ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Freelance Adalah

2 min read

Freelance Adalah

Freelance adalah suatu pekerjaan yang tidak membutuhkan suatu kontrak yang berketetapan khusus dan tidak terlalu mengikat. Freelancer adalah orang yang menggeluti pada bidang pekerjaan ini.

Pada beberapa tahun belakangan menjadi pekerja freelance menjadi suatu pilihan yang banyak dipakai oleh para pekerja terutama para generasi milenial di Indonesia. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh jika seseorang memilih untuk menjadi seorang freelancer.

Seperti waktu yang lebih fleksibel, tidak terikat dengan peraturan yang terlalu ketat dan bisa dikerjakan dimanapun kita mau. Meskipun terdengar sangat ringan dan bisa bekerja seenaknya sendiri, namun sebenarnya bukan begitu.

Menjadi pekerja freelance berarti harus bertanggung jawab atas kewajiban yang kita ambil dan menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil sebelumnya.

Pekerjaan freelance mempunyai banyak jenis dan ceruk yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada pekerjaan freelance online maupun real job. Walaupun belakngan memang menjadi freelancer online lebih familiar dan banyak digeluti oleh anak muda generasi sekarang.

Ada banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa kita ambil unutk kita geluti dan menghasilkan banyak uang, jika kita kerjakan dengan sungguh-sungguh dan mau unutk belajar.

Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

  1. Bisa membuat jadwal jam kerja sendiri
  2. Tidak terlalu kaku dan formal dalam bekerja
  3. Peraturan yang lebih sedikit dibandingkan dengan pekerja kantoran
  4. Bisa dikerjakan dimana saja
  5. Bisa menentukan standar potensial karyanya sendiri

Kerugian Menjadi Pekerja Freelance

  1. Penghasilan tidak tetap
  2. Tidak memiliki tunjangan kantor
  3. Tidak kenal waktu dan tempat
  4. Kurang disiplin jika tidak dijaga ritmenya
  5. Siap sedia untuk revisi
  6. Bingung kalau ditanya mertua pekrjaanya apa.

Berikut beberapa contoh pekerjaan freelance online dan offline yang menghasilkan :

1. Menjadi Penulis Lepas

Freelance Adalah

Menjadi menulis lepas bisa kita kerjakan baik dengan online maupun offline. Banyak media yang membutuhkan penulis untuk mengisi kolom narasi mereka.

Hal tersebut bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan freelance dalam bidang literasi. Mnejadi penulis lepas bisa menerapkan beberapa sistem dalam freelance.

Ada yang mengambil pekerjaan ini dnegan dibayar perjudul artikel, atau perjam penulisan artikel, atau juga per tayang halaman artikel tersebut jika dimuat dalam sebauah ekstensi online.

Menjadi penulis bukanlah hal yang mudah, namun jika kalia menyukai hal yang berkaitan dengan literasi maka hal ini cukup menarik untuk kita coba. Toh mencoba juga tidak membayar.

2. Freelance Photographer atau Videographer

Freelance Adalah

Menjadi seorang pekerja freelance fotografer atau videografer bisa menjadi pilihan kita jika tertarik dengan pekerjaan seni modern. Menjadi seorang fotografer mengharuskan seseorang untuk mempunyai keahlian khusus terutama dalam bidang pengambilan gambar.

Kalian bisa mempelajari hal ini baik melalui seminar maupun belajar otodidak dengan video tutorial youtube. Meskipun tergolong pekerjaan yang tidak mudah, namun menjadi seorang freelance fotografer mempunyai banyak keuntungan.

Kalian bisa mengambil part time job yang biasanya disediakan oleh vendor-vendor besar yang bersedia merekrt para pekerja freelance. Namun biasanya mereka mengharuskan untuk membawa alat kamera sendiri. Untuk itu setidaknya kita harus mempunyai sebuah kamera untuk terjun dalam bidang ini.

3. Freelance Desainer Grafis

Freelance Adalah

Graphic designer bisa menghasilkan ratusan dolar perbulan hanya dengan menjual karya mereka melalui online. Namun pekerjaan ini bukan hal mudah untuk dilakukan oleh para orang awam.

Menjadi seorang desainer grafis harus memiliki beberapa ketrampilan khusus agar mereka dapat menghasilkan karya grafis yang dapat dijual pada pembeli.

Ada banyak jenis ceruk yang bisa diaminkan oleh para desainer grafis, seperti desainer logo, desainer poster, desainer cover buku atau majalah, ilustrator, flyer, banner dan banyak hal lain yang bisa kita ambil bidangnya.

4. Social Media Admin / Marketing

Freelance Adalah

Beberapa perusahaan konvensional sedang gencar-gencarnya ingin memperbaharui pelayanan mereka kedalam sistem teknologi yang lebih maju, menyesuaikan dengan pasar mereka.

Sehingga para perusahaan membutuhkan tim baru untuk menangani kegiatan akun sosial media perusahaan mereka. Bnyak perusahaan lebih memilih para pekerja freelance atau part time untuk menempati posisi ini, selain karena hemat biaya mereka juga percaya segmen ini membutuhkan para pekerja khas sekarang yang lebih mengerti pasar.

Menjadi seorang social media marketer atau sosial media admin bukanlah pekerjaan yang mudah. Kalian harus menguasai beberapa keahlian seperti serve and service, kecakapan bicara, ads atau iklan, dan tentu memahami apa itu sosial media dan kegunaannya dalam bidang bisnis perusahaan tersebut.

5. Content Creator

Freelance Adalah

Banyak yang mengatakan content creator pasti seorang youtuber, tidak salah memang. Namun content creator jauh lebih luas jangkauannya, bukan hanya menjadi seorang youtuber saja.

Content creator bisa saja menghasilkan karya lain, seperti iklan, music, literasi, grafis, dan banyak hal lain yang bertujuan unutk menghasilkan sebuah produk atau file yang berguna untuk membantu mencapai sebuah tujuan.

seorang content creator jauh akan lebih nyaman jika dikerjakan menjadi pekerjaan freelance. Karena menghasilkan konten bukanlah produk yang bisa dibatasi standar minimalnya.

Content murni sebuah pikiran yang tidak bisa dipaksakan. Jika pada saat yang sulit bahkan ada seorang content creator yang satu bulan tidak bisa menghasilkan apapun, dan dalam satu waktu bisa saja ia menghasilkan banyak content hanya dengan tiga malam begadang.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Gaya Kepemimpinan

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *