ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Contoh Karangan Deskripsi dengan Struktur dan Ciri Umumnya

3 min read

Contoh Karangan Deskripsi dengan Struktur Ciri Umumnya

Deskripsi adalah suatu tulisan yang isinya menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu objek atau keadaan tertentu secara ringkas dan tepat. Contohnya adalah karangan deskripsi , kalimat deskripsi, paragraf, teks dan lainnya.

Pengertian Deskripsi adalah suatu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat agar dapat dipahami oleh orang lain yang tidak mengalaminya sendiri.

A. Pengertian Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi adalah suatu jenis teks di mana ide utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan objek, tempat, atau peristiwa tertentu secara terperinci sehingga pembaca dapat seolah-olah merasakan secara langsung apa yang dijelaskan di dalam teks tersebut.

Secara etimologis kata “deskripsi” diambil dari bahasa latin “describere” yang artinya menggambarkan atau memberikan suatu hal. Sehingga pengertian deskripsi adalah suatu bentuk karangan yang melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca seolah dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang digambarkan penulis.

B. Karangan Deskripsi Menurut Pendapat Para Ahli

1. Henry Guntur Tarigan

Henry Guntur Tarigan (1994) menjelaskan bahwa, deskripsi adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati dan aktivitas.

2. Gorys Keraf

Sedangkan dikutip dari Gorys Keraf (1982:93), deskripsi adalah suatu wacana yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek pembicaraan sehingga para pembaca seperti melihat sendiri objeknya secara langsung. Di dalam deskripsi penulis memindahkan kesan-kesannya, hasil pengamatan, perasaan, penyampaian sifat, dan rincian wujud yang ditemukan pada objek.

3. Felicia Nuradi Utorodewo

Menurut Felicia Nuradi Utorodewo, pengertian deskripsi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan pancaindra dalam proses penguraiannya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, deskripsi adalah suatu pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan sudah terperinci.

C. Contoh Karangan Deskripsi

Beberapa contoh karangan deskripsi dari berbagai tema. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Kelas XII IPS 1

Kelas XII IPS 1 ini sudah menjadi seperti rumah sendiri bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik, ramah dan hangat. Di sana juga kami menuntut ilmu demi meraih masa depan. Walaupun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2 namun kelas ini sangatlah bersih dan nyaman. Lantai kelas dilapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap.

Tidak hanya bersih, kelas kami juga sangat lengkap. Kami mempunyai 31 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping kiri papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar. Di dinding kelas yang berwarna putih dan bersih juga dihiasi oleh gambar para pahlawan, foto presiden, pancasila dan kata-kata mutiara.

Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan pantun, puisi, dan kata-kata mutiara karya dari kami semua. Itulah gambaran tentang kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap sehingga kami semua semangat dalam belajar demi menyongsong masa depan kami.

2. Contoh teks deskripsi tentang alam

Gunung Prau

Berada di puncak gunung merupakan momen pas untuk menyaksikan matahari terbit. Begitu pun saat berada di Gunung Prau, matahari terbit bisa dilihat dengan indah.Pemandangan langit pagi, perpindahan bumi dari gelap ke terang.

Banyak awan yang menghiasi langit seiring naiknya matahari. Banyak orang yang mengabadikan momen tersebut. Banyak orang yang memasak makanan, misalnya mie atau menggoreng sosis. Sehingga hal ini mungkin menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

D. Contoh Paragraf Deskripsi

  • Buah kersen merupakan buah sudah yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau saat baru tumbuh. Menjelang matang, warna buah ini akan menguning dan perlahan-lahan menjadi merah ketika matang. Diameter buahnya berkisar 1-1,5 cm. Tekstur buah ini sangat lembut dan mirip seperti biji-bijian yang bentuknya sangat kecil, serta mempunyai rasa yang manis.
  • Selama aku mengenalnya, dia adalah sosok yang baik dan menyenangkan. Dia juga selalu tahu bahwa aku sedang berduka atau kesusahan tanpa pernah sekalipun aku menceritakan kepadanya. Terkadang, dia pun sering membantuku melewati masa-masa sulit yang kualami. Sayangnya, dia memiliki sifat yang tertutup dan terlalu lugas saat berbicara. Hal itulah yang membuat jumlah teman-temannya sedikit dibanding dengan yang lainnya. Padahal, jika orang-orang mau memahami dan menerima sifatnya, niscaya mereka akan mendapat perlakuan baik seperti yang telah aku rasakan.
  • Kamarku mempunyai ukuran 2,5 m² x 3,5 m² dengan warna hijau tosca sebagai warna latarnya. Kamar ini dijejali oleh beberapa perabot kamar, seperti kasur, meja belajar, dan lemari baju. Benda benda lain pun turut menjejali ruang tempatku tidur tersebut, seperti gitar, tempat cucian baju,komputer, serta rak berisi buku dan CD.
  • Saat bolu pandan buatannya dihidangkan kepadaku, wangi pandan langsung tercium oleh indera penciumanku. Saat aku mencicipinya, tekstur lembut dan manis langsung menyeruak ke dalam mulutku.Sungguh, dia pandai sekali membuat kue yang selezat ini!
  • Dendeng Balado adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan melebar, lalu dijemur di bawah sinar matahari yang terik. Hal itu dilakukan agar daging tersebut menjadi kering. Setelah usai kering dijemur daging tersebut lalu digoreng hingga kering dan matang, lalu kemudian diberi bumbu balado yang terbuat dari cabai dan bumbu lainnya. Bumbu balado tersebut membuat warna dendeng menjadi kemerah-merahan. Tekstur dagig yang kering, serta rasa pedas dari bumbu balado akan terasa di lidah saat Dendeng Balado disantap.
Contoh Karangan Deskripsi dengan Struktur Ciri Umumnya

E. Ciri Umum Teks Deskripsi

Apakah ciri umum teks deskripsi? adalah sebagai berikut:

  1. Umumnya isi teks deskripsi terdapat penjelasan atau rincian mengenai objek, tempat, atau suasana tertentu.
  2. Teks deskripsi melibatkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan) dalam menjelaskan suatu objek atau peristiwa.
  3. Teks deskripsi berisi gambaran sebenarnya mengenai suatu objek atau peristiwa secara detail sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat dan merasakannya.
  4. Teks deskripsi umumnya mengungkapkan ciri-ciri fisik objek, misalnya ukuran, bentuk, warna, dan sifat.
  5. Kata-kata dalam teks deskripsi selalu bermakna kata sifat atau keadaan.

F. Struktur Teks Deskripsi

  1. Identifikasi, yaitu bagian yang menjelaskan mengenai penentuan identitas objek (benda, manusia, dan lain sebagainya).
  2. Klasifikasi, yaitu bagian yang menjelaskan mengenai susunan atau sistem dalam suatu kelompok berdasarkan standar atau kaidah yang telah ditetapkan.
  3. Bagian Deskripsi, yaitu bagian inti dari deskripsi yang berisi gambaran atau pemaparan mengenai objek atau topik yang dibahas

G. Tujuan Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki tujuan, yakni memberi penjelasan yang utuh kepada pembacanya supaya mereka dapat memahami apa yang sedang dibicarakan dengan jelas, entah dalam hal bentuk fisik ataupun wujud yang abstrak seperti sikap, rasa dan lain sebagainya.

Teks deskripsi adalah hasil pengamatan atau observasi, oleh sebab itu informasi yang digunakan untuk menjabarkan suatu benda atau objek harus jelas, sesuai dengan data dan fakta yang ada pada objek tersebut.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *