ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Jenis Usaha Sampingan Karyawan yang Baru Banget

2 min read

usaha sampingan karyawan

usaha sampingan karyawanSekarang banyak karyawan yang mulai tertarik memiliki usaha sampingan dari pekerjaan utamanya. Mulai dari usaha sampingan karyawan pabrik atau shift, karyawan kantor swasta bahkan sampai pegawai negeri sipil (PNS). Disamping untuk mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang bermanfaat, tambahan uang yang masuk kedalam kantong pun menjadi motivasi mereka. Berikut beberapa bisnis sampingan untuk karyawan :

1. Bisnis Online

Yap pendatang baru ini berhasil mengubah tata cara hidup masyarakat. Internet membuat perubahan besar dalam perilaku saat ini. Tak sedikit juga yang memanfaatkan internet untuk membuat usaha sampingan karyawan kantor maupun pabrik. Marketplace menyediakan platform jual beli tanpa harus bertatap muka satu sama lain. Membuka toko vitual, memasang foto, lalu jual.

Belakangan bisnis online merambah skala produk yang lebih luas : Pakaian, makanan, jasa atau servis bahkan sampai properti dan investasi. Pelaku bisnis online selalu menambah pelayanan dan sistem mereka. Banyak metode tercipta dari keadaan ini : Keanggotaan atau member, Dropship, Reseller, Grosir dan yang mengerikan seperti judi dan MLM.

Pasar terbentuk mulai dari media sosial : Facebook, Instagram, Twitter dll, Marketplace : Tokopedia, Shopee, bukalapak dll, dan masih banyak lagi platform-platform kecil yang membangun website mereka sendiri.

Baca juga : 6 Situs Freelance Pekerjaan Sampingan untuk Pelajar dan Karyawan

2. Agrobisnis

Hidup sehat menuntut masyarakat untuk mencari produk pertanian yang baik. Celah yang cukup lebar dan belum banyak yang bermain disini. Menjual buah dan sayuran yang organik menjamin kualitas dan kesehatan untuk konsumen anda menjadi ujung tombak anda yang sangat tajam.

Jika anda tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk bercocok tanam, anda bisa megadaptasi metode-metode yang baru tercipta. Sistem Hidroponik, Tambulapot, hingga lahan vertikal bisa menjadi solusi. Anda bisa memulai menjajal pasar konsumen mulai dari teman dan kerabat anda dirumah maupun di kantor. Anda bisa menawarkan per satuan produk maupun paket, misalkan satu paket sayur untuk sayur asem mulai dari bumbu hingga resep telah anda sisipkan didalam paket anda. Bisa juga menawarkan produk jadi seperti jus atau salad buah dan sayur.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Sayuran Anda Sendiri !!! Menanam Tanaman Organik

3. Photo Documentation

Photo yang instagramable atau facebookable? 🙂 Photo menjadi kebutuhan yang terbilang cukuop unik dan menarik. Tidak terlalu penting tapi juga agak susah untuk ditinggalkan. Terutama bagi sebagian orang yang mempunyai sedikit kehidupan yang ingin segala kegiatan dan momen bahagianya terdokumentasi dengan baik.

Anda bisa memulai dengan menawarkan pelayanan photo documentation yang ringan seperti momen jalan-jalan atau sekedar menambah portofolio beranda akun sosial media mereka. Anda juga bisa melirik bidang foto produk seperti pakaian dan makanan atau kuliner.

Baca juga: Menjadi Fotografer Kekinian !!! Peluang Baru Kerja Sampingan

4. Make Up Artist (Tata Rias)

Ingin tampil cantik pas kondangan tapi nggak bisa bikin alis sendiri. Peluang anda masuk kesitu, bisa mnawarkan servis lengkap maupun custom item. Melayani servis dirumah menjadi sslusi yang cukup menarik. memulai usaha sampingan karyawan menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Jika anda benar-benar mahir dalam bidang tata rias, anda bis melebarkan sayap ke dalam acara dan kegiatan yang lebih berat. Seperti make up untuk lamaran atau akad nikah. Atau bahkan meng-handle satu acara pernikahan mulai  dari pengantim sampai ke bridesmate dan anggota keluarga pengombyong. Yang penting jangan pernah berpikir untuk langsung berbesar kepala untuk mencari acara yang besar. Cukup dengan yang kecil dan ringan seiring waktu tambahkan tingkat tanggung jawab ke yang lebih besar

5. Bisnis Kuliner

Memang bukan bidang baru sih. Tapi kuliner selalu mendatangkan produk baru dan inovasi yang terbilang cukup sukses. Bisnis kuliner memang tidajk pernah ada matinya, selama manusia itu hidup ya selama itu pula mereka butuh makan.’

Bisnis catering nasik box package, kue manis, atau masakan sayur custom bisanya laku keras dikalangan karyawan. Anda bisa mngambil kesempatan dengan memberi kualitas produk dan harga yang menarik. Tapi anda harus ingat untuk menjaga nama baik yang telah tercipta,pertahankan kualitas dan teruslah berinovasi.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *