ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Efek Globalisasi Terhadap Bisnis atau Perusahaan Kecil

2 min read

globalisasi

globalisasiSebuah cerita yang selalu kita dengar. Dalam dunia bisnis akan selalu muncul kalimat “Kapitalisasi perusahaan besar”. Yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin juga sulit untuk maju dan berkembang. Misalkan saja para pedagang kecil yang dihajar habis oleh kedatangan pelaku bisnis skala nasional. Mendirikan minimarket disetiap sudut wilayah, memaksa para pedagang kelontong untuk gulung tikar secepatnya. Beberapa pemilik toko kecil di wilayah mereka masih bisa mengandalkan hubungan baik secara langsung, namun itu tidak cukup untuk melawan harga murah yang ditawarkan minimarket modern. Pada akhirnya, kesetiaan pelanggan tidak akan berarti apa-apa dan toko kelontong bangkrut, kerja keras selama beberapa tahun hancur dalam semalam. Globalisasi bisnis kecil tidak mungkin dilakukan dalam keadaan ini. Itu adalah beberapa kasus yang menyebar akibat globalisai pada sektor bisnis dan perusahaan kecil.

Begitu Anda memulai bisnis baru, Anda terjun ke lautan yang dihuni oleh banyak ikan kecil, diantaranya bersaing dengan Anda untuk mendapatkan makanan. Dan banyak ikan yang lebih besar dari anda, siap memakan Anda hidup-hidup setiap saat. Ikan-ikan besar dialut cenderung saling terhubung dengan baik. Binatang paling berpengaruh dan fungsional dalam mengambil keuntungan globalisasi. Bahkan hampir tak mungkin untuk melawan kapitalis mereka untuk bersaing. Lalu apa dampak globalisasi pada pemilik usaha kecil, dan bagaimana Anda bisa mempertahankan diri dari pukulan yang akan datang menerpa Anda?

Globalisasi Merek

Bisnis lokal kecil pasti akan dihancurkan oleh perusahaan multinasional besar dalam bentuk kapitalisme imperialis. Penghancuran bisnis lokal menyebabkan hilangnya budaya lokal, dan munculnya budaya perusahaan anonim tunggal yang hanya sedikit berbeda dari satu negara ke negara. Namun mereka tidak juga melulu diam dengan tudingan dan celah dalam perusahaan besar mereka. Merek global perusahaan besar sangat terlokalisasi untuk mengakomodasi selera lokal, dan perusahaan telah menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan negara-negara asing untuk meningkatkan penjualan mereka. Pemerintah asing juga cepat menendang pelanggar yang tidak bermain sesuai aturan. Mencegah upaya untuk melakukan globalisasi bisnis kecil mereka.

Sementara beberapa usaha kecil, seperti penjual lokal yang disebutkan di atas telah menderita. Sebagian ada yang menghindari dihancurkan oleh perusahaan besar yang terglobalisasi. Di Cina, masih ada banyak usaha keci yang sukse seperti restoran kecil dan kedai kopi yang berhasil, meskipun ada banyak restoran multinasional Amerika berdiri tegak ditanah mereka. Bagaimana restoran-restoran ini bertahan? Dengan menyediakan item menu lokal – seperti pangsit, mie, bebek Peking – bahwa rantai tersebut tidak pernah putus dengan memiliki keahlian untuk membuatnya. Pelajaran untuk bisnis kecil itu sederhana. Jangan terus membuat hamburger ketika McDonald’s datang ke kota. Jual sesuatu yang lain yang menjadi ciri khas anda.

Nilai Tukar dan Outsourcing

Beberapa dekade yang lalu, bahwa “Buatan AS” berarti produk-produk yang dibuat dengan baik yang dapat Anda banggakan akan kualitas dan merek yang sangat mewah. Masalah yang tejadi sekarang, “Made in U.S.A” maka berarti membayar biaya tenaga kerja yang tinggi. Berurusan dengan serikat pekerja dan mendapatkan untung yang sangat kecil pada margin produk yang tipis. Karena itu, outsourcing atau memindahkan basis produksi Anda ke negara lain menjadi menarik untuk dilakukan. Biaya material dan tenaga kerja yang lebih rendah di negara lain dengan mata uang yang lebih lemah akan sangat bagus untuk meningkatkan keuntungan perusahaan menjadi lebih besar.

Usaha kecil biasanya tidak memiliki keuntungan dari menjalin kemitraan outsourcing dengan pabrik luar negeri. Berada pada posisi yang sangat tidak menguntungkan dalam penetapan harga. Perusahaan-perusahaan multinasional cenderung mengeksploitasi model bisnis ini sepenuhnya. Menciptakan barang-barang yang sangat murah di China, walaupun menghasilkan margin yang tipis pada setiap produk mereka. Tujuan model bisnis ini adalah menggunakan volume penjualan yang tinggi untuk mengimbangi laba per produknya yang rendah. Tujuan yang lebih spesifik adalah untuk melemahkan pesaing lokal mematikan kegiatan globalisasi bisnis kecil mereka, yang secara fisik tidak dapat menandingi harga rendah tersebut karena kurangnya infrastruktur outsourcing, dan memusnahkan mereka dengan perang harga. Setelah semua pesaing lokal ini dieliminasi. Para perusahaan besar bebas menaikkan harga lagi, karena telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin monopoli lokal.

Sebagai bisnis kecil, hampir tidak mungkin untuk melindungi diri dari serangan semacam ini. Jika Anda ingin berdiri dan berjuang di tanah anda sendiri. Maka strategi terbaik adalah menyekutukan diri Anda dengan para pelaku bisnis lokal lainnya dan mengumpulkan sumber daya Anda. Jangan terburu-buru untuk melakukan kampanye globalisasi bisnis kecil anda. Itu hanya akan sia-sia dan menjatuhkan anda. Buatlah iklan tentang kelebihan produk-produk lokal yang kalian tawarkan. Melakukan kampanye penolakan atas kebijakan perusahaan multinasional yang merusak harga. Berikan kualitas pada produk anda akan menarik pelanggan untuk datang dan mengunjungi usaha lokal anda. Masyarakat masih ingat akan hubungan sosial yang terus terjalin diantara kalian yang hidup bersama saling melengkapi kebutuhan dalam satu wilayah. Dalam perang habis-habisan melawan orang-orang besar, musuh dari merka adalah sahabat dan kelompokmu.

baca juga Strategi Pemasaran dengan Teknik SWOT Analysis

Tetap Bertahan (Defensif)

Usaha kecil sering jatuh seperti lalat ketika menjadi target sasaran oleh perusahaan multinasional dengan ikatan global yang kuat. Namun, mengingat identitas yang kuat dan persekutuan yang solid dengan pesaing kecil dapat meningkatkan peluang Anda untuk bertahan. Sehingga Anda masih hidup untuk melakuakan kekuatan defensif globalisasi bisnis kecil anda dan menjadi titik balik usaha kecil anda berubah menjadi perusahaan global.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *