ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Cara Menjawab Interview yang Baik, + Peluang Diterima

4 min read

Cara Menjawab Interview yang Baik, + Peluang Diterima

Sesi Wawancara atau interview adalah proses yang menentukan masa depan anda dalam pencarian pekerjaan. Bagaimana cara menjawab interview yang anda lakukan menentukan segalanya. Apakah diterima atau bahkan ditolak perusahaan pemberi lowongan pekerjaan, akan disimpulkan atas hasil dari sesi wawancara atau interview ini.

1. Tips Sebelum Menghadapi Sesi Wawancara atau Interview

Cara Menjawab Interview yang Baik, + Peluang Diterima

Sebelum Anda mendatangi kantor perusahaan pemberi lowongan kerja dan bertemu perekrut mereka, pastikan Anda telah benar-benar siapatasa segalanya. Baca tips dibawah ini untuk mempersiapkan diri anda sebelum menghadapi sesi wawancara atau interview :

A. Gunakan Pakaian yang Rapi dan Sopan

Pakaian akan menggambarkan kepribadian anda pada pandangan pertama sebelum perbincangan dimulai. Jika anda mengenakan pakaian yang tidak rapi dan tidak sopan, tentu hal tersebut akan mengganggu penilaian anda secara keseluruhan.

Buatlah perekrut memikirkan hal positif pada saat mereka pertama kali melihat anda. Hal tersebut akan memudahkan proses selanjutnya, jika Anda telah mendapatkan perhatian mereka karena hal-hal yang positif.

Gunakan pakaian yang rapi dan sopan. Bersih dan wangi, pakaian yang cocok bukan berarti harus mahal dan branded. Cukup dengan rapi dan dirasa pantas untuk dikenakan bekerja, itu sudah dirasa cukup.


Artikel terkait :  15+ Cara Memakai Dasi yang Benar dan Mudah

B. Jangan Sok Akrab

Ini penting untuk Anda perankan dalam sesi wawancara atau interview. Untuk beberapa orang hal ini tentu mudah untuk dilakukan. Tapi banyak orang yang melakukan kesalahan ini, karena ingin mendapat perhatian rekrutmen.

Cara Anda mendapatkan perhatian bukanlah pada tingkat banyak bicara mulut anda. Tapi tingkatkanlah kualitas bicara anda. Jawablah pertanyaan dengan tepat. Perhatian rekrutment akan langsung tertuju kepada Anda tanpa kita banyak bicara secara berlebihan.

C. Carilah Informasi Perusahaan Sebanyak Mungkin

Jika sebelumnya telah ada salah satu temna Anda yang telah bekerja diperusahaan tersebut, maka mencari informasi tentang perusahaan akan sedikit lebih mudah. Mencari informasi tentang peraturan perusahaan, pembagian jadwal kerja, kebiasaan karyawan dan apapun itu yang menyangkut kegiatan pekerjaan perusahaan tersebut.

Hal ini akan menambah tingkat percaya diri anda dan sedikit meringankan beban mental yang akan anda rasakan. Semakin banyak yang anda tahu maka semakin bagus untuk bekal anda menghadapi sesi wawancara interview.

Catatan : Cara menjawab interview, Pastikan informasi dan berita yang anda dapatkan sesuai fakta dan kenyataan. Jangan pernah membawa kabar isu atau gosip, itu akan dinilai buruk sebagai seorang yang baru mau melamar pekerjaan.

Artikel terkait : Cara Melamar Kerja Lewat Email dengan Benar dan Profesional

D. Percaya Diri dan Persiapan Kesehatan atau Mental

Jangan pernah sekalipun utnuk takut mengahdapi interview. Itu adalah hal hal yang tak lebih menakutkan daripada anda menganggur seumur hidup Anda. Pastikan keadaan tubuh anda sehat menjelang hari interview Anda dilaksanakan.

Selalu berpikir jernih dan tenang. Dnegan ketenangan NAda akan dengan mudah menghadapi segala pertanyyan yang akan rekrutmen ajukan kepada anda. Tentu dengan materi dan segala informasi yang telah anda dapatkan sebelum anda melamar pekerjaan diperusahaan tersebut.

E. Antisipasi Pertanyaan Umum dan Cara Menjawab Interview

Bagi anda yang telah beberapa kali menghadapi sesi wawancara interview, tentu tak akan asing mendengar pertanyaan-pertanyaan interview. Yapp, dalam interview biasanya mereka akan mempertanyakam pertanyaan-pertanyaan umum. Tantu ditambah dengan pertanyaan berbobot tentang perusahaan tersebut yang menjadi ciri khusus oleh perusahaan itu sendiri.

Untuk mengantisipasi pertanyaan umum saat sesi wawancara interview, simak pertanyaan-pertanyaan berikut.

2. Pertanyaan yang Paling Sering Muncul di Wawancara Interview beserta Jawaban Cerdas

A. Bisakah Anda Menceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan simpel dan umum di pertanyakaan pada sesi wawancara. Pertanyaan ini terdengar sederhana, namun jika anda tidak siap untuk menyiapkan cerita tentang diri Anda sendiri, tentu menjawab pertanyaan ini akan menguras tenaga dan pikiran anda.

Pada dasarnya, cara menjawab interview pertanyaan ini anda harus menyiapkan materi terlebih dahulu tentang diri anda dan kepribadian anda. Buatlah apa saja yang perlu anda utarakan dan sampaikan baik itu kelebihan atau kekurangan anda sekalipun. Tujuan anda dari merangkai kata ini adalah mendapat kepercayaan perekrut dan mendapat gambaran tentang kepribadian anda dnegan baik.

Catatan : Jangan menceritakan diri anda seperti orang membacakan buku. Sesekali ajak perekrut berbicara bisa dengan gaya minta pendapat atau minta persetujuan untuk hal-hal yang umum. Initnya jangan membuat mereka merasa bosan dengan mendengar cerita tentang diri anda dengan cerita yang tidak terlalu penting.

Artikel terkait :

B. Apa Makna Sebuah Pekerjaan Bagi Anda

“Bagi saya sebuah pekerjaan bukanlah semata-mata untuk memperoleh uang atau materi saja. Akan tetapi sebuah pekerjaan adalah bagaimana kita bertanggung jawab pada apa yang menjadi tugas kita. Berguna bagi orang lain dan bergabung menjadi satu dengan semua orang yang memiliki visi misi dan tujuan yang sama untuk memperoleh kemenangan bersama-samapula”.

C. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan ini

Pertanyaan ini cukup penting, karena seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang mereka inginkan pekerjaannya. Sehingga biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui tingkat pengetahuan Anda tentang visi dan misi perusahaan.

Tips dalam menjawab pertanyaan ini yaitu, pastikan fokus pada sisi positif perusahaan tersebut. Jangan sampai membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu atau dengan perusahaan yang lain baik yang bekerja dalam bidang yang sama maupun tidak sekalipun. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk bergabung dalam perusahaan. Hal ini dapat membuat perusahaan menjadi semakin tertarik untuk memilih Anda sebagai salah satu karyawan mereka.

D. Apa Rencana dan Tujuan Karir Anda Kedepan

Maksud dari pertanyaan ini yaitu untuk mengetahui berapa lama ingin bekrja dan tetap menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Jangan sampai ternyata perusahaan salah mempekerjakan seorang “kutu loncat” atau pegawai yang senang berpindah-pindah perusahaan dengan cepat resign kerja begitu saja.

Untuk menjawab pertanyaan ini, uraikan untuk rencana dan tujuan jangka panjang. Pastikan bahwa Anda melibatkan perusahaan yang dilamar sebagai bagian dari rencana yang anda buat. Jawablah dengan bijak dan pikirkan dengan matang hal yang sapat menunjang rencana anda tersebut dapat terwujud. Jangan sampai menjawab seadanya dengan tidak memikirkan hal ini sebelumnya.

Artikel terkait : Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Baik

E. Apa motivasi Anda bekerja di perusahaan ini

Pertanyaan ini terkadang bisa menjebak Anda. Agar bisa menjawab pertanyaan ini, sebelum wawancara anda harus membaca terlebih dahulu profil perusahaan dan deskripsi pekerjaan tersebut. Jangan sekali-kali kamu mengatakan hanya tertarik pada gaji yang ditawarkan kepada Anda.

“Saya mempunyai passion dibidang ini, jadi saya rasa cocok dan bisa mengambil tanggung jawab dan bagian dari perusahaan ini. Terlebih lagi visi misi dan tujuan yang diabngun perusahaan ini sama dengan tujuan yang saya bangun. Mengingat kita dapat saling bekerjasama maka segala kemungkinan tersebut dapat terjadi.

F. Berapa Gaji yang Diinginkan?

Cara menjawab interview pada pertanyaan ini memang cukup sulit untuk dijawab. Karena bisa jadi di posisi yang sama gaji yang diminta akan berbeda-beda satu dengan karyawan yang lainnya. Sehingga biasanya menentukan gaji membutuhkan pemikiran lebih atas perseorangan dan atas persetujuan mereka.

Oleh sebab itu ketahui lebih dahulu standar gaji di perusahaan yang akan dilamar dalam posisi perusahaan tersebut. Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan yang akan anda kerjakan. Jelaskan ekspetasi anda, namun pastikan masih di dalam standar normal perusahaan. Sehingga anda dapat memperoleh nilai maksimal dari standar yang diterapkan oleh perusahaan tersebut.

3. Cara Mengatasi Suasana Ketika Anda Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Interview Wawancara

  1. Jangan panik dan tetap tenang
  2. Meminta sedikit waktu untuk berpikir
  3. Jangan malu untuk bertanya
  4. Jujur dan menceritakan apa adanya
  5. Jika benar-benar tidak tahu, jangan sekalipun anda berbohong
  6. Berdamailah dengan diri Anda sendiri
ronisafaat Seorang penulis blog, professional photographer dan bussines co-founder. Berkeinginan untuk menjadi bagian dari perkembangan manusia untuk manusia. Keep connected..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *