ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Fungsi Pasar Modal

1 min read

Fungsi Pasar Modal

Fungsi pasar modal adalah tempat untuk melakukan transaksi jual beli dalam hal ini barang yang mereka perjual belikan adalah nilai saham, obligasi, dan surat berharga lainnya yang erat kaitannya dengan investasi dan neraca dagang.

Pasar modal adalah sebuah pasar dimana tempat bertemunya antara orang yang memiliki kelebihan modal (pemberi modal) kepada para pelaku yang membutuhkan modal (peminjam). Pasar modal di Indonesia terbentuk menjadi satu lembaga yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI) setelah meleburnya dua lembaga antara Bursa Efek Surabaya (BES) dan Bursa Efek Jakarta (BEJ) menjadi stu lembaga BEI.

Pengertian pasar modal adalah capital market yang merupakan suatu pasar untuk perdagangan dana jangka panjang berupa obligasi atau saham. Dana yang ditawarkan di dalam pasar modal adalah dana yang berbentuk surat berharga atau sekuritas/efek yang memiliki jatuh tempo lebih dari satu tahun.

Untuk pembahasan selengkapnya semaur akan membagikan melalui artikel yang akan mengulas fungsi pasar modal dibawah ini.

1. Induk Stabilitas Harga di Lembaga Sekuritas

Lembaga sekuritas adalah perusahaan yang memiliki kewenangan untuk menyediakan tempat diperjual belikannya saham, obligasi atau surat berharga lainnya yang telah memiliki badan hukum yang jelas.

Di Indonesia terdapat beberapa lembaa sekuritas seperti : Indopremier, BNI Sekuritas, BCA Sekuritas dan banyak lembaga sekuritas resmi lainnya di Indonesia.

Dengan adanya pasar modal induk yang dimana sering kita sebut sebagai Bursa Efek Indonesia aau BEI mereka akan menjadi acuan harga untuk menjaga stabilitas atas dasar-dasar harga yang akan ditetapkan oleh lembaga sekuritas-sekuritas tersebut.

2. Fungsi Pasar Modal Sebagai Sumber Dana Jangka Panjang

Dengan terdaftarnya suatu perusahaan daam daftar BEI, maka perusahaan tersebut telah melakukan IPO (Initial Public Offering) yang dimana sebagian saham perusahaan tersebut akan diperjualbelikan.

Setelah melakukan IPO atau sering kita dengan sebagai istilah “Go public” perusahaan akan mendapatkan pendanaan usaha yang cukup signifikan untuk mengembangkan dan mendanai perusahaan tersebut.

Sumber dana yang telah terkumpul akan digantikan oleh saham perlembar yang akan dibagikan keseluruh investor yang membeli saham mereka di BEI maupun lewat lembaga sekuritas tersebut.

3. Fungsi Pasar Modal Untuk Pemerataan Pendapatan

Dalam jangka waktu tertentu, saham-saham yang sudah dibeli akan memberikan deviden atau bagian dari keuntungan perusahan terhadap para pembeli atau investor. Untuk itu, penjualan saham di pasar modal bisa dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan masyarakat.

4. Sarana Peningkatan Kapasitas Produksi

Dengan adanya suntikan modal yang telah didapatkan dari pasar modal, maka produktivitas perusahaan akan menjadi tinggi atau meningkat. Sehingga akan lebih memaksimalkan produksi perusahaan untuk lebih berkembang dan maju.

5. Menciptakan Tenaga Kerja

Adanya pasar modal bisa menjadi faktor pendorong muncul dan berkembangkan industri lain yang dampaknya bisa untuk menciptakan lapangan kerja baru.

6. Meningkatkan Pendapatan Negara

Masing-masing deviden yang diberikan kepada para pemegang saham atau investor akan dikenai pajak oleh pemerintah. Adanya tambahan pemasukan oleh pembayaran pajak ini akan meningkatkan pendapatan untuk negara.

7. Fungsi Pasar Modal sebagai Indikator Perekonomian Negara

Fungsi Pasar Modal

Kegiatan dan volume penjualan atau pembelian di pasar modal yang meningkat (padat) dapat memberikan indikasi bahwa kegiatan bisnis perusahaan dalam suatu negara tersebut dapat berjalan dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai fungsi pasar modal di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan memberi dampak positif terhadap pengetahuan dan kegiatan kalian. Cheers

Kalian ingin mengetahui apapun hal yang belum kalian ketahui, coba tanyakan di apakah.id

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Cara Daftar KlikBCA

ronisafaat
3 min read

Teknik Pengumpulan Data

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *