ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Demografi adalah : Memanfaatkan Bonus Demografi Indonesia 2020

2 min read

demografi adalah

demografi adalahDemografi adalah sesuatu hal atau ilmu yang membahas dan meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan kependudukan. Demografi mencakup ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu. Perubahan dapat dipengaruhi akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan yang terjadi dilingkungan mereka. Analisis kependudukan dapat merujuk pada masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu.

Baca juga : Softskill Adalah ? Profesional dengan 7 Softskill Berikut!!

Bonus Demografi adalah :

Dimulai pada tahun 2020 nanti, Indonesia akan menikmati bonus demografi. Lalu apa yang dimaksud dengan demografi? Bonus demografi adalah keadaan dimana penduduk suatu negara memliki jumlah lebih banyak usia produktif (20 tahun – 35 tahun) daripada usia tidak produktif (anak-anak dan lansia).

Diperkirakan tahun 2020 nanti lebih dari 50% penduduk Indonesia berada dalam rentang usia produktif tersebut. Ini akan berdampak pada ekonomi dan inovasi yang akan berkembang dengan pesat. Permintaan dan pengeluaran akan berjalan dengan beriringan dan memiliki volume yang sangat banyak.

Lalu bagaimana kita harus menyikapi bonus demografi di negara kita Indoneisa ? Kita harus mampu bersaing dan mampu memberikan solusi pada setiap permasalahan yang muncul. Menyempurnakan inovasi yang telah ada, dan membuat inovasi baru baik dari ide segar (benar-benar baru) atau karena permasalahn baru yang muncul karenanya.

Menggunakan Data Demografi untuk Perusahaan Produk dan Jasa Anda

Baca juga :11 Kebiasaan Buruk untuk Produktivitas Anda

1. Pembagian Segmen Demografi untuk Target Pemasaran

Dengan anda mempelajari data demografi yang telah ada sebelumnya. Kita dapat menggunakan mereka untuk membentuk segmen pemasaran perusahaan produk dan jasa anda. Anda dapat menggunakan segmen-segmen berikut ini untuk menentukan target pasar anda:

  • Faktor Usia

Dengan menggunakan data tentang kealahiran, Anda dapat menyimpulkan berapa jumlah konsumen yang berada dalam rentang usia target pemasaran anda. Misalkan anda mempunyai produk kekinian tentang anak muda. Mau tak mau target pasar anda hanyalah penduduk yang mempunyai usia muda tentunya.

Maka dengan demografi anda akan mendapatkan gambaran seberapa luas produk anda bisa tersebar. Anda juga dapat memodifikasi produk anda jika pada sebelumnya hanya mempunyai konsumen yang cukup sedikit. Sehingga setelah anda memodifikasinya anda akan memiliki jangkauan yang lebih luas. Contoh : Anda berjualan pakaian. Pada awalnya anda hanya menyediakan pakaian kekinian (hypebeast), maka mau tak mau konsumen anda hanyalah anak muda. Anda sadar akan kekurangan hal tersebut, maka anda memodifikasi produk anda dengan membuat pakaian polos atau semi formal. Target pasar anda akan lebih luas dan kemungkinan untuk mendapatkan konsumen lebih banyak terbuka lebih lebar.

  • Faktor Kelas Sosial

Tidak akan pernah memeungkinkan jika anda menawarkan produk apartemen mewah kepada semua orang secara umum. Dengan menggunakan data demografi anda dapat menentukan siapa saja yang memungkinkan untuk menjadi konsumen anda. Dimana biasa mereka berkumpul ( kota, wilayah, dll), kapan biasa mereka berinteraksi (weekend) dan lainya sehingga penawaran atau iklan anda tepat sasaran.

Dengan data ini juga memungkinakan anda mengeluarkan biaya atau modal promosi yang lebih baik. Menggunakan waktu secara efisien dan sesuai dengan target pasar konsumen yang pas.

  • Gender atau Jenis Kelamin

Mudah dibaca, namun terkadang terlalu mudah untuk dilupakan. Anda lupa berapa angka yang sebenarnya ada di sekitar kita. Anda mempunyai produk kerudung, berpikir semua perempuan adalah target pasar anda. Jangan lupa untuk memikirkannya lebih lanjut.

Seberapa banyak perempuan yang berpotensi memakai hijab atau kerudung, anak-anak kecil yang tidak bisa memakai kerudung dewasa anda, apa model yang bisa anda tawarkan. Hanya membutuhkan anda untuk berpikir sedikit lebih detait dan itu akan bisa untuk anda lakukan.

  • Faktor Agama

Terlalu sensitif memang jika kita menaruh agama sebagai segmentasi pemasaran. Namun ini akan lebih baik dan sangat baik untuk dilakukan. Anda tak mungkin menjual kitab ke pemeluk agama yang salah bukan? Ini memang sedikit menjorok, jadi sebaiknya anda benar-benar mempelajari tentang konsumen anda. Siapa yang membutuhkan produk anda dan siapa konsumen anda.

Baca juga :Lakukan Kebiasaan Berikut Untuk Menjadi Orang yang Lebih Produktif

2. Keuntungan dan Manfaat Segmentasi Pasar Konsumen :

Berbagai kruntungan dan manfaat dari segmentasi pasar berdasarkan demografi adalah antara lain:

  1. Segmentasi demografi memisahkan target pasar kedalam kelompok-kelompok yang didasarkan pada variabel demografis seperti umur, jenis kelamin, besarnya keluarga, siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, dan kebangsaan.
  2. Segmentasi berdampak baik pada alokasi strategis sumber daya pemasaran pengelolaan hubungan pasar, segmentasi pasar, penempatan pasar sasaran, dan penentuan posisi produk.
  3. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai fenomena dan kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
  4. Dapat menghasilkan produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
  5. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efisien dan efektif.
  6. Dapat mengalokasikan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
  7. Dapat digunakan untuk mengukur seberapa jangka promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.

 

 

 

 

 

 

 

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Motivasi Kerja Keras

ronisafaat
4 min read

Nama Perusahaan

ronisafaat
1 min read

Usaha Kecil Menengah

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *