ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Fungsi dan Pengertian Router Adalah ?

3 min read

√ 6+ Fungsi Router : Disertai Pengertian dan Cara Kerja Router

Fungsi router adalah untuk menyambungkan 2 jaringan komputer atau lebih agar bisa saling terhubung dan bisa berbagi informasi maupun file di dalam jaringan tersebut.

Hal diatas adalah fungsi utama dari sebuah router. Lalu jika kalian mendapatkan pertanyaan apa itu router? apa fungsi router? Pengertian router? macam-macam router?

Seperti dalam perusahaan-perusahaan terbesar di Indonesia, Jaringan komputer sangatlah penting keberadaanya. Jika klian mungkin saja berminat untuk mengajukan lamaran menjadi seorang admin jaringan komputer perusahaan tapi belum paham mengnai router.

Tenang gengs…semaur.com akan membagikan penjelasannya dengan artikel dibawah ini mengenai semu hal tentang Ruuter dalam sebuah jaringan komputer teknologi informasi.

√ 6+ Fungsi Router : Disertai Pengertian dan Cara Kerja Router

Pengertian Router adalah?

Router merupakan sebuah perangkat keras (hardware) di luar komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan internet atau kabel menuju perangkat lain atau perangkat komputer yang dituju.

Routing adalah proses saat terjadinya pengiriman dan penerimaan data yang dilakuka oleh router kepada jaringan yang sedang kalian gunakan.

Setiap router mempunyai fasilitas jaringan DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) yang dapat disetting sedemikian rupa sehinga dapat membagi IP address komputer. Selain itu, pada router juga terdapat NAT (Network Address Translator) yaitu fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat dibagikan (sharing) ke alamat IP komputer yang lain.

6+ Fungsi Router

Berikut adalah fungsi router untun menjadi solusi dalam cara membuat jaringan komputer yag saling terintegrasi. Sehingga dnegan sebuah router Anda bisa saling menghubungkan jaringan komputer kalian unutk memudahkan dalam berbagi file maupun data yang lain.

1. Menghubungkan Jaringan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa fungsi utama dari sebuah perangkat keras router adalah mebuat dan saling menghubungkan jaringan komputer yang satu dan komputer yang lain.

2. Transmisi Jaringan

Router akan mentransmisikan kebutuhan data dan file kalian, sehingga file tersebut sampai dan dapat diakses oleh siapapun yang berada dalam satun jaringan dengan komputer Anda.

3. DSL Router

Fungsi router yang lainnya adalah untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router.

4. LAN Network

Seperti pada umumnya sebuah jaringan LAN (Local Area Network) akan membutuhkan minimal satu router utnuk dapat memfasilitasi kebutuhan share data dari jaringan tersebut.

5. Wireless Network

Router zaman sekarang bukan hanya bisa digunakan emnggunakan kabel saja, namun uga bisa diakses dengan wireless (tanpa kabel). Dengan router kalian bisa membuat sebuah jaringan wireless tanpa kendala yang berarti.

Dengan wireless network akan sangat memudahkan kalian dalam mengakses data dan file yang diperlukan tanpa memerlukan kabel yang terkadang sangan sulit untuk memanajemen dan menata kabel tersebut. Ini snagat menguntungkan, apalagi jika banyak anggota jaringan kalian yang mengguakan laptop atau tablet maupun gadet yang lain.

6. Internet Access Sharing

Dengan menggunakan satu router saja maka seluruh komputer yang berada dalam jaringan Anda akan mendapatkan akses internet yang sama antara yang satu dengan yang lain.

Router akan membagikan akses internet kesemua perangkat baik menggunakan LAN maupun wireless mode atau wifi yang dapat kalian atur sesuai dnegan keinginan dan kebutuhan kalian.

6. Paket Telepon Rumah / Kantor

Seperti yang kita tahu biasanya paket internet bulanan kita adlah sebuah bundling antara internet dan telepon rumah atau kantor. Dengan satu router, kalian dapat membagi akses telepon pada semua perangkat (tergantung kebijakan provider masing-masing) sehingg emmeudahkan satu perangkat dengan semua akses yang menajadi satu.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini dinamakan routing yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan data atau informasi sesuai rute perjalanan yang telah dibuat dengan menuju host baik dari sesama network atau berbeda network. Logikanya sederhana, jika data atau informasi ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tersebut. Namun, jika data atau informasi ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan menghalangi data atau informasi itu keluar dari network. Dibawah ini ada ilustari cara kerja router dalam komputer jaringan (network)

Cara kerja router berdasarkan gambar ilustrasi di atas adalah sebAgai berikut :

  1. Ada 2 buah jaringan (network) yang terhubung dengan 1 router.
  2. Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0.
  3. Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tersebut k network lain. Sama dengan jika komputer E mengirimkan data ke komputer F dan berbagai pola dalam satu network.
  4. Namun, jika komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1)

Jenis-Jenis Router

Secara umum, router dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis dan macam-macam router. Sesuai dengan pengertian router itu sendiri, adapun jenis-jenis router adalah sebagai berikut:

A. Berdasarkan Pengaplikasiannya atau Pengggunaanya

1. Router Aplikasi, yaitu suatu aplikasi (software) yang dapat diinstal oleh pengguna komputer pada sistem operasi sehingga sistem operasi komputer tersebut dapat bekerja layaknya router. Beberapa aplikasi software router diantaranya;

  • Wingate
  • WinProxy
  • Winroute
  • Spygate

2. Router Hardware, yaitu hardware (perangkat keras) yang mempunyai kemampuan seperti router. Dengan kemampuan tersebut, hardware ini dapat digunakan dan berfungsi untuk;

  • Membagi alamat IP (IP address) komputer
  • Membagi jaringan internet di suatu wilayah atau jaringan, misalnya router sebagai acces point dan wilayah yang mendapat IP address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

3. Router PC, yaitu suatu unit komputer dengan spesifikasi tinggi yang dimodifikasi sehingga dapat berfungsi sebagai router. Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada pada komputer tersebut yaitu;

  • Prosessor Pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64.
  • Terdapat LAN Card didalamnya
  • Sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.

B. Berdasarkan Mekanismenya

1. Router Statis, yaitu sebuah perangkat router yang mampu untuk melakukan proses routing (penghalaan) dari suatu jaringan ke jaringan yang lain dimana prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator.

2. Router Dinamis, yaitu router yang dapat melakukan proses routing (penghalaan) yang berjalan secara otomatis dan dinamis setelah melalui pengaturan oleh seorang administrator jaringan.

3. Router Wireless, yaitu router yang dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya mengandalkan sinyal untuk mengirimkan paket data.

Itulah pembahasan singkat mengenai Router, semoga bermanfaat dan cukup memberikan informasi yang bergua hari ini.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *