ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Tujuan dan Contoh Paragraf Teks Eksposisi Singkat

4 min read

Tujuan dan Contoh Paragraf Teks Eksposisi Singkat

Apakah kalian sering mendengarkan istilah kata Teks Eksposisi? Istilah teks eksposisi tentu erat kaitannya dengan keilmuan Bahasa Indonesia. Secara harfiah, pengertian teks eksposisi adalah sebuah paragraf yang memuat pembahasan informasi penting. Paragraf eksposisi ditulis secara jelas, singkat, padat, dan juga mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah suatu paragraf yang menerangkan suatu tema pembahasan dengan stuktur parangraf yang relatif singat dan padat namun tetap jelas dan penuh makna.

Tujuan dan Contoh Paragraf Teks Eksposisi Singkat

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan teks eksposisi adalah untuk menyajikan suatu paragraf yang membahas suatu hal dengan padat dan singkat. Ini akan berguna untuk memangkas waktu pembaca mengenai suatu informasi dan pembahasan namun tetap mendapatkan semua inti dan pokok pembahasan dari tema tersebut.

Pengertian Teks Eksposisi Menurut Para Ahli

Menurut Gorys Keraf eksposisi menurut Keraf adalah bentuk wacana yang berusaha menguraikan objek sehingga memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Tujuan utamanya adalah memberitahuakan dan memberi informasi mengenai suatu objek tertentu.

Menurut Alwasilah eksposisi adalah menyatakan bahwa eksposisi adalah tulisan yang tujuan utamanya mengklarifikasi, menjelaskan, mendidik atau mengevaluasi sebuah persoalan. Tujuannya memberi informasi atau memberi kepada pembaca.

Menurut Nasucha eksposisi menurut Nasucha bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai ajakan atau desakan agar pembaca menerima atau mengikutinya. Paragraf eksposisi biasanya digunakan untuk menyajikan pengetahuan dan proses ketika terjadinya sesuatu.

Sedangkan menurut Merriam-Webster Dictionary teks eksposisi dan menurut kamus Merriam-Webster adalah susunan kata yang berperan dalam menerangkan sesuatu (explaining something).

Ciri Ciri Teks Eksposisi

Berikut merupakan unsur dan ciri-ciri teks eksposisi selengkapnya.

  • Menggunakan gaya bahasa yang persuasif atau mengajak
  • Menggunakan teks yang jelas dan lugas
  • Menggunakan bahasa yang baku
  • Menjabarkan informasi-informasi pengetahuan
  • Bersifat netral dan objektif
  • Bersifat tidak memihak dan tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembaca
  • Menyertakan data-data yang valid dan akurat
  • Menyajikan fakta yang sebagai alat konkritasi dan juga kontribusi
  • Isinya menjawab pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Berikut beberapa kaidah yang harus dipenuhi oleh teks eksposisi

1. Konjungsi

Konjungsi adalah suatu jenis kata penghubung yang digunakan dalam suatu paragraf atau teks eksposisi. Kata penghubung ini akan sering digunakan untuk menjelaskan maksud dan tujuan kaliat dama paragraf eksposisi agar tujuannya tercapai. Kata penghubung konjungsi dapat berupa kata yang menunjukan waktu, gabungan, penjelasan, perbandingan , dan beberapa jenis kata lainnya. Misalnya kata penghubung waktu seperti “Setelah, Kemudian, Lalu”, serta kata penghubung perbandingan, seperti “Bagai, Serupa”.

2. Pronomina

Kaidah selanjutnya dalam paragraf atau teks eksposisi adalah promina atau kata ganti. Pronomina terdiri dari dua jenis kata, yaitu kata ganti untuk menunjukkan orang (Persona) dan kata ganti yang menunjukkan bukan orang (non-persona). Kata Persona bisa berupa “Kamu, Dia, Ia, Saya”, sementara kata non-Persona dapat berupa “Di sana, Di sini, Di situ”

3. Leksikal

Leksikal adalah suatu jenis kata yang menunjukkan Kata Kerja, Kata Benda, Kata Sifat dan juga Kata Keterangan. Kata kerja merupakan kata yang menunjukkan suatu proses ataupun keadaan dan kegiatan yang sedang berlangsung, misalnya membaca, menulis, berlari, dan sebagainya. Kata benda ialah kata yang menunjukkan suatu objek atau wujud tertentu seperti Meja, Kasur, Rumah, dan sebagainya. Sementara kata sifat misalnya Cantik, Menawan, Buruk, Baik, dan kata keterangan dapat berupa tempat dan waktu, misalnya Malam, Siang, di rumah, di sawah.

Jenis Jenis Teks Eksposisi Berdasarkan Pola Pengembangannya

Berikut adalah jenis-jenis teks eksposisi dan pengertiannya lengkap.

1. Pola Definisi

Teks eksposisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu

2. Pola Proses

Teks eksposisi proses adalah suatu paragraf yang berisi tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

3. Pola Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi adalah sebuah paragraf yang menyajikan informasi atau penjelasan dengan memberi gambaran yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal-hal tertentu.

4. Pola Laporan

Teks eksposisi laporan adalah suatu paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.

5. Pola Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi dimana ide atau gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan dengan yang lain.

6. Pola Pertentangan

teks eksposisi pertentangan adalah paragraf eksposisi yang berisi mengenai hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

7. Pola Berita

Pengertian teks eksposisi berita adalah paragraf eksposisi yang memberikan informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

8. Pola Analisis

Pengertian teks eksposisi analisis  senidiri adalah paragraf eksposisi yang memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, kemudian melakukan pengembangan secara berurutan.

Contok Teks Eksposisi Singkat Sesuai Struktur yang Benar

1. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Tesis:

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri tersebut tentu saja terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013.

Argumentasi:

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal atau pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa. Pendidikan karakter ini penting akan menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan di bidang yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Siswa ang tidak pandai dalam pelajaran tentu saja bukan berarti ia bodoh, ia pasti memiliki kemampuan di bidang yang lain. Melalui pendidikan berkarakter, cerdas atau tidaknya seseorang tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seseorang dalam pelajaran di kelas. Guru juga tidak boleh untuk melabeli seorang siswa bodoh apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas.

Pemerintah juga telah mengupayakan terwujudnya pendidikan karakter ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013. Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang toleransi terhadap suku, agama, bahasa, kebudayaan, dan adat istiadat lain. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kebudayaan, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Sehingga penanaman sikap toleransi harus diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

Selain itu, pendidikan karakter juga diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang terkait dengan masa depannya. Siswa harus memiliki keahlian dan skill khusus yang harus dimiliki di zaman globalisasi ini.

Penegasan ulang:

Pendidikan karakter merupakan bekal awal siswa di masa depan. Siswa harus memiliki sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skil atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap menghadapi kemajuan zaman.

2. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Tesis:

Pemanasan Global merupakan keadaan dimana suhu bumi berubah menjadi semakin panas. Pemanasan global ini mengakibatkan berbagai dampak buruk, seperti menipisnya ozon sehingga sinar ultraviolet dapat langsung masuk ke bumi, naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub.

Pemanasan global terjadi karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer, sehingga akan menyebabkan ozon  yang semakin menipis. Banyaknya gas karbondioksida yang terdapat di bumi tidak seimbang dengan jumlah pohon yang dapat menyerap karbondioksida. Bahkan bukan hanya itu, hutan-hutan sudah mulai di buka untuk lahan pertanian, perkebunan, atau juga dialih fungsikan dari hutan lindung menjadi hutan produksi.

Argumentasi:

Beberapa tahun ke belakang ini dunia sedang mengalami kenaikan suhu yang cukup parah.

Pemanasan global yang terjadi tersebut karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer bumi. Gas kabondioksida tersebut berasal dari asap pabrik, atau dari kendaraan bermotor. Apabila kita melihat sekitar pasti banyak sekali pabrik-pabrik yang beroperasi yang menimbulkan gas karbondioksida.

Ini masih di negara kita, coba banyak yang apa yang terjadi di negara industri? Negara industri pasti memiliki pabrik yang lebih banyak. Negara-negara industri tersebut seharusnya mengatasi karbondioksida yang dikeluarkan akibat aktivitas dari pabrik-pabrik.

Parahnya lagi, hutan-hutan di dunia yang seharusnya dapat sedikit membantu mengurangi gas karbondioksida yang akan di bumi tidak dapat menjalankan perannya dengan baik. Hal tersebut karena banyak pohon di hutan yang ditebang. Selain penebangan pohon di hutan, beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, yaitu pengalihan fungsi hutan, dari hutan yang berfungsi sebagai hutan lindung dialih fungsikan menjadi hutan konservasi. Hal tersebut tentu saja dapat memperburuk keadaan bumi.

Penegasan ulang:

Pemanasan global yang sedang melanda bumi beberapa tahun ke belakang semakin parah. Hal ini disebabkan karena banyaknya pabrik yang beroperasi sehingga menimbulkan asap an juga karena asap dari kendaraan bermotor. Keadaan ini diperparah dengan keadaan hutan yang seharusnya dapat berperan dalam mengurangi emisi gas malah banyak hutan yang ditebang. Selain penebangan hutan, alih fungsi hutan juga dapat menyebabkan hutan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan dari hutan lindung menjadi hutan konservasi sudah mulai banyak terjadi terutama di negara Indonesia.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *