ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Situs Crowdfunding Indonesia Untuk Pendanaan Usaha

2 min read

Situs Crowdfunding Indonesia Untuk Pendanaan Usaha

Crowdfunding adalah suatu pengumpulan atau penggalangan dana yang ditujukan untuk mencapai nilai tertentu atau tujuan tertentu. Sumber dana yang masuk dari prose crowdfunding bisa digunakan sesuai tujuan yang telah disepakati dalam proses penggalangan dana.

Seringkali bayak perintis usaha merasa kesulitan terhadap pengadaan dana dan modal awal usaha mereka. Namun sekarang banyak sekali opsi bagi kita untuk mendapatkan pendanaan modal, baik itu dari investor, pinjaman perbankan maupun yang belakangan nge-trend adalah dengan mengadakan penggalangan dana di situs-situs crowdfunding yang telah tersedia.

Cara melakukan penggalangan dana didalam situs crowdfunding, kalian hanya perlu menjelaskan secara rinci usaha apa yang akan kalian bangun. Membuat proposal usaha, seperti peluang yang terbuka, target pasar, target penjualan, rincian laba dan tentu berapa jumlah modal awal yang harus terpenuhi unutk membuka usaha tersebut.

Setelah kalian membuka penggalangan dana untuk ide usaha yang kalian tawarkan kepada para pemodal (pasar modal), mereka akan mempelajari tentang kemungkinan berhasil atau tidaknya usaha tersebut. Bagaimana prospek usaha itu, apakah menarik atau tidak untuk pasar, bagaimana skema pengembalian modalnya. Dan jika mereka tertarik dengan proposal dan konsep yang kalian usung, akan cukup mudah untuk mereka memberikan dana mereka dalam penggalangan kalian.

Lalu dimana kita bisa membuka penggalangan dana? Apa saja situss crowdfunding yang ada di Indonesia? Kita akan membagikan pembahasannya dibawah ini mengenai Situs Crowdfunding Indonesia Untuk Pendanaan Usaha :

Situs Crowdfunding Indonesia Untuk Pendanaan Usaha

Situs crowdfunding yang ada di Indonesia

1. KitaBisa.com

Kitabisa.com adalah salah satu situs crowdfunding terbesar di Indonesia. Walaupun dalam hal ini Kitabisa.com lebih sering digunakan untuk menggalang dana amal dan kegiatan sosial pada umumnya. Namun kalian tetap bisa menggunakan situs ini untuk menggalang dana mendapatkan modal usaha kalian.

Website platform kitabisa.com telah mempunyai angka jutaan member yang tergabung dalam platform tersebut. Maka ini adalah pangsa yang sangat besar untuk mendapatkan modal yang kalian inginkan.

Bahkan untuk mengatasi masalah ini, mereka melakukan kerjasama dengan lembaga crowdfunding yang lain, diantaranya HIJAW milik Ivan Nanto yang dibantu dengan anggota dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

2. Akseleran

Situs akseleran menyediakan sebuah platform bagi para pengusaha yang sedang emmebutuhkan modal dan juga menjadi platform bagi para pemilik modal unutk mencari ladang investasi mereka. Dana yang di berikan oleh para investor biasanya berupa pinjaman atau agunan.

Akselera lebih konsern dan lebih memusatkan perhatian mereka bana Usaha Kecil Mandiri (UKM) untuk mereka dapat mendapatkan dana modal dengan mudah dan terpercaya. Mereka yakin dengan membantu para pengusaha kecil dan menengah adalah usaha untuk memajukan kesejahteraan sosial.

Yang menarik, selain akseleran adalah platform bagi para pengusaha untuk mendapatkan modal, dalam situs ini kalian juga bisa menjadi seorang pemberi modal atau investor dengan minimal pemberian modal Rp.100.000.

3. Gandengtangan

Gandengtangan juga merupakan platform crowdfunding yang cukup besar dalam pangsa pemodalan dan bisnis UKM di Indonesia. Mereka menjembatani para pemilik modal dan para pengusaha untuk mendapatkan modal jangka pendek membuka atau memperbesar usaha mereka.

GandengTangan adalah wadah kolaborasi antara pemilik usaha yang membutuhkan modal dengan pendana yang ingin memberikan dampak sosial secara aman dan transparan. Melalu pendanaan jangka pendek ini, GandengTangan akan menjembatani keduanya agar dapat bergandeng tangan untuk menciptakan dampak baik bagi Indonesia.

Hingga saat in gandengtangan hampir meyalurkan permodalan mereka mencapa angka 10 Milyar rupiah dengan jumlah usaha mikro yang tlah terdanai sebanyak 1.923 dengan jumlah member atau pengguna terdaftar platform mencapai angka 14.671.

4. Kolase

Kolase adalah jenis crowdfund yang bekerja pada bidang seni dan proyek kreatif. Mereka konsern pada seni, musik, hiburan dan bahkan literature untuk menjembatani para seniman terhadap penikmat karya mereka.

Konsep yang disusung kolase terbilang cukup menarik, karena disini kalian akan mendapatkan generasi yang energik dan penikmat seni yang telah terkumpul.

5. Crownfunder

Crowdfunder bukanlah crowdfunding Indonesia, namun mereka cukup terbuka untuk mendapatkan pendaanaan dan para pengusaha internasional.

crowdfunder merupakan platform crowdfunding untuk bisnis dan usaha. Dengan jaringan sosial yang berkembang dari investor, usaha kecil, startups teknologi, dan usaha sosial (bisnis finansial berkelanjutan adan menguntungkan untuk tujuan dampak sosial).

Crowdfunder ini menawarkan perpaduan dari crowdfunding berbasis sumbangan serta investasi dari individu, angel investor, dan orang-orang dari investor dengan memasukkan syarat tertentu. Crowdfunder ini diterjemahkan crowdfunding dan investasi, yang membantu mengembangkan kewirausahaan serta akses untuk modal luar Silicon Valley.

Seperti yang kita tahu, bahwa tidak ada hal yang benar benar sulit unutk kita lakukan. Dan tidak ada hal yang benar benar mudah untuk kita abaikan. Dalam hal membangu usaha dan mendapatkan modal adalah hal pertama yang harus kalian lakukan untuk dapat menjalankannya. semoga pembahasan diatas dapat berguna bagi kita semua, terutama bagi kalian yang sedang kesulitan modal untuk embangun usaha rintisan kalian.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Perencanaan Usaha

ronisafaat
2 min read

Konsep Pemasaran

ronisafaat
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *