sendiri sebelumnya. Jika anda telah menyukai terlbih dahulu pekerjaan yang telah anda lakukan, maka anda akan mudah menerima proses. Akan mudah untuk berkembang pada pekerjaan anda. Gunakanlah otak cerdas anda, tentang teknologi, tentang internet, komputer, dan lainya. Itu adalah kelebihan zaman anda, gunakanlah senjata yang telah dilahirkan untuk anda gunakan. Pahami kelebihan anda dan perbaiki kekurangan anda.

 

 

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *