ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Pengertian dan Contoh Karangan Argumentasi

4 min read

Pengertian dan Contoh Karangan Argumentasi adalah

Argumentasi adalah suatu ungkapan baik dalam bentuk tulisan atau pembicaraan yang berisi tentang penjelasan, alasan atau pembuktian atas pendapat yang telah dikemukaan olehnya.

Argumentasi sering digunakan dalam sebuah forum atau diskusi untuk saling memberi pengertian tentang suatu hal dengan sudut pandang mereka masing-masing. Dalam beragumentasi terdapat beberapa tujuan dan peraturan yang harus diperhatikan agar penyampaian dan penerimaan atas suatu argumen tidak bersifat memaksa dan menuduh.

Kali ini semaur.com akan membagikan Pengertian dan contoh karangan argumetasi untuk menambah wawasan kita semua. Ada baiknya kalian mengetahui dengan baik dan benar cara berargumentasi, terlebih jika kalian senang aktif dalam forum diskusi maupun berorganisasi. Kemampuan berargumentasi kalian akan sangat berpengaruh dan berguna bagi kegiatan sosial kalian sehari-hari.

a. Pengertian Argumentasi Adalah

Argumentasi adalah suatu bentuk penulisan paragraf atau pendapat dalam sebuah kalimat yang menerangkan sebuah penjelasan, alasan, pembuktian, pro, dan kontra yang disertai alasan-alasan obyektif, fakta aktual, nyata, valid, dan kuat terhadap paragrapnya yang bertujuan untuk meyakini si pembaca agar merasa bersimpati dan menghayati, berpendapat yang sama dengan si pembaca, dan terpengaruhi.

Kata argumentasi sendiri berasal dari kata induknya yaitu Argumen yang artinya menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah sanggahan atau alasan yang digunakan untuk menolak suatu pendapat, gagasan, pendirian, atau ide orang lain dengan memberikan alasan yang rasional dan obyektif. Argumen sendiri lebih sederhana diartikan dengan istilah berdebat untuk mempertahankan gagasan masing-masing.

Mungkin ketika membaca pengertiannya saja, sudah banyak yang bisa memahami apa itu argumentasi yang sebenarnya. Namun tidak hanya memahami pengertiannya saja. Kalimat argumentatif terdiri dari beberapa bagian yaitu ciri-ciri kalimat argumentasi yang memudahkan untuk mengenal dan memahami kalimat argumen itu sendiri. kemudian ada struktur, pola, komposisi, dan bangunan dari kalimat argumentasi itu juga dapat memudahkan dalam pembuatan kalimat.

Pengertian dan Contoh Karangan Argumentasi  adalah

b. Ciri-ciri Pokok Kalimat Argumentasi

Untuk mengetahui bahwa suatu kalimat tersebut termasuk ke dalam kalimat argumentasi atau bukan adalah dengan cara memperhatikan beberapa ciri-ciri pokok kalimat argumentasi. Tidak semua kalimat yang merujuk pada kalimat sanggahan termasuk ke dalam kalimat argumentasi. Memang antara ketika menyanggah sesuatu dengan memberikan argumentasi mungkin tidak berbeda jauh. Namun ada satu perbedaan paling mencolok antara kedua kalimat tersebut yaitu alasan yang objektif.

Ciri-ciri Pokok Kalimat Argumentasi:

  • Berisikan ide-ide pokok, gagasan, pandangan, point of view, atau pendapat seseorang mengenai suatu masalah.
  • Berisikan data-data valid, resmi, fakta faktual, objektif, atau hasil riset seorang ilmuan guna memperkuat argumen yang diutarakan sehingga pembaca meras yakin dengan argument tersebut.
  • Merumuskan sebuah permasalahan dengan cara kritis, analisis, logis, dan analog.
  • Ditutup dengan pembahasan secara universal atau sebuah kesimpulan menyeluruh mengenai suatu permasalahan dan solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

c. Struktur teks Argumentasi

Komposisi penulisan kalimat argumentasi tidak ditulis sembarangan. Secara umum ada 3 urutan struktur teks dalam menulis atau mengungkapkan kalimat dalam argumentasi. Urutan inipun tidak boleh dibolak-balik atau diacak karena apabila hal tersebut dilakukan, maka akan membuat isi teks menjadi susah dipahami dan tidak mengalir. Tentu saja keadaan tersebut juga membingungkan dan menimbulkan salah pengertian pada para pembaca.

Cara membuat paragraf argumentasi dengan struktur teks argumentasi yang benar sebgai berikut:

  1. Pendahuluan, bagian pendahuluan berisi latar belakang masalah atau pengenalan masalah. Kalimat yang digunakanpun cukup menarik dengan menggunakan gaya bahasa sedemikian rupa sehingga akan menarik perhatian para pembaca karena
  2. Isi atau badan kalimat argumantasi, bagian ini berisi pendapat, ide, point of view, dan gagasan, yang disertai dengan fakta yang menguatkan sekaligus membuktikan gagasan tersebut benar adanya.
  3. Penutup yang terdiri dari kesimpulan akhir, berisi kesimpulan yang logis dan dapat diterima oleh nalar si pembaca.

d. Ada beberapa contoh argumentasi

1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Pada musim kemarau pada tahun 2016 merupakan kemarau yang paling parah dalam waktu 10 tahun terakhir ini. Disebabkan hujan tidak turun selama 6 bulan mengakibatkan banyak tanah dan sumber air mengering. Menurut informasi dari BMKG, hujan diprediksi akan turun pada bulan november depan. Jika hal tersebut terjadi, bisa dikatakan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau biasa. Karena memang kemarau tahun ini terjadi selama 7 bulan dari bulan februari-maret. Sedangkan menurut BMKG, data tahun lalu menunjukkan bahwa kemarau hanya terjadi selamat 5 bulan saja. Oleh sebab itu, banyak petani banyak yang gagal penen karena tidak ada persediaan air untuk mengairi sawah.

2. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

Sekolah SMKN 3 boyo asri dinobatkan sebagai sekolah terbaik yang ada di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa berprestasi yang dicetak oleh sekolah ini. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya juara-juara Olimpiade yang banyak dimenangkan dari sekolah ini. Selain itu, prestasi lain yang tak kalah membanggakan selain di bidang akademik, seperti olahraga, kesenian dan lingkungan. Pada tahun 2015, sekolah ini mengirimkan 15 atlet yang mewakili Indonesia dalam ajang kejuaraan Sea Games. Tidak mau kalah, Paduan suara sekolah ini juga sudah ikut dalam kontes paduan suara tingkat internasional di Madrid, Spanyol. Prestasi demi prestasi yang cukup membanggakan tersebut tidak terjadi begitu saja. Namun, semua itu merupakan hasil dari latihan dan kerja keras dewan guru. Serta pihak komite sekolah dan para Guru pengajar yang selalu menjunjung tinggi komitmen untuk mendidik siswanya dengan cara terbaik.

3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

Biaya pendidikan di Indonesia saat ini bisa dibilang sangatlah mahal. Walaupun pemerintah sudah memberikan bantuan pendidikan. Tetap saja para siswa harus membayar biaya untuk keperluan sekolah, berupa untuk membeli seragam, baju, buku, dan kebutuhan lainnya. Mahalnya biaya pendidikan tidak hanya pada sekolah dasar atau sekolah tingkat pertama atau akhir saja. Namun juga di perguruan tinggi biaya pendidikan cukup mahal, walaupun di kampus negeri. Mahalnya biaya untuk menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Disebabkan karena pemerintah tidak memberikan bantuan langsung kepada perguruan tinggi yang ada. Sehingga banyak anak yang telah lulus dari sekolah menengah atas lebih memilih untuk bekerja saja. Dibandingkan dengan melanjutkan ke perguruan tinggi. Tentu hal tersebut menandakan bahwa pendidikan di Indonesia belum merata dan hanya mencakup pada orang yang mampu. Sedangkan bagi mereka yang kurang mampu, pendidikan tinggi hanya menjadi sebuah angan-angan belaka.

4. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Kebiasaan merokok sudah mengakar di masyarakat kita. Padahal sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Menurut data Kementrian Kesehatan, setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal diakibatkan rokok. Tentu angka tersebut bukanlah angka yang sedikit. Bila dilihat memang efek rokok pada tubuh tidak dapat langsung dirasakan oleh perokok. Namun, butuh waktu yang cukup lama untuk melihat efek rokok pada tubuh. Menurut dr. Ari Wibowo, asal yang dihisap oleh perokok secara perlahan akan menggerogoti organ pernafasan meraka. Seperti paru-paru, tenggorokan, dan lain-lainnya. Sehingga bila dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan penyakit, seperti serangan jantung, bronhitis, dan gangguan kehamilan. Semakin sering menghisap asap rokok, maka akan semakin cepat proses tersebut.

Apakah bahaya kegiatan merokok itu?

Di dalam sebuah batang rokok mengandung berbagai zat-zat kimia yang berbahaya. Seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak sekedar batang rokok saja yang berbahaya, asap dan tar juga dapat menyebabkan kanker. Karena kandungan nikotin rokok yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Oleh sebab itulah merokok bisa menyebakan kebugaran jasmani menurun drastis. Efek paling paling buruk dari merokok adalah dapat menyebabkan kematian bagi para penghisapnya. Karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit berat.

e. Tujuan Berargumentasi

 Berikut ini adalah beberapa tujuan argumentasi pada umumnya:

1. Mengemukakan Pendapat

Tujuan argumentasi yang paling umum adalah untuk mengemukakan pendapatnya kepada orang lain. Dalam mengemukakan pendapat, seseorang dapat mendukung atau menentang  pendapat orang lain.

2. Mempengaruhi Orang Lain

Pada umumnya orang menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain sehingga gagasan dan pendapatnya diterima atau dilakukan. Namun ada juga penyampaian pendapat dilakukan semata-mata untuk menyampaikan suatu pandangan, bukan untuk mempengaruhi.

3. Mengupayakan Pemecahan Masalah

Argumentasi juga bisa untuk mencari solusi atau pemecahan suatu permasalahan. Dalam hal ini, biasanya ada suatu permasalahan yang dikemukakan dan kemudian dibutuhkan pendapat dan saran dari berbagai pihak.

4. Mendiskusikan Suatu Permasalahan

Hampir sama dengan poin sebelumnya, argumentasi juga dapat bertujuan untuk mendiskusikan suatu permasalahan tanpa harus mencapai titik tertentu. Artinya, ada suatu permasalahan yang dibahas namun tidak harus mencapai titik yang pas karena perbedaan pendapat yang sama-sama kuat.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *