ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Efektivitas adalah : Pengertian, Contoh, Kriteria dan Aspek Mempengaruhi

2 min read

efektivitas adalahMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) : kata efektif mempunyai arti efek, pengaruh, akibat atau dapat membawa hasil. Secara umum efektivitas adalah keaktifan, daya guna, adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju.

Artikel terkait : Manajemen adalah : Pengertian, Contoh, Unsur, Fungsi dan Tujuan

Pengertian efektivitas menurut para ahli :

1. Hidayat (1986)

“Efektifitas adalah suatu ukuran untuk menyatakan seberapa jauh target (kuantitas,kualitas dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar nilai presentase target yang dicapai, makin tinggi efektifitasnya”

2. Schemerhon John R. Jr. (1986:35)

“ Efektifitas adalah pencapaian target output yang dapat diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (OA) dengan output realisasi atau sesungguhnya (OS), jika (OA) > (OS) disebut efektif ”.

3. Prasetyo Budi Saksono (1984)

“Efektifitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan output yang telah dicapai dengan output yang diharapkan dari sejumlah input “

4. Siagaan, 2001: 24

Efektivitas pada dasarnya menunjukkan pada taraf tercapainya hasil, sering atau senantiasa dikaitkan dengan pengertian efisien. Meskipun sebenarnya ada perbedaan diantara keduanya. Efektivitas menekankan pada hasil yang dicapai, sedangkan efisiensi lebih melihat pada bagaimana cara dan proses untuk mencapai hasil yang telah ditargetkan, itu dengan membandingkan antara input dan outputnya.

Artikel terkait : Karyawan adalah : Menjadi Karyawan yang Baik dan Berkualitas

Aspek-aspek yang mempengaruhi efektivitas adalah :

Efektivitas suatu program dapat dilihat dari aspek-aspek antara lain:

(1) Aspek tugas atau fungsi

Yaitu lembaga dikatakan efektivitas jika melaksanakan tugas atau fungsinya, begitu juga suatu program pembelajaran akan efektif jika tugas dan fungsinya dapat dilaksanakan dengan baik dan peserta didik belajar dengan baik pula

(2) Aspek rencana atau program

Yang dimaksud dengan rencana atau program disini adalah rencana pembelajaran yang terprogram, jika seluruh rencana dapat dilaksanakan maka rencana atau program dapat dikatakan efektif.

(3) Aspek ketentuan dan peraturan

Efektivitas suatu program juga dapat dilihat dari berfungsi atau tidaknya aturan yang telah dibuat dalam rangka menjaga berlangsungnya proses kegiatan tersebut. Aspek ini mencakup aturan-aturan baik yang berhubungan dengan guru maupun yang berhubungan dengan peserta didik, jika aturan ini dilaksanakan dengan baik berarti ketentuan dan atau aturan telah berlaku secara efektif. dan

(4) Aspek tujuan atau kondisi ideal

Suatu program kegiatan akan dikatakan efektif dari sudut hasil jika tujuan atau kondisi ideal program tersebut dapat dicapai. Penilaian aspek ini dapat dilihat dari prestasi yang dicapai oleh peserta didik itu sendiri.

Artikel terkait : Demografi adalah : Memanfaatkan Bonus Demografi Indonesia 2020

Kriteria Efektivitas adalah :

Suatu kegiatan atau aktivitas dapat dikatakan efektif bila dapat memenuhi beberapa kriteria tertentu yang telah ditentukan standar sebelumnya. Efektivitas sangat berhubungan erat dengan terlaksananya semua tugas pokok, tercapainya tujuan, ketepatan waktu, serta adanya usaha atau partisipasi aktif dari pelaksana tugas tersebut.

Secara umum, beberapa tolak ukur atau kriteria efektivitas adalah sebagai berikut:

  1. Efektivitas keseluruhan, yaitu sejauh mana seseorang atau organisasi melaksanakan seluruh tugas pokok dan mencapa tujuannya.
  2. Efisiensi, yaitu ukuran keberhasilan suatu kegiatan yang dinilai berdasarkan besarnya sumber daya yang digunakan dan bagaimana proses untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  3. Produktivitas, yaitu kuantitas produk atau jasa pokok yang dihasilkan seseorang, kelompok, atau organisasi dalam sau kurun waktu.
  4. Laba, yaitu keuntungan atas penanaman modal yang digunakan untuk menjalankan suatu kegiatan.
  5. Stabilitas, yaitu pemeliharaan struktur, fungsi, dan sumberdaya sepanjang waktu. Menjaga ritme khususnya dalam masa-masa sulit.
  6. Semangat kerja, yaitu kecenderungan seseorang berusaha lebih keras dengan perasaan untuk mencapai tujuan organisasi, misalnya perasaan terikat, kebersamaan tujuan, dan perasaan memiliki.
  7. Pertumbuhan, yaitu Suatu perbandingan positif antara keadaan organisasi sekarang dengan keadaan masa sebelumnya (tenaga kerja, fasilitas, harga, penjualan, laba, modal, market share, dan lainnya).
  8. Keterpaduan, yaitu adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antar anggota organisasi maupun antar korporasi dalam mengkoordinasikan usaha kerja mereka.
  9. Kepuasan kerja, yaitu timbal-balik atau kompensasi positif yang dirasakan seseorang atas peranan dan pencapaiannya dalam organisasi.
  10. Keluwesan adaptasi, yaitu kemampuan individu atau organisasi untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi dilingkungannya.
  11. Penilaian pihak luar, yaitu penilaian dari pihak umum terhadap individu atau organisasi dari pihak-pihak lain di suatu lingkungan yang berhubungan dengan individu atau organisasi tersebut.
  12. Penerimaan tujuan organisasi, yaitu diterimanya tujuan-tujuan organisasi oleh setiap individu dan unit-unit di dalam suatu organisasi untuk mencapai satu tujuan yang telah ditetapkan.

Artikel terkait : Big data adalah ? Pengertian dan Keuntungan Big Data

Contoh contoh efektivitas

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menerapkan sistem efektivitas demi untuk mencapai tujuan dan target. Mereka dapat meliputi :

  • efektivitas organisasi
  • efektivitas komunikasi
  • efektivitas pembelajaran
  • efektivitas kerja
  • efektivitas kepemimpinan
  • efektivitas komunikasi interpersonal
  • efektivitas program
  • efektivitas iklan dan promosi
  • efektivitas kelompok
  • efektivitas komunikasi antar pribadi
  • efektivitas teknologi
  • efektivitas manajemen
  • efektivitas pengendalian internal
  • efektivitas biaya
  • dan masih banyak lainnya

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Call Center BNI

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *