ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Ciri Ciri BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

2 min read

Ciri Ciri BUMN Badan Usaha milik negara

Ciri ciri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang paling menonjol dan terlihat adalah ruang kegiatan dan pekerja yang berada dalam perusahaan tersebut. Selain lebih mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di dalam negeri, BUMN juga sangat mempertimbangkan hal-hal yang menunjang dalam kegiatan operasioanalnya sehari-hari.

Seperti memenuhi persyaratan dokumen wajib, surat menyurat dan bahkan sampai dampak yang tercipta dalam pekerjaannya. BUMN akan sangat berhati-hati dalam memenuhi kewajibannya sebagai perusahaan negara. Memastikan semuanya berjalan sesuai prosedur dan tetap mendapatkan profit dan dampak positif untuk masyarakat dan negara.

Ciri ciri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sangat melekat dalam tubuh perusahaan negara ini. Mereka akan menggunakan keistimewaaan mereka unutk mendapatkan hasil yang maksimal bagi perkembangan dan pertumbuhan suatu negara.

Ciri Ciri BUMN Badan Usaha milik negara

Berikut beberapa ciri ciri BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

1. BUMN Menjadi Sumber Pemasukan Negara

Badan usaha milik neagara akan sangat membantu kegiatan perekonomian negara. Perusahaan BUMN juga menjadi salah satu penyumbang devisa atau penghasilan negara untuk menyeimbangkan neraca perdagangan. Pemasukan negara akan sangat berdampak pada kestabilan ekonomi dan perkembangan pasar suatu negara.

Seluruh penghasilan dan keuntungan yang diperoleh BUMN akan sepenuhnya dimasukkan untuk kas negara, untuk selajutnya pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mengelola hasil keuntungan tersebut. Pemerintah bisa saja mengalokasikan dana tersebut untuk memunculkan perusahaan baru maupun kegiatan ekonomi yang lain.

2. Pemerintah Sebagai Pemegang Kendali

Seperti yang kita bahas diatas, pemerintah akan berperan aktif dalam kegiatan perusahaan milik negara ini. Pemerintah memiliki kewenangan yang harus dipatuhi dan dijalankan untuk setiap perusahaan yang berada dibawah naungannya.

Namun suatu saat terjadi kejadian yang buruk terhadap perusahaan, maka pemerintah juga akan berperan aktif pula dalam pemecahan masalah. Pemerintah akan memegang kendali sepenuhnya baik dalam perkembangan perusahaan maupun dalam keadaan perushaan saat menghadapi pailit atau bahkan kebangkrutan.

3. Modal Awal Perusahaan oleh Negara

Dalam hal ini Badan Usaha Milik Negara harus memiliki modal awal yang disediakan atau difasilitasi oleh pemerintah. Meskipun banyak modal awal BUMN akan disediakan oleh pemerintah sepenuhnya, bebrapa Badan Usaha Milik Negara juga akan membuka kemungkinan mendapatkan modal dari pihak luar, seperti perusahaan bank, pinjaman investor, lembaga non bank atau sumber yang lain.

Namun harus digaris bawahi bahwa modal harus sepenuhnya disediakan pemerintah. Dalam artian pemerintah yang harus menyediakan atau jika menerima modal dari pihak lain, pemerintah yang harus memfasilitasinya sehingga modal tersebut dalam satu ruang lingkup yang sama oleh negara.

4. Saham Mayoritas Dimiliki Negara

Namanya saja Badan Usaha Milik Negara, tentu perusahaan sepenuhnya atau sebagian besar merupakan aset dan kekayaan negara tentunya. Negara diharuskan sedikitnya memiliki 50% saham yang diakuisisi pemerintah untuk memastikan perusahan tersebut menunjang pertumbuhan ekonomi negara.

Saham mayoritas BUMN yang dimiliki pemerintah untuk tetap menjaga pengelolaan perusahaan sepenuhnya tetap menjadi kewenangan pemeritah.

5. Saham Bisa Dimiliki Masyarakat atau Publik

Sisa saham mayoritas yang telah dimiliki pemerintah, sisanya bisa dibeli di pasar modal oleh masyarakat umum yang tertaik untuk memilkinya. Tak jarang jugaa saham perusahaan milik negara biasanya akan memiliki minat pasar yang tinggi.

Selain karena memang memilki jangkauan yang luas, pengelolaan oleh pemerintah yang terjamin juga menambah kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan yang sedang dibangun.

6. BUMN Mempunyai Produk yang Sangat Berguna Bagi Masyarakat

Tujuan utama dari pembentukan BUMN adalah menunjang kegiatan masyarakat. Secara umun perusahaan milik negara akan membuat produk atau layanan yang memecahkan masalah sosial. Seperti perbankan, transportasi, pergudangan, bahan pokok atau masalah-masalah sosial yang lainnya.

Badan Usaha Milik Negara akan berperan aktif dalam masyarakat untuk memberi solusi dan menutupi kebutuhan masyarakat. Selalu memberi inovasi dan mampu menyesuaikan kebutuhan pasar sehingga akan menambah nilai perusahaan ditengah-tengah masyrakat.

7. BUMN Memudahkan dan Menyejahterakan Masyarakat

BUMN akan berperan aktif dalam mencari kemudahan berinteraksi sosial dan perekonomian negara. Kepentingan utama perusahan yang dimiliki negara ini adalah menyejahterkan rakyat. Dengan membuat produk atau layanan yang menjawab kebutuhan masyarakat.

Kesejahteraan masyarakat harus terjamin oleh negara, sehingga dengan adalan BUMN ini kesejahteraan rakyat akan mampu terpenuhi dan memberi kemudahan dalam berbagai aspek bidang pekerjaan maupun sosial.

Beberapah hal hiatas adalah ciri ciri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Apakah Badan Usaha Milik Negara selalu sukses? Dalam beberapa bidang perusahan negara akan bekerja dengan kesuksesan yang tinggi karena minat pasar dan sesuai dnegan kebutuhan masyarakat. Namun ada juga beberapa perusahaan BUMN mengalami pailit sehingg harus menutup atau biasnya melebur menjadi satu dengan perusahaan negara yang lain.

Namun kita yakin setiap Badan Usaha Milik negara yng dibangun memiliki tujuan dan fungsi yang mulia bagi masyarakat. Sehingga kita harus selalu mendukung kegiatan pemerintah ini, atau memeberi kritik dan saran untuk sama-sama mengembangkan dan mewujudkan cita-cita kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Freelance Adalah

ronisafaat
2 min read

Teknik Negoisasi

ronisafaat
2 min read

Personal Branding

ronisafaat
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *